Gopi (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gopi (serial tv))

Saath Nibhaana Saathiya
Nama alternatif
  • Saathiya
  • Gopi
GenreDrama
Ditulis olehGautam Hegde[1]
Sampoorn Anand
Jyoti Tandon
Shilpa Demello
Janki Vishwanathan
Rashmi Sharma
Ved Raj
Divyana
Bhavna Vyas
Akash Deep[2]
SutradaraPawan Kumar Maurut
Bhagwan Yadav
Ravi Raj
Mayank Gupta
Pawan Sahu
Deelip Kumar
Pankaj Kumar
Pengarah kreatifRashmi Sharma
Pemeran
Lagu pembukaSaath Nibhaana Saathiya Karya Alka Yagnik
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim3
Jmlh. episode2.184 (daftar episode)
Produksi
ProduserRashmi Sharma and Pawan Kumar
SinematografiBasant Thakur
Savin Mishra
PenyuntingSantosh Singh
Dhananjay[3]
Durasi21 menit
Rumah produksiRashmi Sharma Telefilms
Rilis asli
JaringanStar Plus
Format gambar576i SDTV
1080i HDTV
Rilis03 Mei 2010 (2010-05-03) –
23 Juli 2017 (2017-07-23)
Acara terkait
Saath Nibhaana Saathiya 2
Tera Mera Saath Rahe

Gopi (juga dikenal sebagai Saath Nibhaana Saathiya atau Saathiya saja. Dalam bahasa Indonesia: Tetaplah Bersama, Kekasihku) adalah seri televisi India yang diproduksi oleh Rashmi Sharma dibawah Rashmi Sharma Telefilms.[4] Seri ini ditayangkan pada 3 Mei 2010 di Star Plus.[5] Seri ini juga ditayangkan secara digital di platform Disney+Hotstar. Seri ini menjadi seri terlama kedua di saluran Star Plus setelah Yeh Rishta Kya Kehlata Hai yang hingga saat ini telah menyelesaikan 4.000 lebih episode. Seri ini diperankan oleh Giaa Manek, Rucha Hasabnis, Mohammad Nazim, Vishal Singh, Loveleen Kaur Sasan, Vandana Vithlani, Rupa Patel sebagai Gopi, Rashi, Ahem, Jigar, Paridhi, Urmila, dan Kokila.[6] Pada tahun 2012, Giaa Manek keluar dari perannya dan digantikan oleh Devoleena Bhattacharjee.

Seri ini menceritakan tentang kehidupan keluarga Shah dari Gujarat, dimana 2 sepupu yaitu Gopi dan Rashi menikah dengan 2 pria dari keluarga Modi yang terkenal kaya raya dan terpandang di Rajkot yaitu Ahem Modi and Jigar Modi.[7] Alur cerita mengambil beberapa lompatan termasuk lompatan satu tahun pada Juni 2013,[8] Delapan tahun lompatan cerita pada Februari 2014,[9] Sepuluh tahun lompatan cerita pada Maret 2015,[10] Empat tahun lompatan cerita pada Mei 2016[11] dan tiga bulan pada Maret 2017. Seri ini berakhir pada 23 Juli 2017, dan telah menyelesaikan 2.184 episode.[12] Setelah tamat, seri ini digantikan oleh Tu Sooraj, Main Saanjh Piyaji.[13]

Seri ini memiliki sequel sekaligus melanjutkan kejadian Saath Nibhaana Saathiya yaitu Saath Nibhaana Saathiya 2 tayang perdana pada 19 Oktober 2020 di Star Plus dengan permulaan episode diperankan oleh Devoleena Bhattacharjee, Rupal Patel, Mohammad Nazim dan Sneha Jain, Harsh Nagar dalam peran utama.[14]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
2016-2017 Gopi 1 204 15 September 2016 (2016-09-15) 19 April 2017 (2017-4-19) Tayang Perdana ANTV
2021-2022 1 171 580 17 Maret 2021 (2021-03-17) 3 September 2021 (2021-9-3) Tayang Ulang
410 4 September 2021 (2021-9-4) 26 November 2022 (2022-11-26) Tayang Perdana

Musim[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Musim Jumlah episode Saluran TV Pertama ditayangkan Terakhir ditayangkan
2010–2017 Saath Nibhaana Saathiya 1 2.184 Star Plus 3 Mei 2010 (2010-05-03) 23 Juli 2017 (2017-7-23)
2020–2022 Saath Nibhaana Saathiya 2 2 550 19 Oktober 2020 (2020-10-19) 16 Juli 2022 (2022-7-16)
2021–2022 Tera Mera Saath Rahe Reboot 220 Star Bharat 16 Agustus 2021 (2021-08-16) 17 Juni 2022 (2022-6-17)

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bagian 1[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Kisah ini berawal dari perencanaan pernikahan 2 sepupu yaitu Gopi (Giaa Manek) dan Rashi (Rucha Hasabnis). Gopi adalah seorang anak sebatang kara yang diadopsi Urmila (Vandana Vithlani). Sedangkan Rashi adalah anaknya sendiri yang dimanjakan olehnya. Mereka dilamar oleh Modi Bhavan. Kokila Modi (Rupal Patel) ingin melamar anaknya Ahem (Mohammad Nazim) dengan Rashi. Akan tetapi, Kokila merasa kasihan pada Gopi yang dijadikan oleh bibinya Urmila pembantu. Kokila menilai bahwa Gopi pantas dijadikan menantunya karena ia sangat handal dalam pekerjaan rumah. Ia pun dinikahkan dengan Ahem. Sedangkan Rashi dinikahkan dengan adik sepupu Ahem, Jigar (Vishal Singh). Rashi yang dendam pada Gopi berusaha terus menjatuhkannya bersama ibunya, Urmila. Tak lama, kejahatan Rashi dibongkar oleh suaminya sendiri yaitu Jigar. Setelah beberapa waktu, Gopi meminta Kokila agar membawa Rashi kembali ke Modi Bhavan dan akhirnya Kokila terpaksa mengikut permintaan Gopi. Setelah Rashi kembali, Rashi membantu Gopi untuk mendapatkan cintanya Ahem, sebab Ahem tak merasa sudi menjadikan sebagai istrinya. Ahem cinta pada Anita, pacarnya. Kokila dan Rashi mengajar Gopi agar bisa membaca dan berhitung karena Gopi orang buta huruf. Adik Ahem, Kinjal (Firoza Khan) ditipu oleh Umang, pacarnya karena telah menelantarkan Anita, pacarnya Ahem oleh Ahem. Dalam kesedihan itu, Kinjal dilamar oleh Dhaval, keponakan Urmila. Akhirnya, Kinjal menikah dengan Dhaval. Melihat kegigihan Gopi, Ahem mulai memiliki perasaan pada Gopi. Namun, Ahem belum mau berhubungan dengan Gopi. Tak lama, Anita datang menuntut cinta Ahem. Namun, Ahem berkata bahwa ia lebih mencintai Gopi. Akhir musim ini adalah masa berdua Gopi dan Ahem.

