Infeksi papilomavirus manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infeksi papilomavirus manusia
Klasifikasi dan rujukan luar
SpesialisasiPenyakit infeksi Sunting ini di Wikidata
ICD-10B97.7
ICD-9-CM078.1 079.4
DiseasesDB6032
eMedicinemed/1037
MeSHD030361
Infeksi papilomavirus manusia
Papilloma Virus (HPV) EM.jpg
EM of papillomavirus
Klasifikasi virus
Grup:
Grup I (dsDNA)
Famili:
Papovaviridae

Infeksi papilomavirus manusia adalah virus yang menyerang kulit dan membran mukosa manusia dan hewan. Lebih dari 100 jenis papilomavirus manusia telah diidentifikasikan.

Beberapa jenis papilomavirus dapat menyebabkan kutil, sementara lainnya dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan munculnya lesi. Semua HPV ditransmisikan melalui hubungan kulit ke kulit. Penularan bisa melalui hubungan seksual. Terdapat banyak tipe dari virus ini namun yang paling berbahaya adalah tipe 16 dan 18.

HPV sendiri merupakan agen utama dari penyakit kanker serviks dan kanker penis yang mana keduanya tergabung dalam penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual bersama penyakit seksual lainnya seperti HIV.

Saat ini sudah ada vaksin HPV yang diberikan pada anak usia 11-12 tahun untuk dosis pertama dan dosis kedua diberikan 6-12 bulan setelah dosis pertama diberikan. Bahkan vaksin ini juga direkomendasikan bagi orang dewasa sampai berumur 26 tahun jika belum mendapatkan vaksin HPV sama sekali. Semakin bertambah usia anak, maka dosis yang diberikan bisa semakin bertambah agar vaksin benar-benar efektif.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]