Ilham Tohti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ilham Tohti
Lahir25 Oktober 1969 (umur 54)
Artush, Xinjiang, Tiongkok
KebangsaanTiongkok
PekerjaanEkonom, penulis blog
Dikenal atasEkonom di Universitas Minzu Tiongkok

Ilham Tohti ([undefined] Error: {{Lang-xx}}: no text (help); Hanzi: 伊力哈木·土赫提; Pinyin: Yīlìhāmù Tǔhètí; lahir 25 Oktober 1969) adalah seorang ekonom Uyghur yang sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup di Republik Rakyat Tiongkok akibat dakwaan yang terkait dengan separatisme.[1][2] Ia dikenal akan penelitiannya mengenai hubungan Uyghur-Han dan karena memperjuangkan hukum otonomi regional di Tiongkok. Ia juga merupakan pemilik situs Uyghur Online yang mendiskusikan isu-isu Uyghur. Tohti ditangkap segera setelah kerusuhan Ürümqi Juli 2009 akibat kritiknya terhadap kebijakan pemerintah Tiongkok di Xinjiang. Ia kemudian dilepaskan, tetapi dipenjarakan lagi pada Januari 2014. Karena aktivismenya ini meskipun dihadang berbagai rintangan, ia dianugerahi PEN/Barbara Goldsmith Freedom to Write Award (2014).

Pada bulan Agustus 2019, Ilham Tohti dinominasikan untuk Penghargaan Hak Asasi Manusia Václav Havel bekerja sama dengan pengacara hak asasi manusia Tajikistan Buzurgmehr Yorov dan Inisiatif Pemuda untuk Prakarsa Hak Asasi Manusia. mempromosikan rekonsiliasi di Balkan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BBC News - China jails prominent Uighur academic Ilham Tohti for life". BBC News. Diakses tanggal 29 September 2014. 
  2. ^ "Uighur scholar Ilham Tohti sentenced to life in jail by Chinese court". The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 29 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]