JAL Express

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
JAL Express
IATA ICAO Kode panggil
JC JEX JANEX
Mulai beroperasi 1998
Berhenti beroperasi 2014


Bekas kantor pusat JAL Express di Ikeda, Osaka

JAL Express Co., Ltd. (JEX) (株式会社ジャル エクスプレス Kabushiki-gaisha Jaru Ekusupuresu?), itu sebuah maskapai penerbangan dengan kantor pusat di Bandar Udara Internasional Tokyo dan di Ota-ku, Tokyo, Jepang, dengan hub utama di Bandar Udara Internasional Tokyo. maskapai juga memiliki kantor perawatan di Gedung Japan Airlines di Shinagawa, Tokyo. Maskapai ini mengoperasikan layanan penerbangan berjadwal dan tak berjadwal menuju delapan destinasi regional di seluruh Jepang. Sebagai tambahan, maskapai mengoperasikan 15 destinasi tambahan di Jepang dan dua destinasi di Republik Rakyat Tiongkok di bawah nama Japan Airlines, di bawah perjanjian sewa-basah.

JAL Express dimiliki sepenuhnya oleh maskapai penerbangan nasional Jepang, Japan Airlines dan merupakan anggota afiliat dari aliansi Oneworld. Maskapai didirikan pada 1 April 1997, dan memulai operasinya dengan sebuah pesawat Boeing 737-400 pada 1 Juli 1998. Maskapai ini merayakan uang tahun dan penerbangan perdananya yang kesepuluh pada bulan April 2007 dan 2008. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan internasional pertamanya pada bulan Mei 2009 dan sekarang terbang menuju Hangzhou dan Shanghai. Pada tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 1999, JAL Express, bersama dengan maskapai lainnya yang masuk ke dalam JAL Group, mengangkut lebih dari 32 juta penumpang dan lebih dari 1,1 juta ton kargo dan surat.

Maskapai ini mengakhiri operasinya pada  30 September 2014 setelah terintegrasi secara penuh dengan Japan Airlines.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

JAL Express (JEX) didirikan pada 1 April 1997, sebagai maskapai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Japan Airlines (JAL), dengan sebuah modal awal senilai ¥5,8 juta. Maskapai mengoperasikan layanan penerbangan penumpang berjadwal menuju destinasi domestik regional di Jepang, dan juga beberapa penerbangan dengan permintaan kecil bagi JAL di bawah perjanjian sewa basah. Sejak awal sudah diantisipasi bahwa maskapai ini mungkin akan masuk ke dalam rute utama domestik dan internasional jarak pendek. Pada 1 Juli 1998, JAL Express memulai operasional dari Osaka menuju Miyazaki dan Kagoshima dengan dua pesawat Boeing 737-400, awak kokpit asing, dan pramugari dengan kontrak pendek.[1][2][3] Pramugari maskapai ini disebut sebagai Sky Cast, di mana tugas mereka juga meliputi membersihkan kabin 150 kursi di antara penerbangan.[4]

A Boeing 737-400 aircraft taxiing on the tarmac, with a seaview of two vessels in the water
JAL Express Boeing 737-400 dengan corak lama di Bandar Udara Kobe

Maskapai merayakan penumpang kesejutanya pada bulan Juni 2000 dan memulai layanan penerbangan sewa basah bagi maskapai penerbangan induknya JAL pada bulan Desember 2000. Pada 14 November 2002, JAL memperkenalkan rancangan corak baru pesawat - "The  Arc of the Sun" - ke seluruh armada anggota dari JALGroup. Sebuah resepsi untuk merayakan penyelesaian pengecatan pesawat pertama dengan corak baru dilakukan di hangar JAS M2. Pada bulan April 2005, McDonnell Douglas MD-81 diperkenalkan ke dalam armada maskapai, dengan konfigurasi seluruhnya kelas ekonomi dengan 163 kursi. JAL Express menjadi anggota afiliat dari  Oneworld pada 1 April 2007, bersama dengan empat maskapai saudaranya, dalam ekspansi terbesar aliansi tersebut dalam usia mudanya. Pada hari yang sama, maskapai juga merayakan ulang tahun pendiriannya yang kesepuluh.

JAL Express menyambut kedatangan pesawat Boeing 737-800 baru ke dalam armadanya pada bulan januari 2008 dan merayakan sepuluh tahun penerbangan perdananya pada bulan Juli 2008. Maskapai mengoperasikan penerbangan internasional pertamanya pada bulan Mei 2009 di bawah perjanjian sewa basah dengan JAL. Maskapai sekarang terbang menuju Hangzhou dan Shanghai dari Osaka (Kansai); dan Hangzhou dari Tokyo (Narita).[2]

Pilot JAL Express Ari Fuji pada 9 Juli 2010, diangkat menjadi kapten penerbang wanita pertama bagi maskapai.[5][6]

Sejak 27 Maret 2011, seluruh penerbangan JAL Express dioperasikan di bawah nama JAL, dengan penggabungan total kedua maskapai pada bulan September 2014.

Armada[sunting | sunting sumber]

JAL Express mengoperasikan pesawat jenis McDonnell Douglas MD-81 antara tahun 2005 dan 2010

Pada bulan September 2013, JAL Express mengoparasikan 42 pesawat berbadan sempit, masing-masing dengan 2 kelas layanan (class J dan Kelas Ekonomi) atau satu layanan tunggal kelas ekonomi. Usia rata-rata armadanya adalah 3,8 tahun[7][8]

Armada JAL Express
Pesawat Dalam layanan
Penumpang
C Y Total
Boeing 737-800 42 20 145 165

Layanan[sunting | sunting sumber]

Katering penerbangan[sunting | sunting sumber]

Minuman dingin (termasuk teh hijau dingin Hajime Saori, minuman jeruk JAL Original Sky Time dan jus apel), minuman hangat (termasuk teh, teh hijau, kopi, dan sup consommé[4]), permen JAL Original, dan permen gula lainnya tersedia dalam penerbangan. Penumpang yang menumpang pada class J dapat menikmati layanan katering penerbangan JAL class J.[9][10] Sejak 27 Maret 2011,penumpang yang menumpang di seluruh kelasdapat menikmati layanan katering dalam penerbangan dalam seluruh penerbangan.

Hiburan dalam penerbangan[sunting | sunting sumber]

Majalan penerbangan JAL Group, Skyward, majalah penerbangan JAL Express, JEX Letter dan majalah belanja penerbangan JALSHOP tersedia di dalam pesawat. Tidak terdapat koran atau program audio dan video di dalam penerbangan JEX. Penumpang yang melakukan perjalanan dalam class J dapat menilmati seluruh fasilitas hiburan penerbangan JAL class J yang tersedia.[9][11] Sejak 27 Maret 2011, penumpang di seluruh kelas dapat menikmati layanan hiburan penerbangan di seluruh penerbangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]