Jafar Panahi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jafar Panahi
Jafar Panahi, Cines del Sur 2007-1 (cropped).jpg
Jafar Panahi di Cines del Sur (2007)
Lahir 11 Juli 1960 (umur 57)
Meyaneh, Azarbaijan Timur, Iran
Tempat tinggal Tehran, Iran
Kebangsaan Iran
Suku Azeri
Almamater Iran Broadcasting College of Cinema and TV
Pekerjaan Sutradara, penulis latar, produser, penyunting
Tahun aktif 1988–sekarang
Dikenal karena The White Balloon
The Circle
This Is Not a Film
Taxi
Agama Islam Syiah
Penghargaan Golden Lion (2000)
Un Certain Regard (2003)
Penghargaan Sakharov (2012)
Golden Bear (2015)

Jafar Panahi (bahasa Persia: جعفر پناهی; lahir di Meyaneh, Azarbaijan Timur, Iran, 11 Juli 1960; umur 57 tahun) adalah seorang sutradara, penulis naskah, dan penyunting film Iran, yang umumnya diidentifikasikan dengan gerakan film Arus Baru Iran. Setelah beberapa tahun membuat film dan bekerja sebagai asisten sutradara untuk pembuat film Iran sejawatnya Abbas Kiarostami, Panahi meraih sambutan internasional dengan debut film fiturnya, The White Balloon (1995). Film tersebut memenangkan Caméra d'Or di Festival Film Cannes 1995, penghargaan utama pertama yang dimenangkan oleh sebuah film Iran di Cannes.

Panahi dengan cepat dianggap sebagai salah satu pembuat film paling berpengaruh di Iran. Meskipun film-filmnya seringkali dicekal di negaranya sendiri, ia terus meraih sambutan internasional dari kritikus-kritikus dan teoris-teoris film dan memenangkan sejumlah penghargaan, yang meliputi Golden Leopard di Festival Film Internasional Locarno untuk The Mirror (1997), Golden Lion di Festival Film Venesia untuk The Circle (2000), dan Silver Bear untuk Sutradara Terbaik di Festival Film Berlin untuk Offside (2006).[1] Film-filmnya dikenal karena sudut pandang kemanusiaannya pada kehidupan di Iran, yang seringkali menyoroti kesulitan anak-anak, kemiskinan dan wanita. Hamid Dabashi berkata, "Panahi tidak seperti yang ia katakan — pada kenyataannya, ia membuat karier sukses dalam apa yang ia katakan."[2]

Setelah beberapa tahun konflik dengan pemerintah Iran atas konten dari film-filmnya (termasuk beberapa penangkapan jangka pendek), Panahi ditangkap pada Maret 2010 bersama dengan istrinya, putrinya, dan 15 temannya dan kemudian didakwa melalukan propaganda menentang pemerintah Iran. Meskipun meraih dukungan dari para pembuat film, organisasi film, dan organisasi hak asasi manusia dari seluruh dunia, pada Desember 2010, Panahi dhukum enam tahun penjara dan 20 tahun dilarang menyutradarai film apapun, menulis naskah, memberikan bentuk wawancara apapun dengan media Iran atau asing, dan meninggalkan negara tersebut kecuali pengobatan medis atau melakukan ibadah Haji.[3] Sambil menunggu hasil banding, ia membuat This Is Not a Film (2011), sebuah film fitur dokumenter dalam bentuk video buku harian terlepas dari ramifikasi hukum dari penangkapannya. Film tersebut diseludupkan di Iran dalam bentuk flash drive yang disembunyikan di dalam sebuah kue dan ditayangakn di Festival Film Cannes 2011. Pada Februari 2013, Festival Film Internasional Berlin ke-63 menayangkan Closed Curtain (Pardé) karya Panahi dan Kambuzia Partovi dalam kompetisi; Panahi memenangkan Silver Bear untuk Naskah Terbaik. Film baru Panahi Taxi tayang perdana dalam kompetisi di Festival Film Internasional Berlin ke-65 pada Februari 2015 dan memenangkan Golden Bear, sebuah penghargaan yang dianugerahkan untuk film terbaik dalam festival tersebut.[4]

1960–1979: Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Panahi lahir di Mianeh, Iran. Ia menyebut keluarkanya sebagai kelas pekerja dan dibesarkan dengan empat saudari dan dua saudara.[5] Ayahnya bekerja sebagai pelukis rumahan. Keluarganya memakai bahasa Azeri di rumah, namun menggunakan bahasa Persia dengan orang-orang Iran lainnya.[6] Saat ia berusia sepuluh tahun, ia menulis buku pertamanya tentang seorang bocah yang berhasil mencontek di ujian sekolahnya, namun merasa gelisah dan kemudian mengakui kejahatannya.[6] Buku tersebut memenangkan penghargaan pertama dalam sebuah kompetisi perpustakaan.[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 'Awards for Jafar Panahi', at the IMDb
  2. ^ Dabashi, Hamid. Masters and Masterpieces of Iranian Cinema. Washington D.C.: Mage Publishers. 2007. pp. 420.
  3. ^ "Filmmaker Jafar Panahi sentenced to six years in prison". The Green Voice of Freedom (part of The Green Path of Hope association). 20 December 2010. 
  4. ^ Connolly, Kate (15 February 2015). "Banned Iranian director Jafar Panahi wins Berlin film festival’s Golden Bear". Diakses tanggal 15 February 2015. 
  5. ^ "In Real Time: An Interview with Jafar Panahi". http://www.offscreen.com. Diakses tanggal 22 May 2012. 
  6. ^ a b Stone, Judy. Eye on the World: Conversations with International Filmmakers. Silman-James Press, Los Angeles, 1997, ISBN 1-879505-36-3, pp. 386.
  7. ^ "The Case of Jafar Panahi". 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Dönmez-Colin, Gönül. Cinemas of the other: a personal journey with filmmakers from the Middle East and Central Asia. Intellect Books, Bristol, UK, 2006. ISBN 1-84150-143-3, pp. 90–96.
  • Dabashi, Hamid, Masters & Masterpieces of Iranian Cinema, Mage Publishers (15 May 2007) ISBN 0-934211-85-X
  • Stone, Judy. Eye on the World: Conversations with International Filmmakers. Silman-James Press, Los Angeles, 1997, ISBN 1-879505-36-3, pp. 385–387.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Jafar Panahi Templat:Gerakan Hijau