Bagian 2[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Ahem dan Gopi (Devoleena Bhattacharjee) telah memiliki seorang putri bernama Meera. Sedangkan Jigar dan Rashi memiliki dua putra kembar bernama Samar dan Saheer. Kemudian, Gopi yang tau bahwa Ayah dan Ibunya telah lama tiada, kembali ke Modi Bhavan bersama adik Gopi, Radha (Bhavini Purohit). Pernikahan Radha juga mulai direncanakan. Akan tetapi, pacar lama Kinjal, Umang, melamar Radha untuk menikah. Radha yang jatuh cinta padanya memutuskan untuk menikahinya. Thripthi, istrinya Umang berpura-pura menjadi kakak ipar Umang. Akhirnya semua kejahatan Umang dan Thripthi diungkap oleh Gopi. Gopi sedang hamil anak ke-2nya dan tak sempat memberi tahu Ahem karena ingin membuat kejutan. Hingga Trhipthi tak sengaja membunuh Umang menuduh Gopi yang telah membunuh Umang. Radha sangat benci pada Gopi, ia berencana membunuh Meera. Ia mendorong Meera dalam sebuah danau. Rashi yang melihat kejadian itu tak sempat menyelamatkan Meera. Akhirnya Gopi diusir dari keluarga Modi Bhavan karena lalai menjaga Meera.

Bagian 3[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

8 Tahun kemudian...

Keluarga Modi Bhavan dilanda kesedihan atas kematian Meera, (yang padahal Meera selamat karena jatuh kedalam perahu. Kemudian disembunyikan oleh Radha). Gopi menjadi guru disebuah sekolah dasar dan telah memiliki putri ke-2 yaitu Vidya. Rashi bertemu Gopi karena Samar dan Saheer juga bersekolah di tempat Gopi mengajar dan mengajaknya pulang. Gopi tak mau kembali. Akhirnya, Vidya, Samar dan Saheer merias Gopi dengan baju pengantin saat Gopi tertidur dan membawanya ke tempat pernikahan Ahem dengan Radha. Tapi Radha dikurung oleh mereka. Gopi yang tak tau telah menikah kembali dengan Ahem terpaksa pulang ke rumah Modi bersama putrinya Vidya. Kejahatan Radha dibongkar oleh Kokila dan menemukan Meera yang saat itu bernama Gauri. Radha dimasukkan ke penjara.

Bagian 4[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Meera telah ditemukan. Gopi kembali diterima oleh keluarga Modi. Suatu hari, Gopi diculik oleh seorang pria bernama Anurag. Ia adalah guru yang sama mengajar dengan Gopi saat Gopi diusir dulu. Anurag sangat terobsesi dengan Gopi. Tetapi Gopi berhasil ditemukan oleh Rashi dan keluarga. Saat Gopi berhasil melarikan bersama Rashi, Anurag tak sengaja memukul kepala Rashi yang sebenarnya ingin memukul kepala Gopi. Anurag ditangkap, sedangkan Rashi dilarikan ke rumah sakit. Dalam perjalanan, Rashi menghembuskan nafas terakhir dan berpesan pada Gopi untuk menjaga anak-anaknya.

Bagian 5[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Keluarga Modi kembali dirundung kesedihan atas kematian Rashi. Begitupun Urmila, Urmila menyalahkan Gopi atas kematian Rashi. Tak lama, datang sepupu Rashi bernama Paridhi (Loveleen Kaur Sasan). Gopi menyarankan agar Jigar menikah dengan Paridhi. Bersamaan dengan itu, datang Radha yang kembali dari penjara. Jigar pun menikah dengan Paridhi dan tak sengaja melakukan hubungan dengan Radha dan menikahinya. Urmila menjadi sayang pada Gopi karena atas usahanya, Paridhi mampu menjadi istri dan ibu yang baik bagi menantunya Jigar. Radha telah melahirkan anak Jigar. Namun, Radha mengancam keluarga Modi akan membunuh Rashi Kecil jika ia tak bisa membalaskan dendam kepada Gopi. Akhirnya, Gopi terpaksa menghabisi nyawa Radha, adiknya sendiri menggunakan trisula. Ahem merasa kecewa dengan Gopi. Gopi disidang 14 tahun penjara.

