Pembicaraan Wikipedia:ProyekWiki Islam: Perbedaan antara revisi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 2 tahun yang lalu oleh David Wadie Fisher-Freberg pada topik Fatimah az-Zahra
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 32: Baris 32:
:* Saya setuju mengenai usulan terhadap referensi dan penulisan.
:* Saya setuju mengenai usulan terhadap referensi dan penulisan.
:Mengenai pengerjaan, saya menunggu pendapat dari peserta ProyekWiki Islam yang lainnya. Saya akan ikut serta selama bulan Agustus ini. [[Pengguna:JumadilM|JumadilM]] ([[Pembicaraan Pengguna:JumadilM|bicara]]) 8 Agustus 2021 02.48 (UTC)
:Mengenai pengerjaan, saya menunggu pendapat dari peserta ProyekWiki Islam yang lainnya. Saya akan ikut serta selama bulan Agustus ini. [[Pengguna:JumadilM|JumadilM]] ([[Pembicaraan Pengguna:JumadilM|bicara]]) 8 Agustus 2021 02.48 (UTC)

== [[Fatimah az-Zahra]] ==

{{ping|Mohamadhzanhari|SatriaAlfatih|Fahriahmad306|JumadilM|Daffa2800|Adam Dorman|Irkham Mahfudh|Iylaq|Srtq|Zubair bin Ahmad}} artikel ini baru saja mengalami perang suntingan. Yang terlibat dalam perang suntingan saya blokir dari menyunting artikelnya selama 1 bulan. Akan amat baik sekali apabila ada anggota proyek yang berminat untuk mengerjakannya. Salam, [[Pengguna:David Wadie Fisher-Freberg|dwadieff]] [[Pembicaraan Pengguna:David Wadie Fisher-Freberg|✉]] 28 Februari 2022 13.32 (UTC)

Revisi per 28 Februari 2022 13.32

ProyekWiki Islam Pembicaraan Glosarium→

Perhatian!
Harap tanda tangani pernyataan Anda dengan mengetikkan ~~~ atau ~~~~ pada akhir kalimat pernyataan.

Arsip pembicaraan:

2020 2015-2019 2007-2014

Syamail Muhammadiyah

Assalamualaikum

Mohon pendapat peserta yang lain. Ada dua halaman: Penampilan fisik Muhammad dan Syamail Muhammadiyah yang membahas topik yang sama. Di sana sudah ada yang menaruh spanduk usulan penggabungan. Halaman Penampilan fisik Muhammad hanya berisi konten yang berasal dari sumber primer, yaitu hadis-hadis. Tadinya saya ingin langsung usulkan WP:KPC, tapi saya rasa perlu minta pendapat dulu di sini. Kira-kira, jika ditulis ulang (bukannya menggabungkan), judul mana yang sebaiknya dipakai untuk menaruh konten? Jika "Penampilan fisik Muhammad", judul ini judul lokal, sedangkan "Syamail Muhammadiyah" adalah nama untuk ilmu pengetahuan tentang hal serupa, hanya saja berbahasa arab; secara bahasa artinya (kira-kira) "segalanya tentang Muhammad".

Mohon masukan atau usulannya: Penampilan fisik Muhammad atau Syamail Muhammadiyah? --Mohamadhzanhari (bicara) 8 Maret 2021 10.02 (UTC)Balas

Sejarah Islam

SatriaAlfatih Radza26siwy Fahriahmad306 JumadilM Daffa2800 Adam Dorman Irkham Mahfudh

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat bergabung untuk peserta baru, Saudara Irkham Mahfudh. Sampai saat ini ProyekWiki Islam belum mengadakan proses kolaborasi apapun. Rasanya setiap peserta masih berkontribusi secara individu.

Saya lihat semua peserta memiliki kesamaan ketertarikan dengan sejarah Islam. Boleh coba cek halaman ini sekilas: Sejarah Islam. Isinya adalah kronologi sejarah Islam, bukan prosa. Menurut saya, itu akan sangat bagus kalau dibuat prosa. Masih ada ruang sangat lebar untuk mengembangkan artikel itu dan semua artikel dalam topik sejarah Islam. Mungkin saya ajak untuk merintis aktivitas kolaborasi kita untuk halaman itu.

