Jembatan dan terowongan yang melintasi Sungai Yangtze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jembatan Sungai Yangtze Wushan di Tiga Ngarai, Chongqing.
Kereta kecepatan tinggi Beijing-Shanghai melintasi Jembatan Dashengguan

Jembatan dan terowongan yang melintasi Sungai Yangtze digunakan sebagai lalu lintas kereta dan jalan raya untuk melintasi sungai terpanjang dan terbesar di Tiongkok serta menjadi bagian penting infrastruktur transportasi nasional. Yangtze membagi Tiongkok Dalam menjadi barat dan timur, setiap jalur utama jalan raya dan kereta utara-selatan harus melintasi Yangtze. Pusat kota besar di sepanjang sungai ini seperti Chongqing, Wuhan, dan Nanjing juga memiliki transportasi rel dalam kota yang juga melintasi Yangtze.

Jembatan ponton telah digunakan oleh militer selama dua ribu tahun di Yangtze, tetapi sampai selesainya Jembatan Sungai Yangtze Wuhan pada tahun 1957, tidak ada jembatan permanen di sepanjang bentangan utama sungai yang juga sering disebut Chang Jiang ("Sungai Panjang"), dari Yibin hingga ke muara sungai di Shanghai, sejauh 2.884 km. Sejak itu, lebih dari 75 jembatan dan enam terowongan telah dibangun di atas bentangan sungai ini, sebagian besar sejak tahun 1990. Beragam desain jembatan telah dibangun dan dalam banyak kasus, merupakan pencapaian yang signifikan dalam rekayasa jembatan modern. Beberapa di antaranya termasuk dalam daftar jembatan suspensi terpanjang di dunia dan kategori lainnya seperti jembatan kabel, jembatan lengkung, jembatan truss, jembatan gelagar, serta jembatan tertinggi.

Di bagian hulu dari Yibin, bentang jembatan lebih umum di sepanjang bagian Sungai Jinsha dan Sungai Tongtian karena bagian Sungai Yangtze menyempit, meskipun banyak jembatan baru yang sedang dibangun di lokasi lain. Jembatan tertua yang masih digunakan adalah jembatan gantung sederhana Jinlong, di atas sungai Jinsha yang ada di Lijiang, Yunnan, yang awalnya dibangun pada tahun 1880 dan dibangun kembali pada tahun 1936.[1]

Peta Lembah Sungai Yangtze, menunjukkan lokasi Shanghai, Jiujiang, Wuhan, Yueyang, Yichang, Bendungan Tiga Ngarai, Chongqing, Yibin, Panzhihua dan Yushu di sepanjang sungai.
Jembatan Yangluo, yang dibuka pada tahun 2007, adalah salah satu dari delapan jembatan yang melintasi Sungai Yangtze di Wuhan, bersama dengan Jembatan Golden Gate, keduanya menjadi jembatan gantung terpanjang ke-15 di dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (dalam bahasa Mandarin) 大理蒋公祠 Diarsipkan 2015-01-07 di Wayback Machine. 2014-03-12