Bagian 6[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

10 Tahun kemudian...

Gopi bebas dari penjara. Banyak yang berubah pada keluarganya. Ahem meninggalkan keluarga Modi bersama 2 putrinya ke Mumbai dan hidup bersama wanita lain. Kokila menjadi pembantu Urmila untuk mengasuh Rashi Kecil. Urmila sudah menjadi orang yang tak waras atas kepergian Gopi. Gopi berusaha mencari tahu keberadaan Ahem dan 2 putrinya yang telah dewasa. Ia pun menemukannya bersama Jigar. Namun, Ahem tak menerimanya dan mengusirnya, begitu pun dengan putrinya Meera (Tanya Sharma) yang begitu benci dengan ibunya. Meera berpikir bahwa Gopi telah meninggalkan dirinya dan Adiknya untuk hidup bersama pria lain. Namun, berbeda dengan Vidya (Sonam Lamba), ia tahu kebenaran Gopi 10 tahun lalu. Akhirnya, Gopi dan Vidya bertekad untuk menyatukan kembali keluarga mereka. Ahem yang saat itu masih bersama Mansi melihat Gopi dan Meera bertengkar di gedung lantai 4. Meera tak sengaja mendorong Gopi dari gedung tersebut. Gopi dibawa ke rumah sakit dan akhirnya sadar. Gopi kembali diterima oleh semua keluarga kecuali Meera. Kokila juga mengungkapkan bahwa Urmila tidak sakit jiwa. Urmila pun mengatakan bahwa ia melakukan semua itu hanya untuk bisa bersama dengan Kokila. Semua keluarga Modi dan keluarga Desai (keluarga Urmila) kembali ke rumah Modi bersama Rashi Kecil. Kemudian, Rashi Kecil tahu, bahwa Gopi yang membunuh ibu kandungnya dan ia juga tahu bahwa Gopi bukanlah ibu kandungnya dan Ahem bukanlah Ayahnya, tapi Jigar. Rashi Kecil berusaha menghabisi Gopi dengan ilmu sains-nya. Tetapi Jigar berhasil mencegahnya. Rashi Kecil meminta maaf pada Gopi.

Bagian 7[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Tak lama setelah kejadian itu, datang sahabat lama Kokila yaitu Gaura bersama putranya Dharam dan cucunya Shravan. Meera yang bertekad untuk menghancurkan hubungan Gopi dan Ahem menikahi Dharam yang sepantasnya Dharam adalah paman baginya. Dan Vidya jatuh cinta pada Shravan dan menikahinya.

Bagian 8[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Ternyata niat Gaura dan Dharam adalah untuk balas dendam kepada keluarga Modi karena mereka salah paham bahwa Kokila telah membunuh Karunesh, kakak Gaura. Tetapi, justru balas dendam itu berbalik pada Gaura. Dharam jatuh cinta pada Meera. Lalu datang Madhu, ibunya Gopi yang datang balas dendam atas kematian Radha. Ia menganggap bahwa Gopi lebih sayang pada mertuanya dibanding ibunya sendiri. Madhu datang bersama cucu angkatnya bernama Sonakshi. Gaura dan Madhu bersekongkol melawan Kokila dengan menculik Kokila dan mengirim Premlata, atau Kokila Palsu. Saheer diam-diam menikahi Sonakshi. Semua keluarga tidak menerima pernikahannya.

Bagian 9[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Gaura mengobat Meera dan Dharam. Meera mendapat luka lebam dari Dharam yang tidak sengaja menyakitinya. Gopi membawa Meera pulang ke keluarga Modi. Setelah ia sadar, ia sadar bahwa ia telah bersalah pada Ibunya. Meera meminta maaf pada Gopi. Lalu datang Kokila Palsu menampar Meera. Kokila yang tidak menerima pernikahan Saheer dan Sonakshi, Kokila Palsu menerima mereka berdua. Gopi dan Ahem menolak permintaan Kokila Palsu untuk mengembalikan Meera pada rumah mertuanya. Gopi mulai curiga dengan keanehan sikap Kokila Palsu. Suatu hari, Gopi mengusir Kokila Palsu untuk mensiasatinya. Ia melihat Kokila Palsu menendang pengemis. Ia juga melihat Kokila Palsu berenang di sungai Gangga. Di kuil, Gopi mengungkap bahwa Kokila Palsu bukanlah mertuanya Kokila Modi. Premlata mengancam Gopi agar tidak memberitahukan Premlata ke keluarga Modi. Premlata menyuruh Gopi untuk mengantar Meera pada Gaura agar Kokila selamat. Premlata juga menyuruh Gopi agar berpura-pura menjadi gila. Gopi melakukan semua itu dan Gopi berhasil menemukan Kokila. Ia melepaskan Kokila dan tetap bersandiwara. Gopi mengajak semua keluarga Modi untuk mengungkap Kokila Palsu.

Bagian 10[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Kokila berhasil mengungkap bahwa Premlata, Gaura, dan Madhu (ibunya Gopi) telah merencanakan Kokila Palsu. Tapi, Gopi tak menerima pernyataan bahwa ibunya bisa melakukan hal itu. Pada hari Holi, Kokila dan Madhu merayakan hari Holi. Madhu berencana membunuh Kokila. Di saat yang sama, di tempat lain, Sona memberi tahu Gopi bahwa Madhu ingin membunuh Kokila. Tapi Gopi tidak percaya. Lalu, Ahem menelfon Gopi bahwa Madhu ingin membunuh Kokila. Gopi dan Sona segera mencari Kokila. Di saat Madhu ingin menusuk Kokila, Gopi menghadangnya dan Gopi lah yang tertusuk. Madhu melarikan diri dan bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke danau karena menyesal menusuk putrinya sendiri. Gopi telah sembuh, pernikahan Saheer dan Sona diterima oleh keluarga Modi. Kemudian, datang Paridhi yang menendang ritual tanda tidak menerima pernikahan Saheer dan Sona. Tak lama setelah itu, Gaura dimasukkan ke penjara. Pernikahan Meera dan Dharam dilaksanakan, dan perayaan bayi Sona dan Saheer. Di saat bersamaan, Ahem meninggal dalam kecelakaan karena rem blong. Mayat Ahem dibawa pulang ke Modi Bhavan. Di saat ritual pernikahan selesai, semua kebahagiaan keluarga Modi hilang karena melihat bahwa Ahem telah terbujur kaku di depan pintu rumah Modi. Semua bersedih, bahkan terdapat beberapa perubahan kepribadian pada tokoh utama.

