Jalur kereta api Semmering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Semmeringbahn
Semmeringbahn 20-Schilling-Blick 01.JPG
Jalur kereta api Semmering dengan pemandangan pegunungan di sekelilingnya
Operasi
Pemilik Perusahaan Kereta Api Federal Austria
Operator Perusahaan Kereta Api Federal Austria
Data teknis
Panjang jalur 41 km (25,5 mi)
Lebar sepur 1.435 mm (4 ft 8 12 in)
Radius minimum 190 m (623 ft)
Elektrifikasi 15 kV, 16⅔ Hz Aliran atas
Inklinasi maksimum 2,5 %
Peta rute
[./File:Semmeringbahn.png Semmeringbahn.png]<figcaption>Rute Semmeringbahn</figcaption>

Jalur kereta api Semmering (bahasa Jerman: Semmeringbahn) di Austria, yang dimulai dari Gloggnitz dan melintasi Jalur Gunung Semmering menuju Murzzuschlag adalah jalur kereta api gunung pertama di Eropa yang dibangun dengan jalur sepur standar. Jalur ini sering disebut sebagai jalur kereta api gunung sejati yang pertama di dunia, mengingat medan yang sangat sulit dan perbedaan ketinggian yang cukup tinggi yang harus dihadapi selama konstruksi. Hingga sekarang, jalur ini masih berfungsi sepenuhnya sebagai bagian dari Jalur Kereta Api Selatan yang dioperasikan oleh Perusahaan Kereta Api Federal Austria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalur kereta api Semmering di Murzzuschlag, sekitar tahun 1900

Jalur kereta api Semmering dibangun antara tahun 1848 dan 1854 oleh sekitar 20.000 pekerja di bawah pimpinan Carl von Ghega, yaitu desainer dan direktur proyek tersebut, Carl von Ghega lahir di Venesia dengan nama Carlo Ghega dari keluarga Albania. Konstruksi jalur ini memiliki 14 terowongan, 16 jembatan (beberapa memiliki dua lantai), dan lebih dari 100 jembatan lengkung batu dan 11 jembatan besi kecil. Stasiun dan bangunan untuk supervisor sering dibangun menggunakan limbah batu yang digali ketika membuat terowongan.

Di keseluruhan jalur sepanjang 41 km, jalur kereta api Semmering mengatasi perbedaan ketinggian 460 m; 60% panjang lintasan memiliki gradien 2,0–2,5% (setara dengan perbedaan ketinggian 1 meter pada jarak rute 40 m) dan 16% memiliki radius kelengkungan hanya 190 m. Ini adalah dimensi teknis konstruksi jalur kereta api yang sepenuhnya baru. Instrumen dan metode survei baru harus dikembangkan untuk mengatasi tantangan yang ada. Selain itu, digunakan teknologi baru untuk lokomotif Engerth karena jenis yang umum digunakan pada saat itu tidak bisa melalui radius belok dan gradien ekstrim.

Bahkan saat sedang dibangun, jalur kereta api Semmering dianggap sebagai upaya "pertamanan lanskap", yaitu upaya mengombinasikan teknologi dan alam secara harmonis. Pengalaman perjalanan unik yang ditawarkan oleh jalur kereta api Semmering memberi kontribusi signifikan terhadap awal pembukaan wilayah Semmering di bidang pariwisata. Banyaknya hotel dan wastu (mansion) adalah saksi zaman ini. Peningkatan yang besar hingga pergantian abad dan revaluasi wilayah ini sebagai daerah olahraga musim dingin di sepertiga pertama Abad ke-20 pertama-tama terganggu oleh Perang Dunia I dan kemudian karena berubahnya kebutuhan rekreasi penduduk. Oleh karena itu, lanskap budaya yang unik ini bisa dipertahankan dengan sedikit perubahan. Perjalanan di jalur kereta api Semmering, yang masih digunakan secara penuh 160 tahun setelah dibangun, masih membuat wisatawan terkesan sebagai pengalaman khusus dengan lanskapnya yang bervariasi, gaya khas wastu-wastu di sana, serta urutan viaduk dan terowongan yang unik.

