The 2nd Law: Unsustainable

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The 2nd Law: Unsustainable
Singel oleh Muse
dari album The 2nd Law
Dirilis9 Agustus 2012
Direkam2011-2012
Genre
Durasi3:48
Label rekamanWarner Bros., Helium-3
Pengarang laguMatthew Bellamy
KomposerMatthew Bellamy
Produser rekamanMuse
Daftar rekaman The 2nd Law
"Liquid State"
(11)
The 2nd Law: Unsustainable
(12)
"The 2nd Law: Isolated System"
(13)

The 2nd Law: Unsustainable adalah sebuah lagu band rock Inggris Muse yang berada pada urutan kedua belas pada album The 2nd Law.

Video musik lagu ini dapat diunduh sejak tanggal 9 Agustus 2012 di situs resmi band. Lagu ini dijadikan trailer untuk promo The 2nd Law yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2012, sehingga menjadi lagu pertama yang diluncurkan ke publik dari album tersebut. Meskipun hanya asumsi, The 2nd Law: Unsustainable tidak pernah dirilis secara resmi sebagai sebuah singel.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

The 2nd Law: Unsustainable berisi campuran berbagai genre musik, termasuk progressive rock dan dubstep. Meski dipengaruhi aliran dubstep, suara synthizer elektronik diproduksi melalui "instrumen konvensional". Para personel band menjelaskan:.. "Kami pergi untuk melihat Skrillex di Camden sekitar bulan Oktober lalu. Kami berpendapat 'Gila, aliran dubstep begitu kuat', seperti sebuah pertunjukan full metal, mereka mempergunakan teknik mutakhir, orang-orang tepukau, aku tidak melihat reaksi seperti itu untuk musik elektronik semacam ini sebelumnya. Kami mengambil inspirasi dan datang membuat 'Unsustainable.'

Beberapa dubstep terinspirasi dari musik Amerika adalah yang penuh imajinasi. Efek keras telah berubah dari gitar menuju laptop, sehingga kami mencoba untuk melihat apakah kami dapat bereksperimen dengan laptop. Kami menciptakan sesuatu yang "dubsteppy" tetapi kami ingin melihat apakah kami bisa melakukannya dengan instrumen konvensional dibanding instrumen elektronik. Kami ingin bertanya, 'Mungkinkah sebuah band rock? bersaing dengan apa yang orang-orang itu lakukan.'"

Lagu ini memiliki empat bagian yang berbeda: bagian pembuka dalam musik klasik (dengan reporter berita sebagai suara latar), distorsi dubstep, interlude rock progresif (juga mengandung suara reporter berita) dan dubstep lain hingga akhir lagu.

Versi live[sunting | sunting sumber]

Lagu ini pertama kali dimainkan langsung pada 16 Oktober 2012. Dalam pertunjukan live, biasanya ada synthizer khusus di sekitar drummer (Dominic Howard) dan ia memainkan musik reporter berita sebagai suara latar secara elektronik. Selama The 2nd Law World Tour, Unsustainable biasanya dimainkan sebagai pembuka sebelum Supremacy, atau sebagai lagu pertama di bagian Encore.

Penggunaan media[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Juni 2012, Muse merilis sampel Unsustainable sebagai sebuah trailer untuk The 2nd Law, yang menerima bermacam-macam reaksi tentang perubahan aliran musik. Perilisan trailer menyebabkan banyak penggemar menganggap bahwa lagu akan menjadi singel pertama dari album; Namun, asumsi ini tidak benar.