Hot Summer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Hot Summer"
Singel oleh f(x)
dari album Hot Summer
Dirilis 14 Juni 2011 (Korea)
4 Agustus 2012 (Jepang)
Format Digital Download, CD Single
Direkam 2011 (Korean Version)
2012 (Japanese Version)
Genre K-Pop, electropop, dance-pop
Panjang 3:44
Label SM Entertainment
Pencipta Remee, Thomas Troelsen
Produser Remee, Thomas Troelsen
f(x) Korean singles
"Pinocchio (Danger)"
(2011)
"Hot Summer"
(2011)
"Electric Shock"
(2012)
Kronologi f(x) Japanese singles
"Hot Summer"
(2012)

Hot Summer adalah lagu oleh girlband Korea Selatan, f(x) yang diambil dari album repackage Pinocchio dengan judul yang sama. Dirilis pada 14 Juni 2011 di Korea dan menjadi singel pemimpin di album repackage. Ini adalah remake dari lagu tahun 2007, Hot Summer oleh penyanyi Jerman, Monrose.[1] Versi Korea ini sukses secara komersil, memuncak pada #2 di chart resmi singel Gaon, merekam lebih dari 375.000 download selama seminggu rilis. Hot Summer adalah lagu ke-16 digital yang paling sukses tahun 2011 di negara asal, menjual 2.909.384 kopi pada akhir tahun.[2] Liriknya, Hot Summer adalah tentang wanita menemukan cinta selama musim panas.

Lagu ini menjabat sebagai debut singel Jepang f(x) pada 2012.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Hot Summer" adalah cover Korea/Jepang dari lagu Hot Summer oleh penyanyi Jerman Monrose. Pada 8 Juni 2011, SM Entertainment mengumumkan bahwa f(x) akan melakukan comeback dengan lagu "Hot Summer" yang juga merupakan singel pemimpin dari album repackage Pinocchio. SM menyatakan bahwa "tindak lanjut lagu, ['Hot Summer'], fitur warna yang unik dari f(x). Diharapkan ke new stage.” Lagu ini dirilis seminggu kemudian pada tanggal 14 Juni 2011.

Hot Summer menjabat sebagai singel debut di Jepang pada bulan Agustus 2012, setelah SM Entertainment telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai debutnya di negeri ini awal tahun. Kelompok ini disiapkan untuk debut Jepang dengan peluncuran situs web mereka di Jepang pada bulan Juni 2011.

Penampilan Live[sunting | sunting sumber]

Hot Summer ditampilkan pertama kali di KBS Music Bank pada 17 Juni 2011. f(x) mengenakan pakaian merah yang mereka kenakan di versi Korea dari video musik, yang menjadi bahan pokok untuk sisa masa promosi Hot Summer ini. Lalu mereka menampilkannya di MBC Music Core dan SBS Inkigayo pada 18 Juni dan 19 Juni 2011. Mereka juga menampilkannya di Mnet M! Countdown. Meskipun sukses pada chart musik Korea Selatan, gagal untuk menerima penghargaan di acara utama musik Korea.

Hot Summer juga ditampilkan di SMTown '10 dan SMTown '12

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Versi Korea[sunting | sunting sumber]

Versi Korea, f(x) menari didepan tank berwarna merah muda.

Versi Korea dari Hot Summer dilakukan di dua tempat yang berbeda, Namyangju dan Incheon, pada awal Juni 2011. Film ini disutradarai oleh Hong Won Ki, yang telah mengarahkan video musik SHINee, "Hello". Sebuah teaser dirilis pada tanggal 13 Juni 2011 dengan versi lengkap yang dirilis pada tanggal 17 Juni 2011, hari yang sama kelompok tersebut menjadikan penampilan comeback mereka di Music Bank.[4]

Video dimulai dengan kelompok berjalan ke tengah jalan, difilmkan di Incheon, mengenakan pakaian berwarna cerah, pink dilucuti tanktop hitam di belakang mereka, bersama dengan beberapa mobil sport berwarna cerah. Mereka kemudian bergabung dengan sekelompok penari cadangan. Pemotongan video ke ruang putih berlantai merah, di mana mereka mengenakan pakaian merah, set yang sama digunakan untuk video individu mereka. Satu set dilihat adalah 'cahaya' kamar, Mereka juga mengenakan pakaian merah, dan Luna mengenakan wig bob merah. Pada akhir video, hidran kebakaran berbunyi, menandakan hari panas terik, dan video berakhir dengan f(x) berpose di set jalan dengan kata-kata "f(x) Hot Summer" dilihat di kamera atas.

