Ido (tokoh Ibrani)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ido (nabi))

Ido (Iddo atau Eido; bahasa Ibrani: עדו atau עידו atau עדא ('iD'o - 1 Raja–raja 4:14) merupakan nama laki-laki Ibrani yang tercatat namanya dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Yang paling terkenal adalah seorang nabi pada zaman pemerintahan raja Salomo dan para penerusnya, Rehabeam dan Abia, raja-raja Yehuda (abad ke-10 SM). Selain itu juga nama kakek nabi Zakharia yang hidup pada zaman Ezra (abad ke-6 SM).

Nabi Ido[sunting | sunting sumber]

Nama nabi Ido hanya muncul pada Kitab Tawarikh. Tampaknya cukup terkenal pada zamannya dengan nubuat mengenai Yerobeam, raja Israel (Samaria) yang dicatat pada suatu kitab penglihatan yang sekarang tidak terlestarikan (2 Tawarikh 9:29). Ia juga menyusun kitab riwayat hidup raja Rehabeam, dikenal sebagai "Riwayat Semaya, nabi itu, dan Ido, pelihat itu" (2 Tawarikh 12:15), dan putranya, raja Abia (2 Tawarikh 13:22).

Identifikasi lain[sunting | sunting sumber]

Sejumlah pakar, termasuk Rashi, mengidentifikasi nabi Ido dengan "abdi Allah" yang tidak disebutkan namanya dalam 1 Raja-raja 13:1. Ido, berdasarkan catatan mengenai nubuatannya melawan Yerobeam, telah diidentifikasi oleh Flavius Yosefus[1] dan Hieronimus[2] dengan nabi yang mengkritik pendirian altar oleh Yerobeam dan setelahnya dibunuh oleh seekor singa karena tidak mematuhi perintah Allah untuk tidak makan atau minum dalam perjalanan pulang setelah bernubuat di hadapan Yerobeam. Jenazahnya diletakkan dalam makam seorang nabi dari Samaria yang telah membujuknya untuk makan dan minum (1 Raja-raja 13). Sekitar 300 tahun kemudian pada zaman pemerintahan raja Yosia, altar yang didirikan Yerobeam dinajiskan dengan pembakaran tulang-tulang manusia di atasnya atas perintah raja Yosia. Ketika itu raja bertanya makam siapa yang ada di dekat altar dan dijawab bahwa makam tersebut milik "abdi Allah" yang telah menubuatkan kehancuran altar dan makam nabi asal Betel. Raja Yosia lalu memerintahkan agar makam tersebut tidak diganggu karena nubuat itu telah digenapi. (2 Raja–raja 16–18). Hieronimus mengidentifikasi "Ido" dengan Oded, ayah Azarya yang dicatat dalam 2 Tawarikh 15:8.E.G.[3]

Ido, kakek nabi Zakharia[sunting | sunting sumber]

Seorang bernama Ido disebut dalam Kitab Ezra 8:17 sebagai "kepala setempat di Kasifya". Ezra meminta pertolongan Ido dan saudara-saudaranya untuk membawa para budak atau pelayan Bait Suci. Ezra merujuk kepada Ido ini ketika menyebut "nabi Zakharia bin Ido" dalam Ezra 5:1 dan Ezra 6:14. Kitab Zakharia 1:1 dan 1:7 menyebutkan Ido sebagai kakek Zakharia dari pihak ayahnya (Berekhya).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Flavius Yosefus, "Ant." viii. 8, § 5
  2. ^ Jerome (=Hieronimus). "Quæstiones Hebraicæ," to 2 Chron. 12:15
  3. ^ Jewish Encyclopedia - Jeroboam

Pranala luar[sunting | sunting sumber]