Jacopo Sadoleto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jacopo Sadoleto

Jacopo Sadoleto (12 Juli 1477 – 18 Oktober 1547) adalah seorang kardinal Katolik Italia dan kontra-reformator yang terkenal karena korespondensi dan oposisinya terhadap John Calvin.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Modena pada tahun 1477, putra seorang ahli hukum terkenal, ia memperoleh reputasi sebagai penyair Neo-Latin, salah satu karyanya yang paling terkenal adalah mengenai kelompok Laocoön. Di Roma, ia memperoleh dukungan dari Kardinal Oliviero Carafa dan memulai karier gerejawi. Paus Leo X memilihnya sebagai sekretarisnya bersama dengan Pietro Bembo,[1] dan pada tahun 1517 menjadikannya uskup Carpentras.

Sebagai seorang pelayan setia kepausan dalam banyak negosiasi di bawah para paus yang silih berganti, terutama sebagai pembawa damai, tujuan utamanya adalah untuk memenangkan kembali Protestan melalui persuasi damai dan dengan menempatkan doktrin Katolik dalam bentuk yang konsiliatoris. Sadoleto tidak banyak terlibat dalam keuskupannya hingga kematian gurunya pada tahun 1522. Paus Klemens VII memanggilnya kembali ke Roma setahun kemudian. Meninggalkan Roma beberapa bulan sebelum dijarah, ia dengan tekun memerintah keuskupannya, di mana ia sangat dicintai. Paus Paulus III memanggilnya sekali lagi dan mengangkatnya menjadi kardinal pada tahun 1536, dengan diberikannya gereja tituler San Callisto.[2]

Pada tahun 1539, Kardinal Sadoleto menulis kepada penduduk Jenewa, mendesak mereka untuk kembali kepada iman Katolik. Yohanes Calvin telah diminta untuk meninggalkan Jenewa pada tahun sebelumnya, dan tinggal di Strasbourg, tetapi orang-orang Jenewa masih meminta Calvin untuk menulis tanggapan kepada Sadoleto, dan dia melakukannya.[3]

Sadoleto meninggal di Roma pada tahun 1547, saat berumur 70 tahun.

Karya[sunting | sunting sumber]

Karya-karya Sadoleto yang terkumpul muncul di Mainz pada tahun 1607, dan termasuk, selain karya-karya teologis-ironisnya, sebuah koleksi Surat-surat, sebuah risalah tentang pendidikan (pertama kali diterbitkan pada tahun 1533), dan Phaedrus, sebuah pembelaan terhadap filsafat, yang ditulis pada tahun 1538. Koleksi terbaiknya adalah yang diterbitkan di Verona (1737-1738); di dalamnya termasuk kehidupannya oleh Fiordibello.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paolo Giovio (1551). Vita Leonis Decimi, pontifici maximi: libri IV (dalam bahasa Latin). Florentiae: officina Laurentii Torrentini. hlm. 67. 
  2. ^ Cardinal Title S. Callisto GCatholic.org
  3. ^ Kedua surat dapat ditemukan di Calvin's Tracts Relating to the Reformation, diterjemahkan oleh H. Beveridge, 1844. Didigitalisasi oleh Google Books.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]