Bagian 11[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

4 Tahun kemudian...

Gopi dalam depresi berat sejak kematian Ahem, tidak bicara selama bertahun-tahun. Kokila yang mengurus Gopi seorang diri. Kepribadian Jigar dan Paridhi telah berubah dan mereka menjadi tidak peduli dengan keluarga. Chirag, Hetal, Janko dan Rashi Kecil menetap di Kanada. Paridhi telah mengusir Sahir, Sona beserta anak-anak mereka dari rumah Modi dan membuat Samar menikah dengan seorang fashionista terpelajar bernama Monica.

Di sisi lain, Vidya memiliki seorang anak perempuan berusia 4 tahun bernama Priyal tetapi dibenci oleh Meera yang percaya Vidya bertanggung jawab atas kegugurannya. Kemudian Meera dan Vidya berbaikan kembali setelah putrinya Dharam yakni Naiyya terungkap sebagai pelaku sebenarnya yang melakukannya demi harta warisan. Kokila memutuskan menerima lamaran pernikahan dari Dokter Krishna untuk Gopi, yang mana Gopi pulih setelah pernikahannya dan menolak menerima Krishna sebagai suaminya.

Bagian 12[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Rupanya Krishna adalah kakaknya Mansi yang berencana membalas dendam pada Gopi karena telah memisahkan Mansi dari Ahem. Tak lama kemudian, Gopi dan Kokila bertemu Jaggi yang mirip Ahem lalu memintanya untuk menyelamatkan Gopi dari rencana buruk Krishna dan kemudian keluarga Modi berhasil. Terkuak Jaggi adalah anak tidak sah dari Parag dan Urvashi, yang artinya dia kakak tirinya Ahem dan Kinjal. Jigar berangkat ke Amerika.

Bagian 13[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Gopi menikahi Jaggi demi menyelamatkannya dari jebakan wanita jahat bernama Radhika. Keluarga menerima hubungan mereka. Gaura kembali sekali lagi untuk menghancurkan keluarga Modi dan membayar Chanda, ibu pengganti dari bayi kembar milik Dharam dan Meera, lalu Gaura melenyapkan Chanda saat Chanda berusaha membongkar kebenarannya. Gaura menyalahkan Vidya atas kematian Chanda dan juga menjebak Kokila atas percobaan pelenyapan Urvashi ibunya Jaggi. Paridhi dan Monica berangkat ke Amerika.

Akhirnya, kejahatan Gaura terbongkar dan dia dikirim ke penjara atas kecelakaan yang menyebabkan kematian Ahem. Keluarga Modi menyelamatkan Sita dari pernikahan paksa, yang mana ibu tirinya Bhavani jatuh cinta pada Dharam dan memaksa Meera untuk meninggalkan rumah.

Bagian Terakhir[sunting | sunting sumber]

Banner Saath Nibhaana Saathiya

Gopi mengetahui dari temannya, Antara yang berada di ambang kematiannya, bahwa sebenarnya dirinya melahirkan bayi laki-laki bukan perempuan. Putranya yang telah lama hilang yaitu Ramakant tinggal di Singapura dan telah tumbuh menjadi pemuda manja dan egois. Antara telah menukar bayi laki-laki Gopi dengan bayi perempuan miliknya. Gopi pergi ke Singapura bersama Jaggi untuk membawa Ramakant pulang. Ramakant sangat merepotkan keluarga Modi tetapi dia tidak dapat kembali ke Singapura karena catatan kriminalnya.

Kemudian keluarga Modi menjodohkan Ramakant dengan Sita. Ramakant kawin lari dan menikahi Samira yang merupakan putrinya Anita yang ingin membalas dendam pada keluarga Modi atas kematian Anita. Dia bersekongkol dengan Bhavani untuk menghancurkan keluarga Modi dan di tengah-tengah itu, Meera kembali. Semua kejahatan Bhavani dan Samira terbongkar. Ramakant meminta maaf atas kesalahannya di masa lalu kepada keluarga Modi. Ramakant menikahi Sita sementara Gopi mengenang perjalanan hidupnya di rumah Modi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Tahun Aktris/Aktor Peran Keterangan
2010–2012 Giaa Manek Gopi Kapadia dan Gopi Ahem Modi Putri sulung Jayantilal dan Madhu; Kakak Radha; sepupu Rashi; Istri Ahem, dan Istri Jaggi; Menantu pertama Kokila dan Parag; Ibu Meera, Vidya dan Ramakant; Ibu mertua Dharam, Sita, dan Shravan; Nenek Priyal, Merdha dan Jr. Ahem
2012-2017 Devoleena Bhattacharjee Gopi Kapadia, Gopi Ahem Modi, Gopi Krishna Raheja, dan Gopi Jaggi Modi Putri sulung Jayantilal dan Madhu; Kakak Radha; sepupu Rashi; Mantan Istri Ahem, dan Istri Jaggi; Menantu pertama Kokila dan Parag; Ibu Meera, Vidya dan Ramakant; Ibu mertua Dharam, Sita, dan Shravan; Nenek Priyal,Merda dan Jr. Ahem
2010-2016 Mohammad Nazim Ahem Parag Modi Putra Parag dan Kokila; Kakak Kinjal; Sepupu Jigar; Saudara tiri Jaggi; Suami pertama Gopi; Ayah Meera, Vidya dan Ramakant; Ayah mertua Dharam, Sita, dan Shravan; Kakek Priyal, Medha dan Jr. Ahem (Diduga Meninggal)
2016–2017 Mohammad Nazim Jaggi Parag Modi Putra Parag dan Urvashi; Adik tiri Ahem dan Kakak tiri Kinjal; Sepupu Jigar; Suami kedua Gopi; dan Ayah tiri Meera, Ramakant, dan Vidya
2010-2016 Rupal Patel Kokila Parag Modi Putri sulung Revati; Saudara perempuan Praful, Jigna dan Paresh; Istri pertama Parag; Menantu kedua Janko; Ibu Ahem dan Kinjal; Ibu mertua Gopi; Nenek Meera, Vidya, Ramakant dan Prateek
2010-2016 Vishal Singh Jigar Chirag Modi Putra Chirag dan Hetal; Sepupu Ahem, Jaggi dan Kinjal; Mantan suami Rashi; Suami Paridhi; Ayah Sahir, Samar dan Jr. Rashi; Ayah mertua Sonaksi dan Monica; Kakek Jay, Veeru, Geeta dan Jr. Sita
2010-2014 Rucha Hasabnis Rashi Jitu Shah, dan Rashi Jigar Modi Putri Jitu dan Urmila; Sepupu Gopi, Radha, Dhaval dan Paridhi; Istri pertama Jigar; Ibu Sahir dan Samar; Ibu mertua Sonakshi dan Monica; Nenek Jay, Veeru, Geeta dan Jr. Sita (Meninggal)
2014–2016 Loveleen Kaur Sasan Paridhi Mehta, dan Paridhi Jigar Modi Putri Jai dan Veena; Keponakan Urmila; Sepupu Rashi dan Dhaval; Istri kedua Jigar; Ibu tiri Sahir, Samar dan Jr. Rashi
2010-2017 Vandana Vithlani Urmila Jitu Shah Saudara perempuan Veena dan Baldev; Istri Jitu; Ibu Rashi; Mantan Ibu mertua Jigar; Nenek Sahir dan Samar
2015–2017 Tanya Sharma Meera Modi, dan Meera Dharam Suryavansi Putri sulung Gopi dan Ahem; Kakak perempuan Vidya dan Ramakant, Sepupu Saheer dan Samar; Istri kedua Dharam; Menantu Gaura; Ibu Medha dan Jr. Ahem
2015-2017 Sonam Lamba Vidya Modi, dan Vidya Shravan Suryavansi Putri bungsu Gopi dan Ahem; Adik Meera dan Ramakant; Sepupu Saheer dan Samar; Istri Shravan; Menantu Durga dan Dharam; Ibu Priyal
2017 Rohit Suchanti Ramakant Ricky Modi Putra Gopi dan Ahem yang telah lama hilang; Adik Meera dan Kakak Vidya, Sepupu Saheer dan Samar; Mantan suami Sameera; dan Suami Sita
2017 Shruti Prakash Sita Rathod, dan Sita Ramakant Modi Putri Keshavlal; Istri kedua Ramakant; Menantu kedua Ahem dan Gopi

