Honkai Impact 3rd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Honkai Impact 3rd
Honkai Impact 3rd logo board on the stage 20210130.jpg
PengembangmiHoYo
SeriHoukai Series
EngineUnity
PlatformAndroid, iOS, Microsoft Windows
Tanggal rilis
GenreAction role-playing, hack and slash
ModeSingle-player, multiplayer

Honkai Impact 3 (Hanzi: 崩坏 atau 崩壞 bēng huái) atau (Kanji: 崩壊 houkai) adalah game free-to-play aksi permainan peran 3D mobile game yang dikembangkan oleh miHoYo. Merupakan seri ketiga dari Seri Honkai dan kelanjutan dari Houkai Gakuen, menggunakan banyak karakter yang sama dari judul sebelumnya, dengan cerita baru yang terpisah. Game ini dikenal menggabungkan elemen-elemen dari berbagai genre, dari hack-and-slash, stimulasi sosial, bullet hell, platforming, shoot ‘em up, dan dungeon crawling, yang terdapat di dalam mode single player dan multiplayer.

Game ini mula-mula menarik perhatian banyak penggemar di Asia sebelum menyebar lebih luas secara global: pertama dirilis di Tiongkok di akhir tahun 2016, dan mencapai 1 juta jumlah unduh setelah 11 hari perilisan di Jepang, dan mencapai 35 juta jumlah unduh secara global pada 12 April, 2018. Game ini telah dirilis di Korea, Taiwan, Asia Tenggara, Amerika Utara, dan Eropa. Game ini mendukung berbagai bahasa, termasuk di antaranya Mandarin Sederhana, Mandarin Tradisional, Inggris, Jepang, Korea, Vietnam, Thailand, Prancis, Jerman, dan Bahasa Indonesia.

Selain sebagai game mobile, kisah Honkai Impact 3 tersebar ke medium-medium tambahan, sebagai pengabdiannya ke budaya ACG (Anime Comic Game) Jepang. Produk-produk tersebut terdiri dari seri anime, beberapa seri manhua, dan berbagai video promosi.

Cara Bermain[sunting | sunting sumber]

Cara bermain utama Honkai Impact 3 adalah mengendalikan sebuah tim yang terdiri dari 3 karakter, yang disebut “Valkyrie”, untuk melawan berbagai musuh. Selama pertarungan, pemain dapat dengan bebas menggerakkan karakter mereka di medan pertarungan dan berganti karakter di antara tiga Valkyrie yang dikerahkan secara langsung untuk menyesuaikan dengan beragam jenis musuh yang dihadapi. Masing-masing Valkyrie memiliki skill serangan, hindaran, pergantian, dan ultimate yang unik, dan masing-masing Valkyrie memiliki tipe berbeda yang berfungsi seperti gunting-batu-kertas untuk melengkapi peran-peran yang diperlukan di dalam tim. Status dan skill Valkyrie bisa diatur dan dikustom dengan berbagai perlengkapan. Perlengkapan Stigmata, senjata, dan Valkyrie dapat diperoleh dari pertarungan, sistem penggabungan, atau sistem gacha.

Mode single-player game mengadaptasi inti gameplay ini, termasuk mode “Story”, yang terdiri dari stage-stage yang diselingi dialog cerita dan FMV, mode "Open World" yang merupakan dunia luas yan dapat dijelajahi untuk mengumpulkan material, menyelesaikan berbagai tugas. Di dalam game ini juga terdapat berbagai mode multiplayer kooperatif dan kompetitif yang mengadaptasi gaya bermain ini, seperti di dalam mode "Co-op Raid", di mana para pemain bekerja sama di dalam satu tim untuk mendapatkan senjata legendaris, mode “Memorial Arena”, di mana para pemain dapat beradu skor saat menghadapi bos, dan mode “Dirac Sea”, di mana para pemain dapat beradu skor saat mencoba untuk menyelam sejauh mungkin dan melalui sederetan pertarungan.

Di luar pertarungan, Honkai Impact 3 juga menghadirkan fitur interaksi dengan Valkyrie atau karakter Stigmata di dalam “Asrama”. Setelah menyelesaikan syarat tertentu, para Valkyrie atau karakter Stigmata dapat menjadi penghuni Asrama, yang mana di dalamnya pemain dapat menemukan informasi karakter dan berbagai dialog antara para karakter. Pemain dapat membuat berbagai perabotan dan merancang tata letak ruangan-ruangan dalam Asrama untuk meningkatkan tingkat kenyamanan Valkyrie dan Stigmata yang ada di dalamnya. Semakin tinggi tingkat kenyamanan, semakin tinggi level Asrama pemain, dan semakin banyak pilihan-pilihan perabotan yang dapat diperoleh pemain. Pemain juga dapat mengunjungi dan melihat dekorasi Asrama pemain lain.