Pada tahun 1998 jalur kereta api Semmering ditambahkan ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Lokomotif[sunting | sunting sumber]

Uji coba Semmering[sunting | sunting sumber]

Sebuah kompetisi diadakan untuk memutuskan lokomotif mana yang akan dibeli untuk dioperasikan di Jalur Kereta Api Semmering. Satu bentangan pada jalur memiliki gradien 1 banding 40 (2,5%) serta kurva dengan radius minimum 190 meter (210 yd) dan radius maksimum 285 meter (312 yd). Kecepatan yang perlu dipertahankan adalah 115 kilometer per jam (71 mph) dan muatan poros maksimum adalah 14 ton, dengan tekanan ketel tidak melebihi 8,5 kgf/cm2 (830 kPa).

Peserta[sunting | sunting sumber]

Ada empat peserta, Bavaria, yang dibuat oleh Maffei; Neustadt yang dibuat oleh Wiener Neustädter Lokomotivfabrik; Seraing yang dibuat oleh Société anonyme John Cockerill di Belgia; dan Vindobona yang dibuat oleh Pabrik Lokomotif Wien-Gloggnitzer Bahn di Wina. Keempat lokomotif memenuhi kondisi uji coba, tetapi terbukti tidak dapat diandalkan dalam praktiknya.[1]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Uji Coba Semmering menghasilkan sejumlah perkembangan dalam desain lokomotif: Paten Fairlie pada tahun 1863, lokomotif Meyer dan lokomotif Mallet.[2]

Desain Engerth[sunting | sunting sumber]

Ekspres Internasional di Semmeringbahn (2004)

Desain Engerth menggandengkan tender dengan rangka utama lokomotif, yang memungkinkan sebagian berat bahan bakar dan air dibawa pada roda penggerak untuk meningkatkan adhesi. Karena tender itu digandengkan, dan bukan disambungkan secara langsung ke rangka, lokomotif bisa melintasi tikungan yang relatif tajam, sambil masih menikmati keuntungan dari manfaat berat adhesif tambahan. Desain asli juga menyertakan penggerak tidak langsung dari roda penggerak utama ke roda di bawah tender. Pengaturan ini terbukti terlalu kompleks untuk dipelihara dan dihilangkan dari desain.[3]

Enam belas lokomotif disediakan untuk Jalur Kereta Api Semmering antara November 1853 dan Mei 1854. Lokomotif ini terbukti mampu mencapai 19 kilometer per jam (12 mph) secara menanjak pada gradien 1 banding 40 (2,5%). Sebuah lokomotif Engerth ditampilkan di perangko Austria yang memperingati ulang tahun ke 150 Jalur Kereta Api Semmering pada tahun 2004.[4] Lokomotif Engerth juga muncul pada koin 25 Euro yang dikeluarkan oleh Austria pada tahun 2004.

Terowongan Dasar Semmering[sunting | sunting sumber]

Pada 25 April 2012 dimulai proses pembangunan terowongan dasar Semmering sepanjang 27,3 km. Terowongan ini akan memintas Semmeringbahn yang panjangnya 41 km. Terowongan ini diharapkan dapat dibuka pada 2024, dengan total biaya sebesar €3,1 milyar.[5]

Kereta api dalam numismatik[sunting | sunting sumber]

Jalur kereta api Alpen Semmering telah menjadi motif utama bagi banyak kolektor koin dan medali. Salah satu koin paling terkenal dan terbaru adalah Koin 150 Tahun Jalur Kereta Api Alpen Semmering. Bagian depan menunjukkan dua lokomotif: satu bersejarah dan satu modern. Sisi koin sebaliknya menunjukkan pemandangan khas Semmering. Sebuah lokomotif uap Engerth yang baru saja muncul dari terowongan melintasii salah satu viaduk khas. Uang kertas schilling Austria tahun 1967 menampilkan seorang masinis di satu sisi, dan pemandangan Semmering (termasuk salah satu jembatan dua tingkat yang khas) di sisi lain.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Articulated Locomotives by Garrattfan". Modelrailroading.nl. Diakses tanggal 2013-09-06. 
  2. ^ "The Semmering contest, 1851". René Vink. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 December 2012. Diakses tanggal 25 March 2008. 
  3. ^ Hamilton Ellis, Cuthbert (1973). The Pictorial Encyclopedia of Railways. Hamlyn. ISBN 0-600-03075-X. 
  4. ^ "Series 'Locomotives' – Imperial and Royal Southern State Railway – the Engerth Locomotive". Stamp News. Diakses tanggal 25 March 2008. 
  5. ^ "Semmering base tunnel ground-breaking". 3 May 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]