Ipi, Bungku Tengah, Morowali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ipi
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Tengah
KabupatenMorowali
KecamatanBungku Tengah
Kodepos
94973
Kode Kemendagri72.06.05.2023 Edit the value on Wikidata
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Ipi adalah desa di kecamatan Bungku Tengah, Morowali, Sulawesi Tengah, Indonesia.

PROFIL DESA 1. Sejarah Desa Desa Ipi berada di tengah Ibu Kota Kecamatan yang merupakan desa terkecil dari 13 (Tiga Belas) Desa yang berada di wilayah Kecamatan Bungku Tengah. Menurut sejarah desa Ipi berawal dari Kerajaan Luria bengki yang berada di lereng pegunungan ± 6 Km sebelah Barat Desa Ipi saat ini. Pada tahun 1906 seorang Tokoh yang bernama Mayor Bauba mengajak masyarakat luria Bengki untuk turun dan membuka suatu pemukiman baru disekitar pesisir pantai yang di beri nama Kampung IPI. Nama Mayor merupakan sebuah sebutan bagi pejabat yang ditunjukan oleh kerajaan Belanda pada saat itu. Desa IPI di ambil dari nama sebuah pohon kayu yang keras yaitu pohon IPI, dimana banyak tumbuhan di daerah tersebut yang sekarang dikenal dengan nama kayu Bayam. Pada tahun 1920 seiring perkembangan penduduk yang semakin ramai maka dibentuklah sebuah desa, dimana seorang warga bernama H. Firo ditunjukan sebagai Kepala Desa yang pertama. Adapun nama-nama Pejabat Kepala desa IPI sejak terbentuknya tahun 1920, sampai saat ini adalah sebagai berikut:

1. H. FIRO Tahun 1920 s/d 1925. 2. TOPPO Tahun 1925 s/d 1955 3. H. HASAN Tahun 1955 s/d 1975. 4. H.ILYAS Tahun 1975 s/d 1995. 5. H. RAUF Tahun 1995 s/d 2000. 6. ALWAN HASAN Tahun 2000 s/d 2006. 7. HAERUDIN HASAN Tahun 2006 s/d 2012. 8. ABD. RAHMAN .H Tahun 2012 s/d 2018. 9. MAHMUD Tahun 2018 s/d 2019 ( Pj.Kepala Desa ). 10. ABD. WAHAB ABD. RAUF Tahun 2019 s/d sekarang.

2. Kondisi Geografis Desa Ipi Desa IPI yang secara struktural merupakan bagian dari Kecamatan Bungku Tengan, secara geografis Desa IPI terletak di tengah ibu kota Kecamatan, yang merupakan Desa terkecil dari 13 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Bungku Tengah, memiliki potensi yang cukup strategis dengan luas wilayah ± 4500 Ha, yang terdiri dari dua Dusun dan Tiga RT dengan jumlah penduduk yaitu laki-laki 470 jiwa dan perempuan 386 jiwa dengan jumlah total 856 jiwa (BPS, 2017). Secara geografis di apit oleh dua Desa Bahoruru dan Desa Bente, dengan perbatasan wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara : Desa Bente Sebelah Barat : Kawasan Hutan Sebelah Selatan : Desa Bahoruru Sebelah Timur : Teluk tolo Adapun potensi Sumber Daya Alam yang terdapat di Desa Ipi adalah: A. Potensi wisata Di desa ini terdapat wisata alam yang di kenal dengan nama Veranomata .Wisata ini sangat baik untuk di kunjungi baik untuk para wisatawan nasional maupun masyarakat lokal itu sendiri.Letaknya sangat strategis karena berada di tengah kawasan Ibu Kota Morowali,jarak tempuh dari jalan trans Sulawesi cukup dekat hanya menempuh + 15 menit atau 3 Km. B. Potensi hasil hutan dan perkebunan Hasil hutan didesa ini terdapat kayu kelas 2 yang berguna untuk pembangunan dan perabot rumah tangga C. Hasil Perkebunan Hasil perkebunan juga cukup menjajikan antara lain,Kelapa local,sagu,cingkeh,pala,jambu monyet,cokelat,durian dll Serta masih banyak lagi potensi sumber daya alam yang cukup menjanjikan untuk di kembangkan. D. Potensi sumber daya pertambangan Desa ipi juga terdapat pertambangan pasir ( golongan C )yang sangat membantu pembangunan infra stuktur Daerah. E. Potensi Budaya adat istiadat. Di Desa ini terdapat pula kelompok pelestarian budaya,yaitu budaya Rabana yang sampai saat ini cukup dikenal di kalangan masyarakat bungku. Demikian Profil Desa ini di buat kiranya dapat di gunakan,walaupun masih banyak terdapat kekurangan di dalam nya .