James Diaken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
James Diaken
Meninggalsetelah 671
Dihormati diGereja Ortodoks Timur
Gereja Katolik Roma[1]
Anglikanisme[2]
KanonisasiPra-Kongregasi
Pesta17 Agustus atau 11 Oktober

James Diaken[a] († setelah 671) adalah diaken Italia, anggota misi Gregorius yang dikirim ke Inggris untuk mempertobatkan Anglo-Saxon. Dia menemani Paulinus dari York dalam misinya ke Northumbria. Ketika yang terakhir harus melarikan diri dari negara itu, James menetap di dekat Lincoln dan melanjutkan upaya misionarisnya. Dia meninggal setelah tahun 671, menurut penulis sejarah abad pertengahan Beda Venerabilis. Dia dihormati sebagai santo.

Biografi[sunting | sunting sumber]

James mungkin orang Italia, seperti anggota misi Gregorius[3] lainnya. Tanggal lahir dan kedatangannya di Inggris tidak diketahui[4]. Dia menemani Paulinus ketika dia mengikuti saudara perempuan Raja Eadbald dari Kent, Æthelburh, ke Northumbria, untuk menikah dengan Raja Edwin. Meskipun secara tradisional berasal dari tahun 625, sejarawan David P. Kirby menyatakan bahwa misi ke Northumbria ini sebenarnya terjadi sebelum tahun 619[5].

Edwin meninggal pada Pertempuran Hatfield Chase melawan Penda dari Mercia dan Cadwallon ap Cadfan pada tahun 633[6]. Dia adalah pendukung utama misi Paulinus, dan kematiannya disertai dengan kebangkitan paganisme. Paulinus melarikan diri ke Kent bersama Æthelburg dan putrinya Eanflæd, sementara James tetap di Northumbria[6] dan melanjutkan upaya misionarisnya di Kerajaan Lindsey, tempat Paulinus berkhotbah sebelum kematian Edwin[7]. Dia menetap di Lincolnshire, di gereja yang dibangun Paulinus, dan sisa-sisanya sekarang berada di bawah Gereja Saint Paul-in-the-Bail[8]. Provinsi ini direbut kembali oleh salah satu penerus Edwin, Oswald dari Northumbria, pada tahun 640-an[9].

Beda menulis bahwa James tinggal di sebuah desa dekat Catterick yang “menyandang namanya bahkan sampai hari ini”[10], dan bahwa dia melakukan pekerjaan misionaris di wilayah tersebut dan hidup hingga usia lanjut[3]. Selama masa pemerintahan Raja Oswiu dari Northumbria, James bergabung dengan istana kerajaan untuk merayakan Paskah bersama Ratu Eanflæd, putri Edwin. James dan Eanflæd merayakan Paskah pada tanggal yang ditetapkan oleh Gereja Roma, sedangkan Oswiu merayakan Paskah pada tanggal yang dihitung oleh Gereja Irlandia. Tanggal-tanggal ini tidak selalu sesuai, ini adalah salah satu alasan yang mendorong Oswiu untuk mengadakan Sinode Whitby pada tahun 664 untuk memutuskan sistem mana yang akan digunakan kerajaannya[11].

Vita Sancti Wilfrithi karya Stefanus Ripon tidak menyebutkan James di antara para peserta dalam sinode Whitby, tetapi Beda menunjukkan bahwa dia hadir[3][b]. Setelah sinode dan penerapan praktik Romawi, James, seorang master menyanyi yang terlatih dalam gaya Romawi dan Kent, mengajarkan kidung biasa, atau kidung Gregorian[3].

Tanggal kematiannya tidak diketahui. Namun, Beda menunjukkan bahwa dia masih hidup di zamannya; dia mungkin meninggal setelah kelahiran yang terakhir, pada tahun 671 atau 672. Dia akan berusia setidaknya 70 tahun ketika dia meninggal[4]. James dengan demikian akan menjadi informan Beda tentang kehidupan Edwin, karya-karya Paulinus, dan mungkin Sinode Whitby[13]. Sejarawan Frank Stenton menyebut James "satu-satunya tokoh pahlawan dalam misi Romawi"[14], bersikeras bahwa banyak misionaris Gregorius biasanya melarikan diri ketika keadaan menjadi buruk[15].

Setelah kematiannya, ia dihormati sebagai santo, dirayakan pada 17 Agustus di antara umat Katolik[1] atau 11 Oktober di antara umat Anglikanisme[16].

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Latin: Iacomus Diaconus
  2. ^ Eddius Stefanus' Life of Wilfred does not mention James in his account of the synod.[12]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "St James the Deacon". Patron Saints Index. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 February 2009. Diakses tanggal 11 March 2009. 
  2. ^ "Parish Church of St James the Deacon". Parish Church of St James the Deacon. Diakses tanggal 11 March 2009. 
  3. ^ a b c d Lapidge "James the Deacon" Blackwell Encyclopedia of Anglo-Saxon England
  4. ^ a b Blair World of Bede p. 98
  5. ^ Mayr-Harting Coming of Christianity pp. 66–67
  6. ^ a b Mayr-Harting Coming of Christianity p. 68
  7. ^ Kirby Earliest English Kings p. 65
  8. ^ Brooks "From British to English Christianity" Conversion and Colonization p. 22
  9. ^ Kirby Earliest English Kings p. 74
  10. ^ Bede History of the English Church p. 139
  11. ^ Kirby Earliest English Kings p. 87
  12. ^ Eddius Stefanus Life of Wilfrid pp. 116–118
  13. ^ Higham Kingdom of Northumbria p. 107
  14. ^ Stenton Anglo-Saxon England p. 116
  15. ^ Mayr-Harting Coming of Christianity p. 75
  16. ^ "St James the Deacon: His Life & Legacy". St. James the Deacon Parish Church. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 October 2019. Diakses tanggal 9 October 2019. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]