Jan-Ove Waldner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jan-Ove Waldner
Jan-Ove Waldner.JPG
Personal information
Nama lengkapJan-Ove Waldner
Julukan老瓦 (Lǎo Wǎ)
Kebangsaan Swedia
Lahir3 Oktober 1965 (umur 55)
Stockholm, Swedia
Gaya bermainShakehand grip

Jan-Ove Waldner (lahir 3 Oktober 1965)[1][2] adalah mantan pemain tenis meja Swedia. Ia sering disebut sebagai "Mozartnya tenis meja"[3][4] dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain tenis meja terbaik sepanjang masa. Legenda olahraga ini pun dikenal secara luas di Tiongkok.[3] Ia dikenal di Tiongkok dengan sebutan 老瓦 Lǎo Wǎ ("Old Waldner") atau 常青树 Cháng Qīng Shù ("Pohon Cemara ")[3] karena umur panjang dan daya saingnya yang luar biasa.

Karier[sunting | sunting sumber]

Jan-Ove Waldner lahir di Stockholm pada 3 Oktober 1965. Potensi atletiknya diakui sejak usia dini dan dipertunjukkan pada tahun 1982 ketika, ketika berusia 16 tahun, ia mencapai final Kejuaraan Eropa, kalah dari kiri yang terhormat Rekan setimnya, Mikael Appelgren, yang kemudian dianggap sebagai penerus logis Juara Dunia Swedia yang asli, Stellan Bengtsson. Saat masih mengembangkan permainannya, Waldner, bersama dengan beberapa pemain Swedia lainnya, melakukan perjalanan ke kamp pelatihan tingkat nasional yang diadakan di Tiongkok, dan dilaporkan kagum dengan dedikasi dan solidaritas para pemain Tiongkok. Dia telah menyatakan sejak itu bahwa dia belajar banyak selama tinggal di sana, dan setelah itu mulai menganggap kesempatannya untuk berhasil dalam tenis meja sebagai yang terpenting.

Di Cina, negara yang memuja tenis meja, dia tak perlu dipertanyakan lagi yang paling terkenal,[3] dan masih salah satu tokoh olahraga paling terkenal. Pada 1990-an, ia lebih dikenal di Cina daripada Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton. Statusnya yang terhormat dan kariernya yang panjang telah membuatnya dijuluki "pohon hijau" (Chang Qing Shu) dalam bahasa Mandarin. Ia dianggap oleh banyak orang sebagai pemain yang secara teknis paling lengkap sepanjang masa, dan hampir tidak dapat disangkal sebagai pemain non-Cina paling sukses yang pernah hidup.

Dia menerima Medali Emas Svenska Dagbladet pada tahun 1992.

Pada tahun 2010 Waldner memenangkan kejuaraan kesembilan Swedia melawan Pär Gerell, yang lahir pada tahun yang sama saat Waldner menjadi juara nasional Swedia untuk pertama kalinya.

Dia bermain untuk TTC Rhön-Sprudel Fulda-Maberzell di Bundesliga Jerman hingga Mei 2012. Pada Mei 2012 Stefan Frauenholz, Presiden Fulda-Maberzell, menegaskan bahwa Jan-Ove Waldner menyelesaikan kontraknya dengan klub. Timo Boll: "Apakah pertandingan kemarin melawan kami yang terakhir untuk Jan-Ove Waldner?" merujuk ke semifinal Bundesliga antara Borussia Düsseldorf dan Fulda-Maberzell. Ini mengakhiri kariernya di level elit internasional, pada usia 46 tahun.[5][6]

Pada 2012 ia mulai bermain untuk Spårvägens BTK.[7]

Pada 11 Februari 2016, Waldner memainkan pertandingan terakhirnya di liga pertama Swedia untuk Ängby / Spårvägen dan secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain.[8]

Ketika dia pensiun, Waldner telah bermain tenis meja tingkat elit internasional selama lebih dari tiga puluh tahun, yang agak tidak biasa di dunia tenis meja mengingat koordinasi tangan-mata dan reaksi cepat sangat penting. Beberapa pemain muda Tiongkok yang baru-baru ini bermain melawannya dilatih oleh mereka yang bermain melawannya pada 1990-an, yang pada gilirannya dilatih oleh orang lain yang ia lawan pada 1980-an.

Dia adalah salah satu dari tujuh pemain tenis meja yang berkompetisi di lima turnamen tenis meja Olimpiade pertama sejak perkenalan olahraga di Olimpiade pada tahun 1988. Yang lainnya adalah Jörgen Persson dari Swedia, Zoran Primorac dari Kroasia, petenis meja Belgia Jean-Michel Saive, Csilla Bátorfi dari Hungaria, Ilija Lupulesku Serbia-Amerika, dan Jörg Roßkopf dari Jerman.

Ia juga salah satu dari hanya lima pemain pria dalam sejarah tenis meja yang mencapai karier grand slam (Juara Dunia dan pemenang Piala Dunia di nomor tunggal, medali emas Olimpiade di nomor tunggal) (tahun 1992). Yang lainnya adalah: Liu Guoliang, Tiongkok (tahun 1999), Kong Linghui, Tiongkok (tahun 2000), Zhang Jike, Tiongkok (tahun 2012), dan Ma Long, Tiongkok (tahun 2016).[9]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Dalam serial TV AS The Office , karakter Dwight menyebutkan Waldner sebagai salah satu pahlawannya dalam episode The Deposition. Waldner juga disebutkan dalam season 2 episode 10 dari seri Netflix asli Bojack Horseman.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Daftar peraih medali Kejuaraan Dunia Tenis Meja

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jan-Ove Waldner profile Diarsipkan 2008-10-23 di Wayback Machine.. Swedish Table Tennis Federation
  2. ^ Biography of WALDNER Jan-Ove Diarsipkan 2009-02-09 di Wayback Machine.. ITTF.
  3. ^ a b c d Bishop, G. (August 23, 2008). A Swedish face for China’s beloved sport. The New York Times.
  4. ^ Clarey, C. (August 23, 2004). For 'table tennis Mozart,' few high notes. International Herald Tribune.
  5. ^ "Table Tennista Europe". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-22. Diakses tanggal 2012-07-18. 
  6. ^ Fulda-Maberzell web site, retrieved 19 July, 2012
  7. ^ "Spårvägens BTK men's team in the 2012/13 season". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2014. 
  8. ^ "Waldner Officially retired". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-22. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  9. ^ "Sport Olympics 2012: table tennis". The Guardian. London. 2 August 2012. Diakses tanggal 3 August 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]