Nicolas-Louis de Lacaille

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nicolas Louis de Lacaille)
Lompat ke: navigasi, cari
Nicolas Louis de Lacaille
Lacaille.jpg
Foto lukisan Nicolas Louis de Lacaille
Lahir 15 Maret 1713
Rumigny, Ardennes
Meninggal 21 Maret 1762 (umur 49)
Kewarganegaraan Perancis
Bidang astronomi

Abbé Nicolas Louis de Lacaille (lahir 15 Maret 1713 – meninggal 21 Maret 1762 pada umur 49 tahun) adalah seorang astronom Perancis.

Ia terkenal karena katalognya yang berisi 10.000 bintang selatan, termasuk 42 objek samar-samar. Katalog ini, yang disebut Coelum Australe Stelliferum, diterbitkan pada 1763. Katalog ini memperkenalkan 14 rasi bintang baru yang kemudian menjadi standar saat ini.[1] Ia juga menghitung tabel gerhana untuk 1800 tahun.

Untuk menghormati kontribusinya, untuk mempelajari langit belahan bumi selatan, teleskop 60 cm pada Pulau Reunion akan diberi nama La Caille Telescope.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Rumigny, Ardennes, ia ditinggalkan telantar oleh kematian ayahnya, yang diasuh oleh wanita bangsawan dari Vendôme. Oleh karena itu, studi teologi di College de Lisieux di Paris yang dilakukan dengan mengorbankan para adipati dari Bourbon.

Setelah ia diperintahkan menjadi diaken, bagaimanapun, ia berkonsentrasi pada ilmu pengetahuan, dan melalui perlindungan Jacques Cassini, ia memperoleh pekerjaannya, pertama dalam survei pantai dari Nantes ke Bayonne, kemudian, pada tahun 1739, dalam pengukuran kembali busur meridian Perancis, merupakan kehormatannya dengan piramida di Juvisy-sur-Orge. Keberhasilan operasi ini sulit, yang menempati dua tahun, dan mencapai koreksi hasil anomali diterbitkan oleh J. Cassini pada tahun 1718, terutama karena industri Lacaille dan keterampilannya. Ia dihadiahi masuk ke Akademi dan pengangkatan profesor matematika di perguruan tinggi Mazarin, di mana ia bekerja di sebuah observatorium kecil.

Ia memimpin untuk mengusulkan keinginannya untuk mengamati langit selatan, dan pada tahun 1750 dilaksanakan sebuah ekspedisi astronomi ke Tanjung Harapan. Ekspedisi ini secara resmi disetujui oleh Roland-Michel Barrin de La Galissonière. Hasil yang diperoleh di antaranya adalah penentuan bulan dan paralaks surya (Mars sebagai perantara), pengukuran pertama dari busur meridian Afrika Selatan, dan pengamatan 10.000 bintang selatan. Setelah kembali ke Paris pada tahun 1754, Lacaille mengalami stres untuk menemukan dirinya sebagai objek perhatian publik, ia mengundurkan diri dari Perguruan Tinggi Mazarin, di mana ia bekerja aktif untuk beberapa tahun, dan ia meninggal pada serangan titisan yang diperburuk oleh pekerjaannya pada tahun 1762.

Lalande berkata tentang dia bahwa, selama hidup yang relatif singkat, ia telah melakukan pengamatan dan perhitungan lebih daripada semua astronom besar pada masanya. Kualitas karyanya disaingi kuantitasnya, sedangkan kenetralan dan kejujuran dari karakter moralnya membuatnya mendapatkan penghormatan universal.

Pada tahun 1754, de Lacaille terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences.

Kawah La Caille di Bulan dinamai menurut namanya. Asteroid 9135 Lacaille (AKA 7609 PL dan 1994 EK6), ditemukan pada tanggal 17 Oktober 1960 oleh Cornelis Johannes van Houten, Ingrid van Houten-Groeneveld dan Tom Gehrels di Observatorium Palomar, juga dinamai menurut namanya.

Mengukur busur selatan meridian[sunting | sunting sumber]

Di Tanjung Harapan, Abbé de Lacaille ingin menguji teori gravitasi Newton dan memverifikasi bentuk bumi di belahan bumi selatan. Dia berangkat dari dasar utara Darling. Menggunakan triangulasi, ia kemudian mengukur busur 137 km dari puncak antara Cape Town dan Aurora. Hasil penelitiannya menunjukkan bumi itu berbentuk telur bukan oval. Pada tahun 1838, Thomas Maclear seorang astronom Royal di Tanjung Harapan, mengulangi pengukuran. Ia menemukan bahwa de Lacaille telah gagal untuk memperhitungkan gaya gravitasi dari gunung terdekat.

Karya utama[sunting | sunting sumber]

Messier 55 adalah gugus bola yang ditemukan pada tanggal 16 Juni 1752.[3]
  • Astronomiae Fundamenta (1757), berisi katalog standar 398 bintang, kembali direvisi oleh F. Baily (Memoirs Roy. Astr. Society, v. 93)
  • Tabulae Solares (1758)
  • Coelum australe stelliferum (1763) (direvisi oleh JD Maraldi), memberikan pengamatan zona 10.000 bintang, dan menggambarkan empat belas rasi bintang baru.
  • Pengamatan sur 515 étoiles du Zodiaque (diterbitkan pada t. Vi. Ephémérides-nya, 1763)
  • Leçons élémentaires de Mathématiques (1741), sering dicetak ulang
  • idem de Mécanique (1743), & c.
  • idem d'astronomie (1746), Edisi ke-4 ditambah oleh Lalande (1779)
  • idem d'Optique (1750), & c.
  • Perhitungan gerhana olehnya selama 1800 tahun disisipkan di L'de Art verifier dates les oleh sejarawan Benediktin Charles Clémencet (1750)
  • Ia mengkomunikasikan katalognya ke Akademi pada tahun 1755 yang meenggolongkan empat puluh dua nebula selatan,[4] dan dimasukkan pada t. ii. Ephémérides-nya (1755) yang merupakan petunjuk penting untuk karya dengan metode bujur bulan, diusulkan dalam penambahan untuk Traité de Navigation Pierre Bouguer (1760) yang merupakan model dari sebuah almanak laut.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ian Ridpath. "Star Tales". Diakses tanggal 2009-01-24. 
  2. ^ "TÉLESCOPE LACAILLE DE 60CM DES MAKES (ILE DE LA RÉUNION)". IMCCE. Diakses tanggal 1 December 2011. (French)
  3. ^ Thompson, Robert Bruce; Thompson, Barbara Fritchman (2007), Illustrated guide to astronomical wonders, DIY science, O'Reilly Media, Inc., p. 413, ISBN 0-596-52685-7 
  4. ^ Lacaille's "Catalog of Nebulae of the Southern Sky" in SEDS' Messier Database