Jogjogan, Cisarua, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jogjogan
Peta lokasi Desa Jogjogan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBogor
KecamatanCisarua
Kode Kemendagri32.01.25.2002 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²
Situs webhttp://jogjogan-cisarua.desa.id

Jogjogan adalah desa di kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

1. Asal Usul Desa[sunting | sunting sumber]

Berawal dari kampung yang kosong yang di dalamnya terdapat masyarakat namun ber pisah-pisah yakni tidak di satu tempat. Misalnya, dikampung 1 ada tiga rumah di kampung 2 ada dua rumah sehinggan dengan kondisi tersebut lahirlah nama Jogjogan yang mana kata orang tua dulu di ambil dari kata enjlog-enjlogan

Versi yang ke dua kata jogjogan itu berasal dari kata Jugjugan  yang kata orang tua dulu jugjugan itu artinya di datangi sehingga suatu saat kampung kita akan di jugjug oleh juragan-juragan. Walaupun desa jogjogan dengan luas wilayah yang kecil yakni 154 Ha dan luas wilayah terkecil di kecamatan cisarua namun di desa jogjogan ini sekarang banyak pejabat-pejabat seperti Mentri, Wakil Presiden, dan orang kolomerat yang datang ke desa Jogjogan

2. Sejarah Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

No Nama Periode Jabatan
1 Enong 1954 – 1962
2 Markoni 1962 - 1970
3 Hamdani 1970 – 1978
4 Tolib 1984 – 1993
5 Kusmana 1993 – 2001
6 H.Muh 2001 – 2007
7 Parman 2007 – 2019
8 H.Enjang 2019 – 2025

3. Visi & Misi[sunting | sunting sumber]

A. Visi[sunting | sunting sumber]

merupakan tujuan pembangunan yang direncanakan dan akan dicapai dengan seluruh kegiatan pembangunan dan pemanfaatan potensi desa yang ada. Dalam rangka merealisasikan pembangunan Desa Jogjogan telah dibuat rumusan yang tertuang dalam Visi dan Misi yang diadaptasikan dengan potensi yang dimiliki dengan berlandaskan kebersamaan dan kekompakan yang tinggi untuk bergotong royong sebagai jiwa masyarakat Desa Jogjogan telah tersusun Visi sebagai berikut :

“Desa Jogjogan Menuju Terwujudnya Kesejahteraan Warga Masyarakat Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa dan Beraklakul Karimah”.

Visi tersebut diatas adalah ungkapan realistis dengan potensi yang ada di Desa Jogjogan, diantaranya:

  1. Desa Jogjogan adalah Desa Santri / Desa pendidikan yang didukung dengan berdirinya 8 buah pondok pesantren, 2 buah Madrasah Ibtidaiyah, 2 buah Madrasah Tsanawiyah, 2 buah SD Negeri, 1 buah SD Islam Terpadu, 1 buah SMP Negeri, 2 buah SMK, 2 buah Perguruan Tinggi,  24 kelompok pengajian anak  tradisional dan majlis ta'lim yang berkembang di 7 Mesjid dan 28 Langgar/Mushola yang ada di Desa Jogjogan.
  2. Potensi lembaga pendidikan baik formal maupun non formal tersebut mendidik, membina dan mengayomi serta penopang utama masyarakat Desa Jogjogan dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan, keimanan dan ketaqwaannya.
  3. Sumber daya manusia (SDM) yang merupakan faktor utama  dalam merealisasikan visi  yang dimiliki Desa Jogjogan cukup berkualitas terlihat dari banyaknya warga masyarakat yang berkiprah baik di tingkat Pemerintahan, Organisasi atau Lembaga-lembaga lain baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.
  4. Sumber daya alam (SDA) Desa Jogjogan sangat melimpah, lahan pertanian yang menjadi salah satu pendukung mewujudkan visi tersebut.
  5. Pemerintah Desa, BPD, LPM, PKK, lembaga desa lainnya bersama masyarakat aktif dan dinamis bahu membahu membangun desa.

B. Misi[sunting | sunting sumber]

Untuk pencapaian visi maka dirumuskan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, amanah dan terbuka berorientasi pada optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.
  2. Mendorong berkembangnya kualitas sumber daya manusia Desa Jogjogan yang dilandasi nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya (silih asih, silih asah dan silih asuh) untuk mewujudkan masyarakat  anu cageur, bageur, pinter tur singer.        
  3. Peningkatan sarana dan prasarana dasar untuk menunjang kesejahteraaan dan meningkatkan pelayanan publik dengan slogan; senyum, cepat dan tepat.
  4. Memanfaatkan potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.
  5. Memberdayakan potensi lembaga keuangan untuk mendorong usaha ekonomi masyarakat.
  6. Memberdayakan masyarakat melalui partisipasi aktif dalam pembangunan.
  7. Mewujudkan lingkungan yang bersih, aman dan tertib.

C. Motto:[sunting | sunting sumber]

" Bersama membangun desa, bersatu menciptakan Desa Jogjogan termaju."