Hysteria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Hysteria"
Singel oleh Muse
dari album Absolution
Dirilis 1 Desember 2003
Format 7", CD, DVD
Genre Rock alternatif, new prog, progressive rock
Panjang 03:47
Label East West Records
Pencipta Matthew Bellamy
Produser Rich Costey, Muse
Kronologi singel Muse
"Time Is Running Out"
(2003)
"Hysteria"
(2003)
"Sing For Absolution"
(2004)
7" Single
Kover "Hysteria" 7".


"Hysteria" atau "Hysteria (I Want It Now)" (di Amerika Serikat lebih dikenal dengan judul ini)[1] adalah lagu dari band asal Inggris beraliran rock alternatif, Muse dan masuk pada album ketiga mereka Absolution. Lagu ini dirilis menjadi singel pada tanggal 1 Desember 2003 di Inggris, berada di posisi 17 di UK Singles Chart, singel ini juga mencapai posisi 9 Billboard Modern Rock Track.

Karya seni untuk sampul 7” dipilih lewat kompetisi dan pemenangnya adalah Adam Falkus.[2] Sedangkan runner-up menggambar sampul DVD dari singel. Lagu ini dimainkan selama tur untuk Absolution dan tetap menjadi pertunjukan band. Lagu ini juga muncul pada Absolution Tour, kedua CD dan DVD HAARP dan Live at Rome Olympic Stadium. Pada penampilan live, Terdapat Interlude yang sering dimainkan sebelum memulai lagu ini.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  • 7", CD
  1. "Hysteria" – 3:47
  2. "Eternally Missed" – 6:05
  • DVD
  1. "Hysteria" (video – Director's Cut)
  2. "Hysteria" (DVD Audio)
  3. "Hysteria" (live on MTV2 Video)
  4. "Artwork Gallery"

Lirik[sunting | sunting sumber]

Lagu ini mengungkapkan sebuah perasaan jatuh cinta terhadap seseorang yang tak mungkin dimiliki, namun berakhir dengan kecanduan tanpa akhir.

Matthew Bellamy sebagai pencipta lirik Hysteria menjelaskan bahwa lagu ini semacam menghasratkan sesuatu yang tidak bisa didapat yang membuat rasa frustasi hingga mengikuti secara diam-diam atau dapat diartikan sebagai mencintai orang yang sama sekali tidak mengenal si pengagum.[3]

Secara terminologi psikoanalitis, Hysteria berarti kelainan mental pada seorang wanita disebabkan frustasi yang mengakibatkan emosi berlebihan, menjerit, menangis atau hanyut dalam perasaan.[4]

Muse di media[sunting | sunting sumber]

Televisi saluran TNT yang menggunakan "Hysteria" di iklan tahun 2004. Selain dari iklan, "Hysteria" juga ditampilkan dalam episode dari seri Entourage, dan digunakan bersama Blackout, lagu lain dari album Absolution, dalam film Millions. Ini juga digunakan sebagai tema untuk Moto GP di BBC sampai lomba Belanda di Assen pada tahun 2009, serta lagu latar belakang untuk 2009 Grand Prix Australia di Formula1.com. Hysteria sering digunakan sebagai Windsor-, Detroits 88,7 "Morning X" 89x's lagu pembukaan. Lagu ini digunakan dalam sebuah episode dari Doctor Who. Hysteria juga tampil di versi Eropa video game Rock Band dan sebagai konten download di versi AS.[5]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Muse dengan wajah wanita dibelakangnya.

Video musik lagu ini dibintangi oleh aktor Justin Theroux dan disutradarai oleh Matt Kirby, berdasarkan pada adegan di hotel dari Pink Floyd The Wall.[6] Dibutuhkan bentuk narasi pendek yang menggambarkan seorang pria (protagonis) bangun saat di dalam kamar hotel dan, melalui linier kronologis unsur-non, akhirnya bertemu dengan seorang pelacur (diperankan oleh Hayley Caradoc-Hodgkins). Pertemuan ini, bagaimanapun, berakhir tidak menyenangkan. Video ini memiliki beberapa interpretasi dan dapat dilihat untuk memiliki beberapa unsur ambigu, termasuk kemarahan sampai mendorong orang ke tempat sampah kamar hotel, dan urutan kronologis non-linear yang menggambarkan beberapa elemen plot. Di video ini tidak ada satupun personel dari Muse, walaupun sebenarnya Matt akan bermain namun dia memutuskan tidak ikut karena kemampuan beraktingnya tidak cukup dan terlalu malu.

Video alternatif juga diciptakan untuk merilis singel di AS yang menampilkan band bermain; dengan pembuluh darah putih, wajah seorang wanita, lingkaran merah, abu-abu dan hitam tumpang tindih, dan petir. Video ini juga digunakan di Inggris, karena video asli dianggap tidak cocok untuk anak-anak.

Video tanpa pengedit menunjukkan beberapa wanita mengunjungi protagonis di kamar hotelnya serta wanita utama adalah versi asli dan tersedia di Microcuts fansite dan YouTube.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]