Selain mekanisme cara bermain utama, di dalam game juga terdapat cara bermain sampingan yang bisa ditemui di dalam mode-mode mini game, termasuk di antaranya cara bermain bullet hell, platforming, dan shoot 'em up yang menghadiahkan pemain berbagai material untuk meningkatkan level Valkyrie atau bahan-bahan crafting. Selain itu, juga terdapat sistem Pekerjaan di dalam Markas, yang mana Valkyrie dapat memperoleh bahan crafting secara pasif dan meningkatkan atribut Valkyrie.

Event-event musiman dengan batas waktu juga menghadirkan cara-cara bermain lain yang tidak biasanya terlihat di waktu-waktu lain, seperti dungeon crawling dan battle royale.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Tempat dan Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kisah Honkai Impact 3 terjadi di zaman sekarang, namun di dalam versi dunia yang dilanda oleh bencana alam yang disebabkan oleh "Honkai". Kata yang berasal dari kata "Houkai", yang dapat diterjemahkan secara kasar menjadi "Kehancuran". Honkai adalah sesuatu kekuatan tidak memiliki massa, tetapi dipengaruhi oleh gravitasinya sendiri. Saat Honkai tenggelam ke dalam gravitasinya sendiri, ledakan energy terbentuk dan disebut dengan “impact”. Impact berkisar dari skala kecil yang dapat menyebabkan gempa bumi atau letusan gunung, sampai ke level yang membahayakan suatu planet. Honkai dapat berinteraksi dengan zat, bersatu, bermutasi, dan meniru. Honkai dikendalikan oleh makhluk tak dikenal yang hidup di luar dimensi ketiga. Dia memilih tubuh-tubuh manusia, yang disebut dengan "Herrscher", makhluk separuh manusia, separuh honkai yang memiliki insting untuk membunuh bagian manusianya, dan tunduk di hadapan kehendak Honkai. Yang membentuk tujuan kehidupan mereka, yaitu membasi kaum manusia. Pada inti dasarnya, Herrscher adalah kristal honkai yang dapat meniru kekuatan Herrscher apabila digunakan. Inti-inti Herrscher ini banyak diincar oleh berbagai organisasi karena kekuatannya yang besar, dan potensinya sebagai senjata perang. Setelah berhasil bertahan hidup melalui ledakan Honkai, berbagai organisasi terbentuk, di antaranya Schicksal, sebuah organisasi global yang kini dipimpin oleh Overseer Otto Apocalypse yang memulai program pelatihan wanita-wanita yang disebut “Valkyrie” guna melawan Honkai. Di sisi yang bertentangan dengan mereka terdapat organisasi Anti-Entropy, yang terbentuk dari Schicksal cabang Amerika Utara, lain dengan cara Schicksal, mereka menciptakan robot-robot berteknologi mutakhir dan berbiaya besar. Selain kedua organisasi besar tersebut, juga terdapat organisasi dan kekuatan-kekuatan lain yang mencari solusi untuk mengatasi ledakan Honkai yang tidak terelakkan.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Tiga Valkyrie yang masih dalam masa pelatihan, Kiana Kaslana, Mei Raiden, dan Bronya Zaychik, mengendarai Selene, sebuah pesawat tempur yang telah diambil alih oleh musuh. Saat berupaya menghentikan pesawat tempur agar tidak tertabrak, Bronya tiba-tiba terkendalikan oleh musuh dan menyerang kedua kawannya. Kiana dan Mei terpaksa menundukkan sahabatnya, Bronya. Setelah kesuksesan misi tersebut, para Valkyrie menjalani ujian kelulusan mereka di akademi St. Freya, di mana Kiana menerima suara misterius yang memberi informasi tentang orang tuanya yang hilang, Siegfried Kaslana dan Cecilia Schariac.

Tidak lama kemudian, para Valkyrie ditugaskan untuk pergi ke Schicksal Cabang Oceania untuk mendapatkan kembali Gem of Desire setelah ledakan Honkai yang membumi hanguskan area tersebut. Ketiga Valkyrie itu menemukan fakta mencengangkan, bahwa yang menyebabkan ledakan honkai adalah Wendy, dan di dalam tubuhnya tertanam Gem of Desire yang mereka cari. Ledakan honkai itu terjadi karena kebenciannya yang tak terbendung akan Schicksal yang bertanggung jawab atas kelumpuhan tubuhnya. Bronya lagi-lagi terkendalikan oleh musuh dan menyerang Wendy, memicu kemarahan Wendy dan mengubahnya menjadi bentuk Herrscher. Meskipun akhirnya Mei dan Kiana berhasil menundukkan kedua gadis itu, tetapi Anti-Entroy muncul, dan Bronya menculik Wendy dan Mei. Para Valkyrie melacak Anti-Entropy sampai ke ME Corp, dan setelah Bronya mengorbankan diri dengan menghancurkan biochip di dalam otaknya guna memutuskan kendali dari Cocolia, para Valkyrie berhasil melarikan diri bersama dengan Mei dan Bronya, meninggalkan Wendy seorang diri.