Versi Jepang[sunting | sunting sumber]

Versi Jepang, f(x) menari di atas padang pasir.

Video teaser dengan durasi 1 menit 30 detik kedua untuk versi Jepang Hot Summer dirilis pada tanggal 1 Agustus 2012, melalui saluran resmi Avex YouTube. Video penuh kemudian muncul online beberapa hari kemudian pada tanggal 5 Agustus 2012.

Versi Jepang berbeda dengan Koreanya. Himpunan utama adalah padang pasir, dengan prop berbentuk bintang merah muda dan putih di belakang mereka, dan permen kapas merah muda sebagai awan. Video dimulai mirip dengan versi Korea, dengan kelompok memakai semua pakaian putih, berjalan perlahan ke arah kamera. Tidak seperti video f(x) sebelumnya, baik versi Jepang dan Korea tidak memiliki alur cerita yang benar. Video kemudian memotong ke pesawat lain, mirip dengan yang terlihat pada singel Korea terbaru mereka (pada saat itu), Electric Shock, juga sebagai salah satu fitur dalam versi Korea. Close-up dari grup mengungkapkan pakaian biru listrik, diatapi dengan aksesoris yang rumit, seperti paku topi Amber. Satu set lebih banyak fitur, jalan adegan, di mana kelompok mengenakan pakaian merah, sama dengan yang digunakan di versi Korea, di mana kelompok terlihat di depan prop berbentuk bintang, sementara melemparkan cat di atas bangunan dan pada kamera. Video itu berakhir dengan set gurun, dan kata-kata "f(x) Hot Summer", seperti versi Korea, di layar sebagai kamera atas kembali.

Penampilan Komersial[sunting | sunting sumber]

Korea[sunting | sunting sumber]

Versi Korea ini sukses secara komersil, memuncak pada #2 di Chart Singel Gaon setelah memulai debutnya di #5, kemudian naik tiga posisi ke puncaknya, #2, kemudian jatuh ke #4. Ini tercatat lebih dari 375.000 download pada minggu rilis, memulai debutnya di #3, yang kemudian terhenti di minggu depan. Lagu ini kemudian menjual 536.000 kopi lebih lanjut pada minggu berikutnya Setelah menjual 428.000 kopi dan menjatuhkan ke nomor #4 pada chart Gaon's Digital, lagu itu telah terjual lebih dari 1,3 juta kopi dalam tiga minggu pertama. Hot Summer juga peringkat tinggi di antara chart Gaon lainnya, memulai debutnya di #14 di chart Single Karaoke, dan mencapai puncak #2 minggu depannya. Ini memuncak di nomor satu pada chart streaming Gaon, yang melacak internet streaming di situs musik Korea seperti Melon. Hot Summer adalah lagu digital ke-16 yang paling sukses tahun 2011 di negara asal, menjual 2.909.384 kopi pada akhir tahun. Dan adalah lagu yang paling sukses 25 secara keseluruhan pada tahun 2011, 21 posisi di bawah singel mereka sebelumnya, "Pinocchio (Danger)", yang merupakan 6 paling sukses.


Jepang[sunting | sunting sumber]

Daftar Track[sunting | sunting sumber]

Chart[sunting | sunting sumber]

Chart (2011 - 2012) Posisi
puncak
Gaon Singles Chart 2
Streaming Singles 1
Gaon Digital Singles 3
Gaon Karaoke Singles 2
Oricon Daily singles
Oricon Weekly singles
Oricon Monthly singles
Oricon Yearly singles
RIAJ Digital Track Chart
Billboard Japan Adult Contemporary Airplay
Billboard Japan Hot Top Airplay
Billboard Japan Hot Singles Sales
Billboard Japan Hot 100

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GhostWriter (Jun 13, 2011). "f(x) releases "Hot Summer" audio!". allkpop.com. Diakses tanggal August 4, 2012. 
  2. ^ GhostWriter (March 10, 2012). "Gaon reveals Top 100 Digital Single chart for 2011". allkpop.com. Diakses tanggal August 5, 2012. 
  3. ^ pinebuffalo (Aug 2, 2012). "f(x) releases short PV for Japanese debut song 'Hot Summer'". en.korea.com. Diakses tanggal Aug 4, 2012. 
  4. ^ "f(x) to Release "Hot Summer" MV on the 17th". soompi. June 16, 2011. Diakses tanggal August 5, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]