Imbolc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Imbolc
Nama lainLá Fhéile Bríde  (Irish)
Là Fhèill Brìghde  (Scottish Gaelic)
Laa'l Breeshey  (Manx)
Dirayakan olehSecara kesejarahan: Gael
Sekarang: Orang Irlandia, orang Skotlandia, orang Manx, neopagan Keltik, dan Wicca
JenisKebudayaan,
(Politeisme Kelt Pagan, Neopaganisme Keltik, Wicca)
Maknaawal musim semi
Perayaanberpesta, pembuatan Salib Brigid dan Brídeógs, mengunjungi sumur-sumur suci, ramalan, pembersihan musim semi
Tanggal1 Februari
(atau 1 Agustus untuk neopagan di Belahan Bumi Selatan)
Terkait denganGŵyl Fair y Canhwyllau, Candlemas, Hari Marmot Tanah

Imbolc atau Imbolg (Templat:IPAc-ga), juga disebut Hari (Santa) Brigid (bahasa Irlandia: Lá Fhéile Bríde, bahasa Gaelik Skotlandia: Là Fhèill Brìghde, bahasa Manx: Laa'l Breeshey), ialah festival tradisional Gaelik yang menandakan awal musim semi. Festival ini dirayakan pada 1 Februari di Belahan Bumi Utara atau 1 Agustus di Belahan Bumi Selatan. Ini dirayakan sekitar separuh jalur antara titik balik matahari musim dingin dan ekuinoks musim semi.[1][2] Secara kesejarahan, ini dirayakan secara meluas di seluruh Irlandia, Skotlandia, dan Pulau Man. Ini adalah salah satu dari empat festival musiman Gaelik bersama dengan Beltane, Lughnasadh, dan Samhain.[3] Untuk orang Kristen, terutama di Irlandia, ini merupakan Hari Raya Santa Brigid.

Imbolc disebutkan dalam sastra Irlandia terawal, dan ada pula bukti yang menunjukkan bahwa ini juga merupakan tanggal penting pada Zaman Kuno. Pada mulanya, Imbolc dipercayai sebagai sebuah festival penyembahan berhala yang dikaitkan dengan dewi Brigid, dan dikristenkan sebagai festival Santa Brigid, yang dianggap sebagai pengkristenan sang dewi.[4] Pada Imbolc/Hari Santa Brigid, salib Brigid dibuat dan boneka yang seperti Brigid ( Brídeóg) akan diarak dari rumah ke rumah oleh para gadis, yang terkadang disertai 'strawboys'. Brigid dikatakan mengunjungi rumah sesorang pada hari Imbolc. Untuk mendapat berkatnya, orang akan membuat katil untuk Brigid dan meninggalkan makanan dan minumannya, serta barang-barang pakaian akan ditinggalkan di luar untuk mendapat berkatnya. Brigid juga dipanggil untuk melindungi rumah-rumah dan ternakan. Masa untuk ramalan terjadi ketika perayaan-perayaan istimewa diadakan, dan sumur suci akan dikunjungi.

Walaupun banyak adat istiadat yang mati pada abad ke-20, festival ini masih dirayakan. Di beberapa tempat, ini telah dihidupkan kembali sebagai acara kebudayaan. Sejak abad ke-20 terakhir, neopagan Keltik dan Wicca merayakan Imbolc sebagai hari libur keagamaan.[1][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Danaher, Kevin (1972) The Year in Ireland: Irish Calendar Customs Dublin, Mercier. ISBN 1-85635-093-2 p. 38
  2. ^ a b McNeill, F. Marian (1959, 1961) The Silver Bough, Vol. 1–4. William MacLellan, Glasgow; Vol. 2, pp. 11–42
  3. ^ Cunliffe, Barry (1997). The Ancient Celts. Oxford: Oxford University Press. Page 188-190.
  4. ^ Berger, Pamela (1985). The Goddess Obscured: Transformation of the Grain Protectress from Goddess to SaintPerlu mendaftar (gratis). Boston: Beacon Press. hlm. 70–73. ISBN 9780807067239. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Carmichael, Alexander (1992) Carmina Gadelica: Hymns and Incantations (with illustrative notes on wards, rites, and customs dying and obsolete/ orally collected in the Highlands and Islands of Scotland) Hudson, NY, Lindisfarne Press, ISBN 0-940262-50-9
  • Chadwick, Nora (1970) The Celts London, Penguin. ISBN 0-14-021211-6
  • Danaher, Kevin (1972) The Year in Ireland. Dublin, Mercier. ISBN 1-85635-093-2
  • McNeill, F. Marian (1959) The Silver Bough, Vol. 1–4. William MacLellan, Glasgow
  • Ó Catháin, Séamas (1995) Festival of Brigit

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Acara modern[sunting | sunting sumber]

Templat:Celts Templat:Topik mitologi Keltik

Templat:Roda tahun ini