Berulang[sunting | sunting sumber]

  • Manish Arora sebagai Parag Modi – Putra bungsu Tolaram dan Janko; Saudara laki-laki Chirag; Suami Kokila dan Urvashi; Ayah Ahem, Jaggi dan Kinjal; Ayah mertua Gopi; Kakek Meera, Vidya, Ramakant dan Prateek; (2010–2017)
  • Shagufta Ali sebagai Urvashi Singh – Mantan istri kedua Parag; Ibu Jaggi; dan Ibu mertua Gopi (2016–2017) (Meninggal)
  • Neeraj Bharadwaj sebagai Chirag Modi – Putra sulung Tolaram dan Janko; Saudara Parag; Suami Hetal; Ayah Jigar; Mantan Ayah mertua Rashi dan Radha, dan Ayah mertua Paridhi; Kakek Sahir, Samar dan Jr. Rashi (2010–2016)
  • Swati Shah sebagai Hetal Modi – Istri Chirag; Ibu Jigar; Mantan Ibu mertua Rashi dan Radha, dan Ibu mertua Paridhi; Nenek Sahir, Samar dan Jr. Rashi (2010–2016)
  • Jyotsna Karyekar/Aparna Kanekar sebagai Janko "Nenek" di keluarga Modi – Mantan Istri Tolaram; Ibu Chirag dan Parag; Ibu mertua Hetal dan Kokila; Nenek Ahem, Jaggi, Jigar dan Kinjal; Nenek buyut Meera,Vidya,Sahir, Samar, Ramakant, Prateek dan Jr. Rashi.(2010–2016)
  • Firoza Khan sebagai Kinjal Modi dan Kinjal Dhaval Desai – Putri bungsu Parag dan Kokila; Saudara perempuan Ahem; Saudara tiri Jaggi; Sepupu Jigar; Istri Dhaval; Menantu Baldev; dan Ibu Prateek (2010–2016)
  • Ashish Sharma sebagai Dhaval Desai – Putra Baldev; Sepupu Rashi dan Paridhi; Suami Kinjal; Menantu kedua Kokila dan Parag; Ayah Prateek (2011–2015)
  • Jaya Ojha sebagai Madhu Shah Kapadia – Adik Jitu; Istri Jayantial; Ibu Gopi dan Radha; Ibu angkat Sonakshi; Mantan Ibu mertua Ahem dan Jigar, dan Ayah mertua Jaggi; Nenek Meera, Vidya, Ramakant dan Jr. Rashi; (2013–2016) (Meninggal)
  • Sanjeev Bhatt sebagai Jayantial Kapadia – Suami Madhu; Ayah Gopi dan Radha; Mantan Ayah mertua Ahem dan Jigar, dan Ayah mertua Jaggi; Kakek Meera, Vidya, Ramakant dan Jr. Rashi (2013–2014)
  • Bhavini Purohit sebagai Radha Kapadia dan Radha Umang Mehta – Putri bungsu Jayantilal dan Madhu; Adik Gopi; Sepupu Rashi dan Dhaval; Mantan Istri Umang dan Jigar; Mantan menantu Chirag dan Hetal; Ibu tiri Samar dan Saheer, dan Ibu Jr. Rashi (2013–2015) (Meninggal)
  • Susheel Johari sebagai Jitu Shah – Kakak Madhu; Suami Urmila; Ayah Rashi; Mantan Ayah mertua Jigar; dan Kakek Sahir dan Samar (2010–2014)
  • Paras Babbar sebagai Sahir "Tolu" Modi – Putra sulung Rashi dan Jigar; Saudara kembar(Kakak laki-laki) Samar; Saudara tiri Jr. Rashi; Suami Sonakshi; Ayah Jay, Veeru, Gita dan Jr. Sita (2015–2017)
  • Ishant Bhanushali sebagai Anak Sahir "Tolu" Modi (2014–2015)
  • Rashmi Singh sebagai Sonakshi "Sona" Modi – Putri angkat Madhu; Istri Sahir; Menantu pertama Rashi dan Jigar; Ibu Jay, Veeru, Gita dan Jr. Sita (2015–2017)
  • Pratap Hada sebagai Samar "Molu" Modi – Putra bungsu Rashi dan Jigar; Saudara kembar(Adik laki-laki) Sahir; Saudara tiri Jr. Rashi; Suami Monica (2015–2017)
  • Eklavya Ahir sebagai Anak Samar "Molu" Modi (2014–2015)
  • Uppekha Jain sebagai Monica "Mona" Modi – Istri Samar; Menantu kedua Rashi dan Jigar (2016–2017)
  • Hiteeka Ruchchandran sebagai Jr. Rashi Modi – Putri Radha dan Jigar; Adik tiri Sahir dan Samar; Sepupu Meera, Ramakant, dan Vidya (2015–2016)
  • Paras Tomar sebagai Prateek "Pappu" Desai – Putra Kinjal dan Dhaval (2015)
  • Vansh Sayani sebagai Prateek "Pappu" Desai Putra Kinjal dan Dhaval (2014–2015)
  • Vandana Pathak sebagai Gaura Suryavanshi – Musuh dan mantan teman Kokila; Ibu Dharam; Mantan Ibu mertua Durga dan Ibu mertua Meera; Nenek Shravan, Naiya, Medha dan Jr. Ahem (2015–2017)
  • Amar Upadhyay sebagai Dharam Suryavanshi – Putra Gaura; Mantan Suami Durga dan Suami Meera; Menantu pertama Ahem dan Gopi; Ayah Shravan, Naiya, Medha dan ayah Jr. Ahem; Kakek Priyal (2015–2017)
