Beltane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beltane
Api unggun Beltane di Bukit Calton, Edinburgh, Skotlandia
Nama lainLá Bealtaine  (Irlandia)
Latha Bealltainn  (Gaelik Skotlandia)
Laa Boaltinn/Boaldyn  (Manx)[1]
Beltaine  (Prancis)
Beltain; Beltine; Beltany[2][3]
Dirayakan olehHistoris: Gael
Sekarang: Orang Irlandia, Skotlandia, Manx, Galisia, Wicca, dan neopagan Kelt
JenisBudaya
Pagan (Politeisme Kelt, Neopaganisme Kelt, Wicca)
MaknaAwal musim panas
Perayaanmenyalakan api unggun, menghias rumah dengan aneka bunga Mei, membuat semak, mengunjungi sumur suci, berpesta
Tanggal1 Mei[4]
(atau 1 November di BBS)
Frekuensitahunan
Terkait denganHari Mei, Calan Mai, Malam Walpurgis

Beltane (/ˈbɛl.tn/)[5][6] adalah perayaan Hari Mei yang diperingati oleh orang-orang Gael. Hari raya ini jatuh tepat di antara ekuinoks musim semi dan titik balik matahari musim panas. Secara historis, Beltane dirayakan di seluruh Irlandia, Skotlandia, dan Pulau Man. Dalam bahasa Irlandia, nama untuk festival ini adalah Lá Bealtaine ([l̪ˠaː ˈbʲal̪ˠt̪ˠənʲə]). Sedangkan dalam bahasa Gaelik Skotlandia disebut Latha Bealltainn ([l̪ˠaː ˈpjaul̪ˠt̪ɪɲ]), dan dalam bahasa Manx disebut Laa Boaltinn/Boaldyn. Perayaan ini merupakan salah satu dari empat festival utama Gael—bersama dengan Samhain, Imbolc, dan Lughnasadh—dan serupa dengan Calan Mai milik orang Wales.

Beltane disebutkan dalam beberapa sumber-sumber Irlandia awal dan dikaitkan dengan peristiwa penting dalam mitologi Irlandia. Hari raya ini juga dikenal sebagai Cétshamhain ("hari pertama musim panas"), yang menandai awal musim panas ketika hewan ternak mulai dilepas ke padang rumpul. Berbagai ritual dilakukan untuk melindungi ternak, tanaman dan manusia, serta untuk mendorong pertumbuhan tanaman. Api unggun dinyalakan, di mana asap dan abunya dipercaya memiliki kekuatan perlindungan. Orang-orang dan ternak akan berjalan di sekitar atau di antara api unggun, dan terkadang melompati api atau bara api. Semua api di rumah mereka akan dipadamkan dan kemudian dinyalakan lagi dari api unggun Beltane. Pertemuan-pertemuan ini akan diisi dengan pesta, dan beberapa makanan dan minuman akan dipersembahkan kepada aos sí. Pintu, jendela, pagar, dan hewan ternak akan didekorasi dengan bunga kuning yang mekar pada bulan Mei. Di beberapa bagian Irlandia, orang akan membuat Semak Mei: biasanya berupa semak berduri atau ranting yang dihiasi dengan bunga, pita, kerang cerah, dan lampu. Mereka juga akan mengunjungi sumur suci, dan membasuh muka dengan embun yang diyakini dapat membuat awet muda.

Perayaan Beltane mulai jarang diadakan pada pertengahan abad ke-20, meskipun beberapa kebiasaannya tetap berlanjut dan di beberapa tempat mulai dihidupkan kembali sebagai acara budaya. Sejak akhir abad ke-20, umat neopagan Keltik dan Wicca telah menjadikan Beltane dan festival terkaitnya sebagai hari raya keagamaan. Neopagan di belahan Bumi selatan merayakan Beltane pada 1 November.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Celtic myths and legends by Charles Squire ISBN 1-84204-015-4
  2. ^ "Beltane – The Fire Festival". Newgrange. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 April 2019. Diakses tanggal 5 November 2021. 
  3. ^ Chadwick, Nora (1970) The Celts London, Penguin. ISBN 0-14-021211-6 p. 181
  4. ^ "Origins of Bealtaine festival". Irish Independent. 24 April 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 April 2019. Diakses tanggal 5 November 2021. 
  5. ^ "Beltane". Dictionary.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Mei 2014. Diakses tanggal 5 November 2021. 
  6. ^ "Beltane". Merriam-Webster Dictionary. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Mei 2014. Diakses tanggal 5 November 2021. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]