Chlamydia trachomatis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chlamydia trachomatis
C. trachomatis inclusion bodies (brown) in a McCoy cell culture.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. trachomatis
Nama binomial
Chlamydia trachomatis
Busacca, 1935

Chlamydia trachomatis adalah salah satu dari tiga spesies bakteri dalam genus Chlamydia, famili Chlamydiaceae, kelas Chlamydiae, filum Chlamydiae, domain Bacteria.

C. trachomatis adalah agen chlamydial pertama yang ditemukan dalam tubuh manusia. Bakteri ini pertama kali diidentifikasi tahun 1907.[1]

Infeksi Chlamydia trachomatis sering tidak menimbulkan gejala dan sangat berisiko bila terjadi pada ibu-ibu karena dapat menyebabkan kehamilan ektopik, infertelitas dan abortus. WHO memperkirakan 4 juta kasus baru pada ibu-ibu terinfeksi oleh Chlamydia trachomatis dan 50.000 diantaranya mengalami intertilitas,kehamilan ektopik dan abortus. Mekanisme terjadinya infeksi C.trachomatis telah dipelajari banyak peneliti, di mana MOMP (Major Outr Membrane Protein) merupakan suatu target penting untuk mencegah respons imun dari host, seperti neuralizing factor dan sel T. Berdasarkan adanya variasi nukleotida dari MOMP pada gen Omp-1 dan adanya inhibisi respon imun dapat menyebabkan mudahnya host terpapar oleh C.trachomatis. Setiap variasi nukleotida memperlihatkan berkurangnya imunitas seravor yang spesifik dalam menyeleksi imun dari host.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Budai I (2007). "Chlamydia trachomatis: milestones in clinical and microbiological diagnostics in the last hundred years: a review". Acta microbiologica et immunologica Hungarica. 54 (1): 5–22. PMID 17523388. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]