  • Pubali Sanyal sebagai Durga Suryavanshi – Istri pertama Dharam; Ibu Shravan dan Naiya; Nenek Priyal (2015–2016) (Meninggal)
  • Kunal Singh sebagai Shravan Suryavanshi – Putra Dharam dan Durga; Saudara Naiya; Saudara tiri Medha dan Jr. Ahem; Suami Vidya; Menantu kedua Ahem dan Gopi; Ayah Priyal (2015–2017)
  • Kashvi sebagai Priyal Suryavanshi – Putri Vidya dan Shravan; Cucu perempuan Gopi; Sepupu Medha dan Jr. Ahem. (2016–2017)
  • Pratibha Tiwari sebagai Naiya Suryavanshi dan Naiya Agarwal – Putri Dharam dan Durga; Anak tiri Meera; Saudara perempuan Shravan; Kakak tiri Medha dan Jr. Ahem; Istri Prakash (2016)
  • Harsh Rajput sebagai Prakash Agarwal – Suami Naiya; Menantu Durga dan Dharam (2016)
  • Ashnoor Kaur sebagai Panna Singhania – Adik Sonia; Tetangga kecil Gopi (2010)
  • Digangana Suryavanshi sebagai Sonia Singhania – Kakak Panna; Tetangga Gopi (2010)
  • Gopi Desai sebagai Revati Desai – Ibu Praful, Kokila Jigna, dan Parash; Ibu mertua Parag dan Sameer; Nenek Ahem dan Kinjal (2010–2014)
  • Seema Deshmukh sebagai Jigna Desai dan Jigna Rajput – Putri Revati; Adik Praful dan Kokila, dan Kakak Parash; Istri Sameer. (2012)
  • Neeru Agarwal sebagai Mani Chatterji – Pembantu pertama di Keluarga Modi; Sepupu Meethi (2011–2012)
  • Beena Bhatt sebagai Meethi Chatterji – Pembantu kedua di keluarga Modi; Sepupu Mani (2012–2016)
  • Iira Soni sebagai Anita Mehta dan Anita Shroff – Kakak Umang; Mantan pacar Ahem; Ibu Sameera (2010–2012) (Meninggal)
  • Akshay Sethi /Anas Khan sebagai Umang Mehta – Adik Anita; Mantan tunangan Kinjal; Suami Tripti dan Radha. (2010-2013) (Meninggal)
  • Pooja Welling sebagai Tripti Mehta – Istri pertama dan pembunuh Umang. (2013–2014)
  • Deepak Dutta sebagai Jay Mehta – Suami Veena; Ayah Paridhi; Ayah mertua Jigar (2014–2015)
  • Manoj Chandila sebagai Anurag Joshi – Kolega dan orang yang terobsesi dengan Gopi; Guru Meera; dan Pembunuh Rashi (2014)
  • Shresth Kumar sebagai Vivaan Khanna – Mantan tunangan Paridhi (2014–2015)
  • Khalid Siddiqui sebagai Dr. Krishna Raheja – Putra Pramila; Saudara laki-laki Mansi; Dokternya Gopi (2016)
  • Kajal Pisal sebagai Mansi Raheja – Putri Pramila; Saudara perempuan Dr. Krishna; orang yang terobsesi untuk menjadi istri Ahem (2015–2016)
  • Utkarsha Naik sebagai Pramila Raheja – Ibu Mansi dan Dr. Krishna (2016)
  • Karan Khandelwal sebagai Sanskar Patel – Mantan tunangan Meera (2015–2016)
  • Heemakshi Ujjain sebagai Premlata – Orang yang membuat wajahnya mirip dengan wajahnya Kokila (2016)
  • Anju Tiwari sebagai Chanda – Ibu pengganti Medha dan Jr. Ahem (2016–2017) (Meninggal)
  • Priya Tandon sebagai Samira Shroff dan Samira Jaiswal – Putri Anita; Mantan istri Ramakant; Istri Pinku (2017)
  • Vishal sebagai Pankaj "Pinku" Jaiswal – Suami Samira; Menantu Anita (2017)
  • Rajesh Puri sebagai Keshavlal "Keshav" Rathod – Suami Bhavani; Ayah Sita; Ayah mertua Ramakant (2017) (Meninggal)
  • Priya Marathe sebagai Bhavani Rathod – Istri kedua Keshavlal; Ibu tiri Sita (2017)
  • Puneett Chouksey sebagai Karan – Mitra bisnis Dharam (2017)
  • Nutan Rai sebagai Shanella – Mantan tunangan Ramakant. (2017)
  • Payal Ghosh sebagai Radhika – Pengantin Jaggi (2016)
  • Sidharth Jain sebagai Ritesh Parmar; Petugas ACP (2016)
  • Soni Singh sebagai Karishma Shergill – Rekan Rashi (2010)
  • Garima Tiwari sebagai Sonal – Putri Damini; Mantan tunangan Jigar (2010)
  • Akanksha Juneja sebagai Daksha – Putri Savita; Tetangga Keluarga Modi (2013)
  • Gurpreet Kaur sebagai Neelam/Kusum – Seorang wanita yang datang sebagai pembantu untuk membuat masalah bagi Keluarga Modi. (2012)

