Jack Weatherford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jack Weatherford
Jack Weatherford pada tahun 2022
Jack Weatherford pada tahun 2022
PekerjaanEtnografer, Antropolog
KebangsaanAmerika Serikat
Website
www.jwf.mn

Jack McIver Weatherford adalah mantan Profesor DeWitt Wallace Professor dalam bidang antropologi di Macalester College, Minnesota.[1] Ia dikenal berkat bukunya yang terbit pada tahun 2004 berjudul Genghis Khan and the Making of the Modern World.[2] Pada tahun 2006, Weatherford dianugerahi Order of the Polar Star,[3] dan pada tahun 2022, ia menerima Order of Chinggis Khan, kedua-duanya merupakan penghargaan nasional tertinggi di Mongolia. Selain itu, pada tahun 2014, ia juga dianugerahi Order of the Gran Mariscal de Ayacucho oleh Pemerintah Bolivia.

Karya-karya Weatherford pada akhir abad ke-20 yang membahas pengaruh budaya penduduk asli Amerika telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Ia tidak hanya menerbitkan bab dan ulasan dalam buku serta jurnal akademis, tetapi juga telah menulis sejumlah artikel di surat kabar nasional. Artikel-artikel ini memopulerkan penelitian historis dan antropologisnya tentang budaya penduduk asli Amerika dan dinamika politik Amerika di Kongres selama abad ke-20. Dalam beberapa tahun terakhir, fokus Weatherford beralih kepada bangsa Mongol, terutama meneliti dampak mereka sejak Jenghis Khan menyatukan suku-suku Mongol pada tahun 1206.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Weatherford lahir pada tahun 1946 di sebuah peternakan di Dovesville, Carolina Selatan. Ia adalah anak tertua dari pasangan Anna Ruth Grooms dan Alfred Gregg Weatherford dan memiliki enam saudara. Ayahnya yang berpangkat Sersan, bertugas dalam Perang Dunia II, Perang Korea, dan Perang Vietnam, yang kemudian meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh Agent Orange.Setelah lulus dari Dreher High School pada tahun 1964, Weatherford menikah dengan Walker Pearce pada tahun 1970, yang kemudian meninggal pada tahun 2013 akibat sklerosis ganda. Weatherford meraih gelar sarjana dar Universitas Carolina Selatan, dan gelar Ph.D. dalam bidang antropologi dari Universitas California, San Diego. Ia juga menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Frankfurt dan Universitas Duke.[4] Weatherford pernah bekerja sebagai asisten legislatif untuk Senator John Glenn dan mengajar selama dua puluh sembilan tahun di Macalester College di Saint Paul, Minnesota, dan memegang jabatan DeWitt Wallace Distinguished Chair of Anthropology.

Beberapa karya Weatherford meliputi Indian Givers: How the Indians of the Americas Transformed the World (1988), Native Roots: How the Indians Enriched America (1991), dan Savages and Civilization: Who Will Survive? (1994), yang membahas tentang benturan budaya kontemporer di dunia. Buku-buku ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Karya-karyanya tentang penduduk asli Amerika memenangkan Minnesota Book Award pada tahun 1989 dan 1992. Weatherford juga menerima Anthropology in the Media Award tahun 1992 dari Asosiasi Antropologi Amerika Serikat, dan Mass Media Award darie Konferensi Nasional Orang Kristen dan Yahudi.

Jack Weatherford mendapat pengakuan lebih luas melalui bukunya, The History of Money (1997), yang terpilih sebagai pilihan Conservative Book of the Month Club. Selain itu, berkat artikel-artikelnya tentang antropologi politik Amerika di abad ke-20 dan analisis clans di Amerika, Weatherford kerap diundang sebagai komentator dalam berbagai program radio dan televisi. Beberapa di antaranya adalah The Today Show, ABC Evening News with Peter Jennings, Geraldo's Now It Can Be Told, Larry King, All Things Considered, Nightwatch, Tony Brown's Journal, dan Voice of America. Pada tahun 2014, pemerintah Bolivia memberikan penghargaan kepada Weatherford atas kontribusinya terhadap masyarakat adat di Amerika. Ia dianugerahi Ordo Gran Mariscal de Ayacucho, Antonio José Sucre dan ditunjuk sebagai Duta Besar Budaya Kehormatan Casa de Libertad di Ibu Kota Konstitusional Bolivia, Sucre, serta diangkat menjadi warga negara kehormatan Potosí.

Sejak akhir abad ke-20, Weatherford telah memfokuskan studinya pada budaya dan sejarah Mongolia. Pemerintah Mongolia mengakui kontribusinya dengan memberikan penghargaan Order of the Polar Star pada tahun 2006, penghargaan nasional tertinggi di Mongolia. Weatherford juga menerima tanda kehormatan dari Kementerian Luar Negeri Mongolia dan medali Presiden Mongolia pada tahun 2010. Pada 24 November 2022, bertepatan dengan perayaan ulang tahun Jenghis Khan di Mongolia, Presiden Mongolia menganugerahkan gelar Chinggis Khan kepada Jack Weatherford. Penghargaan ini menandai Weatherford sebagai orang asing pertama yang menerima pengakuan bergengsi ini.[5] Saat ini, ia tinggal di Tur Hurah, di kaki Gunung Bogd Khan di Mongolia.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jack Weatherford - Macalester College" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-26. 
  2. ^ "Jack Weatherford | Penguin Random House". PenguinRandomhouse.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-26. 
  3. ^ "Jack Weatherford". Robin Straus Agency, Inc. (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-26. 
  4. ^ "Jack Weatherford". The Globalist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-26. 
  5. ^ "Mongolia awards Order of Genghis Khan to foreigner for first time". Xinhua. Xinhua. 24 November 2022. Diakses tanggal 30 November 2022. 
  6. ^ "Best-selling author Jack Weatherford to discuss Genghis Khan's surprising approach to religious freedom at EWU event in Spokane | The Spokesman-Review". www.spokesman.com. Diakses tanggal 2022-12-26. 
  7. ^ Winchester, Simon (2016-12-09). "Empire of Tolerance". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2022-12-26. 
  8. ^ Kilian, Crawford (2010-07-26). "Genghis Khan, Feminist". The Tyee (dalam bahasa English). Diakses tanggal 2022-12-26. 
  9. ^ "Jack Weatherford arrived in Mongolia by the President invitation". gogo.mn (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-26. 
  10. ^ "Weatherford, Jack – Minnesota Authors on the Map" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-26.