Humfrid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Humfrid[1] merupakan seorang Comte Barcelona, Girona, Empúries, Roussillon, dan Narbonne dari tahun 858 hingga 864. Dia juga menyandang gelar Markgraf Gothia (Gothiæ marchio), karena ia memegang beberapa county perbatasan.[2]

Dia adalah seorang Hunfriding sejak kelahiran, tanpa koneksi ke Götaland. Dia mungkin Hunfrid III, putra kedua Hunfrid II, dux super Redicam (duke atas Rhaetia). Dia memberontak melawan Ludwig si Jerman, Raja Francia Timur, dan dipaksa melarikan diri ke Karl yang Botak, Raja Francia Barat, kepada siapa dia adalah salah satu dari sedikit orang yang tetap setia selama perubahan-perubahan 850-an. Dia ditunjuk sebagai comte dan markgraf beberapa county di Marca Hispanica oleh Karl, mungkin awal tahun 854 dan tidak lebih dari tahun 858.

Pada tahun 858, Humfrid menegosiasikan sebuah perjanjian perdamaian dengan Abd al-Rahman, gubernur Moor di Zaragoza, dan berbaris ke Galia untuk bantuan Karl. Dia tiba di Beaune pada bulan Februari dan dia memberi hormat kepada raja pada tanggal 21 Maret. Dia kemudian bergabung dengan Karl dalam perang melawan Viking. Ludwig mengambil ini sebagai kesempatan untuk menyerang negara dan Humfrid membantu Karl menangkisnya. Pada bulan September, Humfrid bergabung kembali dengan pasukannya di Beaune sebelum bergabung dengan kekalahan Ludwig di Saint-Quentin pada tanggal 15 Januari 859.

Selama kampanye tahun 858, Humfrid telah dikalahkan oleh County Autun dan telah menciptakan Markgraf Bourgogne.

Pada tahun 856, Moor merebut kastil Terrassa dekat Barcelona. Pada tahun 861, mereka mengepung Barcelona sendiri, tetapi Humfrid membelinya dan memperbaharui perjanjian dengan persetujuan Karl. Itu berlangsung selama tiga dekade.

Pada tahun 862, Karl menunjuk putranya Charles sebagai Raja Aquitaine. Ini ditentang oleh para bangsawan, yang, dengan pengecualian Humfrid, tidak mendukung Charles muda dalam pemberontakan berikutnya. Charles tua menuduh Humfrid tidak setia. Pada tanggal 19 Agustus, Humfrid digulingkan. Dia tidak menyerah, meskipun. Dia mengambil Toulouse dan membunuh Comte Ramon I dalam pertempuran. Charles menanggapi dengan menyita negara Bourgogne milik Humfrid. Bahkan pretender Pippin II dari Aquitaine memimpin sekelompok Viking dalam serangan terhadap Toulouse, tetapi dipukul mundur. Humfrid kemudian melarikan diri ke Italia, dan dari sana ke Schwaben, di mana, pada tahun 872, dia menjadi comte di Zürich. Dia masih hidup hingga akhir tahun 876.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ His name has many variant spellings: Hunfrid, Humsfrid, Humfried, Unifred, Unifredo, or Hunifredo; in modern French, Onfroi or Onfroy; and in modern English, Humphrey
  2. ^ The source for his famous title is the Annales Bertiniani.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Odalric
Comte Barcelona
858–865
Diteruskan oleh:
Bernard