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Remake[sunting | sunting sumber]

Saath Nibhaana Saathiya telah melahirkan beberapa remake bahasa yang berbeda termasuk Intiki deepam illalu ( Telugu ), Pudhcha Paaul ( Marathi ), Deivam Thandha Veedu ( Tamil ), Chandanamazha ( Malayalam ), Amritavarshini ( Kannada ) dan Bodhuboron ( Bengali ). Seri in dijuluki dalam bahasa Telugu sebagai Kodala Kodala Koduku Pellamaa di Star Maa. Semua versi termasuk yang di-dubbing menjadi salah satu program TV yang paling banyak ditonton di wilayahnya masing-masing, melewati 1000+ episode, versi Tamil berakhir dengan 992 episode dan versi Telugu yang di-dubbing berakhir dengan 854 episode.

Pada tahun 2021, meskipun sebelumnya dijuluki, itu dibuat ulang dalam bahasa Telugu sebagai Intiki Deepam Illalu di Star Maa .

Versi Dubbing[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, serial ini di-dubbing dalam bahasa Indonesia dan ditayangkan dengan judul Gopi (menurut tokoh utama) mulai 15 September 2016 hingga 19 April 2017. Tayang ulang di Indonesia mulai 17 Maret 2021 di ANTV .

Dalam bahasa Vietnam sebagai Am Muu Va Tin Yeu .

Pada tahun 2020, serial ini di-dubbing dalam bahasa Turki dan ditayangkan dengan judul Masum di saluran Kanal 7 dengan menyelesaikan 495 episode.

Daftar dalam Tabel[sunting | sunting sumber]

Bahasa Judul Awal tayang Jaringan Terakhir tayang Status
Hindi Saath Nibhaana Saathiya
साथ निभाना साथिया
3 Mei 2010 StarPlus 23 Juli 2017 Asli
Marathi Pudhcha Paaul
पुढचं पाऊल
2 Mei 2011 Star Pravah 30 Juni 2017 Buat ulang
Kannada Amruthavarshini
ಅಮೃತವರ್ಷಿಣಿ
3 September 2012 Star Suvarna 30 Maret 2017
Tamil Deivam Thandha Veedu
தெய்வம் தந்த வீடு
15 Juli 2013 Star Vijay 26 Mei 2017
Bengali Bodhuboron
বধুবরন
19 Agustus 2013 Star Jalsha 29 Januari 2017
Malayalam Chandanamazha
ചന്ദനമഴ
2 Februari 2014 Asianet 9 Desember 2017
Telugu Intiki Deepam Illalu
ఇంటికి దీపం ఇల్లాలు
8 Maret 2021 Star Maa TBA

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengecoran[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2012, pemimpin Giaa Manek menandatangani kontrak untuk tampil di reality show Jhalak Dikhhla Jaa di jaringan saingan Colors TV. Produser Saathiya keberatan, menyatakan bahwa Manek terikat kontrak dengan jaringan mereka dan bahwa melakukan serial realitas dapat menodai citranya di layar sebagai karakter bersuara lembut. Produser membawa pengaduan mereka ke Asosiasi Produser Film dan Program TV (AMPTPP) dan ke Asosiasi Artis Cine dan TV (CINTAA) untuk arbitrase. Anggota CINTAA mengadakan pertemuan dengan Manek dan memintanya keluar dari reality show. Manek menolak dan Star menggantikannya dengan Devoleena Bhattacharjee.

Pada Januari 2014, Rucha Hasabnis yang memerankan Rashi mengkonfirmasi bahwa dia berencana untuk keluar dari serial tersebut kapan saja di tahun itu. Namun, karena pernikahannya dia memutuskan untuk berhenti berakting dan dia keluar pada Agustus 2014 dengan karakternya terbunuh.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2016, Mohammed Nazim yang memerankan Ahem keluar dari pertunjukan dan karakternya terbunuh dalam pertunjukan. Alasan dari seorang sumber menyatakan, "Karena aktor kunci yang ada menyatakan keberatan mereka tentang bermain kakek-nenek, para kreatif tidak punya pilihan selain menunda lompatan waktu. Sesuatu yang drastis perlu dilakukan untuk menghidupkan jalan cerita. Setelah brainstorming, ide terbaik tampaknya menabrak karakter Ahem, sehingga seorang pria baru dapat diperkenalkan dalam kehidupan protagonis Gopi untuk membawa cerita ke depan,"Kemudian, Khalid Siddiqui berperan sebagai lawan Bhattacharjee sebagai Krishna pada Mei 2016. Karena cerita mereka tidak diterima dengan baik oleh pemirsa, dengan penurunan peringkat, pada Juli 2016, Nazim dibuat untuk masuk kembali ke seri sebagai Jaggi, yang mirip dengan saudara tiri kembar Ahem yang tidak sah dan cerita terfokus. pada dia dan Bhattacharjee.

