Isotropi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Isotropi adalah keseragaman atau uniformitas dalam segala arah. Diturunkan dari kata Yunani isos (ίσος, "sama, setara") dan tropos (τρόπος, "cara, jalan"). Definisi tepatnya tergantung bidang subyeknya. "Perkecualian", atau "ketidaksamaan", seringkali diindikasikan dengan tambahan awalan "an", menjadi anisotropi. Anisotropi juga digunakan untuk menyatakan situasi bagi sifat-sifat yang berbeda secara sistematik, tergantung pada arah. "Radiasi isotropik" mempunyai intensitas yang sama tanpa tergantung dari arah pengukuran, dan "medan isotropik" menghasilkan aksi yang sama tanpa tergantung dari orientasi partikel yang diuji.

Fisika[sunting | sunting sumber]

Mekanika kuantum atau fisika partikel
Teori kinetik juga merupakan contoh isotropi.
Ekspansi termal
suatu benda padat dikatakan isotropik jika ekspasi suatu benda padat itu sama ke segala arah ketika energi termal diberikan kepada benda padat itu.
Elektromagnetik
Suatu medium isotropik adalah sedemikian sehingga permitivitas (permittivity), ε, dan permeabilitas, μ, dari medium itu uniform ke segala arah dalam medium itu. Contoh paling sederhana adalah "ruang bebas" (free space).
Optik
Isotropi optikal artinya mempunyai sifat optika yang sama di segala arah.
Kosmologi
Teori dentuman dahsyat yang mengawali evolusi alam semesta yang dapat dilihat ini berasumsi bahwa ruang angkasa bersifat isotropik.[1] Juga diasumsikan bahwa ruang angkasa adalah homogen.[1] Kedua asumsi ini bersama-sama dikenal sebagai Prinsip Kosmologi.

Biologi[sunting | sunting sumber]

Biologi sel
Jika sifat-sifat suatu dinding sel kurang lebih di segala arah, maka dikatakan bersifat isotropik. Bagian interior sel dikatakan anisotropik karena adanya organel intraseluler .
Fisiologi
Dalam sel otot skeletal (atau muscle fibers), istilah " isotropik " merujuk kepada pita-pita terang (pita jenis I) yang berkontribusi menghasilkan "striated pattern" pada sel-sel.

Cabang ilmu lain[sunting | sunting sumber]

Ekonomika dan Geografi
suatu daerah isotropik adalah daerah yang mempunyai sifat-sifat yang sama di mana-mana. Daerah seperti itu merupakan suatu konstruksi yang dibutuhkan dalam banyak jenis model.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "WMAP Big Bang Theory". Map.gsfc.nasa.gov. Diakses tanggal 2014-03-06.