Jan Willem Pieneman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jan Willem Pieneman
Portrait of Jan Willem Pieneman
Potret dari Jan Willem Pieneman (1860)
dilukis oleh putranya Nicolaas Pieneman
Lahir(1779-11-04)4 November 1779
Abcoude, Republik Belanda
Meninggal8 April 1853(1853-04-08) (umur 73)
Amsterdam, Belanda
Dikenal atasLukisan

Jan Willem Pieneman (pengucapan Belanda: [jɑn ˈʋɪləm ˈpinəˌmɑn]; lahir 4 November 1779 – meninggal 8 April 1853 pada umur 73 tahun) adalah seorang pelukis dari Belanda Utara.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Jan Willem Pieneman lahir pada 4 November 1779 di Abcoude di Republik Belanda (sekarang Belanda).

Awalnya bekerja sebagai salesman, tetapi juga mengambil kursus di Amsterdam Stadstekenacademie.[1] Pada tahun 1805 ia diangkat sebagai instruktur menggambar di pusat pelatihan artileri dan teknik di Amersfoort. Dia terutama terkenal karena lukisannya yang menggambarkan peristiwa dari sejarah Britania Raya Belanda.

Ketenarannya didirikan oleh lukisan yang dia buat di Villa Welgelegen, yang menggambarkan tindakan heroik Pangeran Oranye di Pertempuran Quatre Bras, diikuti oleh lukisan Battle of Waterloo. Yang terakhir ini disukai oleh Duke of Wellington, yang mengundangnya ke Inggris, pada beberapa kesempatan, untuk membuat potret.

Pada tahun 1820 ia diangkat sebagai direktur pertama Akademi Seni Rupa Kerajaan (Koninklijke Academie voor Schone Kunsten) di Amsterdam, posisi yang dipegangnya sampai kematiannya. Ia juga menjabat sebagai asisten direktur di "Koninklijk Kabinet" (sekarang Mauritshuis). Dari tahun 1844 hingga 1847 ia menjadi direktur Rijksmuseum yang saat itu masih bertempat di Trippenhuis.[1]

Ia memainkan peran penting sebagai mentor dan tutor bagi sekelompok seniman muda, salah satunya adalah Jozef Israls.[1] Murid lainnya termasuk: Christina Alida Blijdenstein, Jacob Bruggink , Gijsbertus Craeyvanger, Reinier Craeyvanger, Johannes Hinderikus Egenberger, Petrus Franciscus Greive, Lambertus Johannes Hansen, Louis Meijer, putranya Nicolaas Pieneman, Jan Jacob Spohler dan Willem Steelink.[1]

Pieneman wafat pada 8 April 1853 di Amsterdam.

Karya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]