Pada September 2015, Lovely Sasan yang memerankan Paridhi berhenti dari serial tersebut karena dia tidak ingin berperan sebagai seorang ibu. Namun, setelah beberapa saat ketika pembuatnya mendekatinya, dia setuju dan kembali pada Maret 2016. Berdasarkan Gujarat sebagai latar belakang, serial ini terutama difilmkan di lokasi syuting di jalan Mira dekat Mumbai. Cangkang luar dari Rumah Modi yang ditampilkan dalam episode adalah dari Vila Shubham yang terletak di Pulau Madh. Pada bulan Desember 2012, sebuah adegan ditembak di Bhuj, Gujarat selama 10 hari. Pada bulan Maret 2013, sebuah adegan ditembak di Pulau Madh.

Selain itu, beberapa adegan juga difilmkan di lokasi asing termasuk Swiss pada Mei 2011 dan Singapura pada Februari dan Maret 2017. Sebelumnya, AS direncanakan tetapi dibatalkan karena masalah Visa Mohammad Nazim dan Singapura telah diselesaikan.

Reboot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Mei 2021, Shoonya Square Productions mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi versi reboot dari Saath Nibhaana Saathiya di saluran seinduk dengan Star Plus, yaitu Star Bharat dengan tokoh pemeran serupa seperti Giaa Manek, Mohammad Nazim, Rupal Patel, dan Vandana Vithlani yang mengulangi peran mereka. Seiring dengan aktor-aktor ini, mereka akan menjadi beberapa karakter baru dengan alur cerita yang berbeda tetapi konsep yang sama dari Keluarga Bersama Gujarati. Acara ini ditayangkan di Star Bharat, saluran saudara StarPlus. Pada awal Juli 2021 judul tersebut diselesaikan sebagai Tera Mera Saath Rahe . Pada tanggal 25 Juli 2021, promo pertama dirilis menampilkan Giaa Manek dan Rupal Patel. Versi reboot mulai mengudara mulai 16 Agustus 2021.

Setelah lama berjalan, tepat pada 17 Juni 2022, Tera Mera Saath Rahe menamatkan serialnya di episode 220.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Saat ini, sedang berjalan seri sekuel spritual dari Saath Nibhaana Saathiya yaitu Saath Nibhaana Saathiya 2 yang juga disiarkan di saluran televisi yang sama di Star Plus.

Seri ini tayang perdana pada 19 Oktober 2020 dan hingga saat ini masih berlangsung. Seri ini awalnya dibintangi oleh Devoleena Bhattacharjee, Mohammad Nazim, Rupal Patel, Swasti Shah, Manish Arora yang mengulangi peran mereka di Saath Nibhaana Saathiya. Beberapa peran utama yaitu Sneha Jain dan Harsh Nagar.

Awalnya, seri ini didasarkan pada seri yang berjalan di Star Jalsha yaitu Ke Apon Ke Por.

Saat ini, Saath Nibhaana Saathiya 2 masuk dalam daftar episode terlama di India kategori 500 hingga 999 episode.

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

  • Indonesia Di Indonesia ditayangkan dengan judul Gopi di saluran antv pada tahun 2016-2017. Hanya mampu menyelesaikan kurang lebih 787 episode versi india karena TRP yang rendah. Pada tahun 2021-2022, Serial ini ditayangkan kembali di ANTV, dilanjutkan penayangannya dengan judul Gopi Episode Baru dan ditayangkan hingga episode terakhir.
  • Vietnam Di Vietnam ditayangkan dengan judul Âm Mưu Và Tình Yêu di saluran THVL 1 pada pukul 22:30 waktu setempat dan kembali ditayangkan di THVL 2 pada pukul 14:00 waktu setempat. Seri ini tayang di Vietnam dengan menyelesaikan 1097 episode.
  • Turki Di Turki ditayangkan dengan judul Masum di saluran Kanal 7. Seri ini berakhir dengan menyelesaikan 495 episode.
  • Bulgaria Di Bulgaria ditayangkan dengan judul Остани с мен di Nova TV dan menyelesaikan 842 episode.
  • Rumania Di Rumania ditayangkan dengan judul Suflete Tradate di saluran National TV.
  • Pakistan Di Pakistan Saath Nibhaana Saathiya ditayangkan di Urdu 1 dan H Now Entertainment tetapi kemudian dihentikan karena larangan konten India di negara tersebut.
  • Sri Lanka Di Sri Lanka Serial ini juga ditayangkan yang dijuluki ke dalam bahasa Sinhala sebagai Mage Sanda Obai di Swarnavahini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Soap soup". The Indian Express. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  2. ^ "Keep It Simple". Indian Express. 27 January 2012. Diakses tanggal 27 May 2013. 
  3. ^ "Two TV Producers In A Spat With Their Video Editors". Mid Day. 5 November 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-10. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  4. ^ "With the leap, Saathiya... will be a new show for us: Producer". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  5. ^ "From Kyunki saas bhi kabhi bahu thi to Yeh Rishta Kya Kehlata Hai, TV shows that enjoyed a long run on the small screen". The Times of India. 29 January 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-19. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  6. ^ "Tragedy of being an actor: Mohammad Nazim". The Times of India. 26 March 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-17. Diakses tanggal 27 May 2013. 
  7. ^ "Gujarat continues to rule prime time TV". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-19. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  8. ^ "Saath Nibhana Saathiya to take a time leap again". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  9. ^ "'Saath Nibhana Saathiya' eight years' leap". The Pioneer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-09. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  10. ^ "'Saath Nibhaana Saathiya' to take 10-year leap". The Indian Express. 19 February 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-24. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  11. ^ "It's a four-year leap for Saath Nibhana Saathiya". Deccan Chronicle. 26 May 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-07. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  12. ^ Deshpande, Rasika (8 July 2017). "Saath Nibhana Saathiya to go off air in two weeks". Pinkvilla. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-13. Diakses tanggal 10 July 2017. 
  13. ^ "CONFIRMED! 'Saath Nibhana Saathiya' is going OFF AIR, to wrap up on July 23". News Nation. 10 July 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-13. Diakses tanggal 18 July 2017. 
  14. ^ "Saath Nibhana Saathiya Season 2 to launch on October 19th". The Indian Express. 28 August 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-28. Diakses tanggal 2022-07-02.