Beberapa ide yang saya miliki:

  • Perlu mencari satu referensi paling utama sebagai patokan pembagian zaman sejarah Islam.
  • Sebenarnya untuk pembagian zaman, saya melihat pembagian seperti yang sudah ada di halaman Sejarah Islam § Perkembangan Islam adalah pembagian yang mudah dan mungkin dipakai banyak sumber karena merujuk langsung ke satu hadis Nabi ﷺ:
"Kenabian ada bersama kalian sekehendak Allah adanya, kemudian Allah mengangkatnya. Kemudian, ada kekhalifahan yang mengikuti minhaj kenabian sekehendak Allah adanya, kemudian Allah mengangkatnya. Kemudian, itu menjadi kerajaan yang menggigit (berlangsung lama), sehingga itu ada sekehendak Allah adanya, kemudian Allah mengangkatnya. Kemudian, itu menjadi kerajaan yang memaksa (mungkin maksudnya diktatorial), sehingga itu ada selama Allah menghendakinya, kemudian Allah mengangkatnya. Kemudian, itu menjadi kekhalifahan yang mengikuti minhaj kenabian (lagi)." Kemudian Nabi diam. (Sanadnya hasan. Sumber: Al-Albani. Takhrīj Misykāt al-Maṣābīḥ. No. 5306. Dari sahabat an-Nu'man bin Basyir. Lihat: Dorar.)

Saya ingin memulainya. Akan saya coba setelah ujian akhir saya selesai tanggal 14 Agustus ini, insyaallah jika saya ada waktu luang, dengan mulai mencari referensi yang tepat.

Akhirnya, saya ingin menularkan semangat ini kepada kawan semua. Semua hal besar dibangun dari hal kecil. Dalam perjalanan akan ada naik dan turun. Yang paling penting adalah tetap bergerak, meskipun pelan, meskipun sedikit. Ketika kita tetap bergerak pelan, kita masih bisa mengembalikan semangat untuk melaju kencang lagi. Tetapi kalau kita berhenti, itu lebih sulit untuk membuat kita kembali bergerak. Dan semoga niat amal shaleh kita diterima oleh Allah dan dicatat dalam buku catatan amal kita. Kita tidak tahu amal mana yang Allah terima yang bisa memasukkan kita ke surga, sehingga karenanya kita selalu berusaha mengisi waktu dengan amal shaleh, meskipun sedikit. --Mohamadhzanhari (bicara) 8 Agustus 2021 01.27 (UTC)Balas

Saya juga ingin ikut mengerjakan (mengembangkan) artikel ini. Usulan saya sebagai berikut:
  • Pembagian periodenya tidak mesti dikhususkan kepada masa pemerintahan kekhalifahan. Perihalnya, kekhalifahan tidak mencakup semua wilayah yang menyangkut sejarah Islam, misalnya di sejarah Islam di Asia Tenggara dan sejarah Islam di Amerika. Sebaiknya, pembagian periodenya tetap mengikuti hadis yang disebutkan sebelumnya, masa kenabian, masa kekhalifahan awal (empat sahabat), dan masa kekhalifaan (kesultanan) yang lama (Ummaiyyah, Abbasiyah, Utsmaniyah) serta masa kesultanan lainnya (seperti kerajaan Islam di Indonesia). Dalam hal ini, periodenya mengurut waktu saja.
  • Saya setuju mengenai usulan terhadap referensi dan penulisan.
Mengenai pengerjaan, saya menunggu pendapat dari peserta ProyekWiki Islam yang lainnya. Saya akan ikut serta selama bulan Agustus ini. JumadilM (bicara) 8 Agustus 2021 02.48 (UTC)Balas

Fatimah az-Zahra

@Mohamadhzanhari, SatriaAlfatih, Fahriahmad306, JumadilM, Daffa2800, Adam Dorman, Irkham Mahfudh, Iylaq, Srtq, dan Zubair bin Ahmad: artikel ini baru saja mengalami perang suntingan. Yang terlibat dalam perang suntingan saya blokir dari menyunting artikelnya selama 1 bulan. Akan amat baik sekali apabila ada anggota proyek yang berminat untuk mengerjakannya. Salam, dwadieff 28 Februari 2022 13.32 (UTC)Balas