Setelah mencari-cari cara untuk membangkitkan kembali Bronya yang terluka, Theresa Apocalypse, sang kepala sekolah dari St. Freya, membentuk sebuah ruang data virtual untuk menemukan data mengenai biochip yang sebelumnya tertanam di otak Bronya. Dalam proses tersebut, Kiana terlemparkan ke dalam dunia virtual, di mana peristiwa pada tahun 2000, Siberia terbentuk kembali, saat-saat di mana Perang Honkai Kedua terjadi. Kiana bertemu dengan kedua orang tuanya, Siegfried dan Cecilia di dalam dunia replika tersebut. Seigfried terluka parah, sedangkan Kiana dan Cecilia berhasil bekerja sama dan mengalahkan Herrscher Kedua, Sirin. Saat Sirin terkalahkan, terungkap oleh Kiana, bahwa hal-hal yang dialaminya adalah ilusi semata yang terbentuk oleh Sirin atas kehendak-kehendak dalam hati Kiana. Akhirnya Kiana tertangkap oleh Fu Hua, dan dibawa ke Markas Schicksal.

Guna menyelamatkan Kiana, Theresa, Mei dan Himeko bekerja sama dengan kekuatan Anti-Entropy dan menyerbu Markas Schicksal, menembus pertahanan-pertahanan mereka dengan mengendarai Selene dan Hyperion. Saat para Valkyrie berhasil menembus ke dalam Markas Schicksal, Rita Rossweisse dan Fu Hua berhasil menangkap Himeko dan Tesla, dan Otto Apocalypse berhasil membangkitkan Sirin sepenuhnya dengan menggunakan tubuh Kiana sebagai medium. Sirin mengalahkan Mei, Theresa, dan seluruh pasukan Anti-Entropy, lalu bertarung dengan Fu Hua, dan sekaligus mencuri kekuatan Herrscher Ketiga. Akhirnya, Himeko dan Tesla, dengan bantuan Fu Hua, menemukan sebotol serum Anti-Honkai dan sebuah prototype Battlesuit yang diperkuat dengan kekuatan Herrscher. Menaklukkan ketakutannya, Himeko dengan Battlesuit tersebut datang untuk menantang Sirin kembali, dan bertarung dengan segala kemampuannya. Einstein menggunakan meriam Selene untuk menyerang Sirin, dan memaksanya untuk melarikan diri ke dunia virtual, dan Himeko tertarik bersamaan ke dalamnya. Saat pertarungan berlangsung, Himeko berhasil menyuntikkan serum Anti-honkai ke dalam tubuh Sirin, dan mengembalikan bentuknya menjadi Kiana. Setelah kekalahan dan kehilangan yang luar biasa, Valkyrie dan pasukan Anti-Entropy yang tersisa pun mundur, dan yang tersisa hanyalah dunia yang telah hancur karena serangan seorang Sirin. Setelah kejadian tersebut, tubuh Himeko dan Kiana tidak berhasil ditemukan.

Empat bulan setelah serangan Sirin, Mei, Theresa, dan Bronya menyusun sebuah pertemuan dengan seorang penjual intel bernama Gray Serpent di Arc City, seseorang yang mengaku memiliki informasi tentang Herrscher of the Void, namun ketiga Valkyrie tidak mengetahui, bahwa Otto Apocalypse juga telah mengirim Rita untuk mendapatkan informasi tersebut. Rita Tampak berhasil membunuh Gray Serpent dan mendapatkan implan sibernetika, dan membuat para Valkyrie tertangkap oleh robot wanita bernama Ningyo. Sebelum mereka berhasil mendapatkan informasi apapun dari Ningyo, Rita menghalau Valkyrie, mencuri data, dan membersihkan ingatan Ningyo. Oleh kontrak yang dibuat oleh Cocolia, Einstein dan Tesla berupaya untuk mengembalikan ingatan Ningyo yang telah dihapuskan, karena Cocolia berjanji kepada mereka untuk membantu mereka mendapatkan Gem of Desire. Gray Serpent, yang mengupayakan pembalasan dendam atas pencurian Valkyrie akan Ningyo, meretas sistem Selene. Saat Bronya mengikuti Gray Serpent ke dalam dunia virtual, dia memerangkap Bronya di dalam labirin data dalam ingatan Bronya, untuk melumpuhkannya. Meskipun Bronya berhasil kabur pada akhirnya, tetapi dia melihat rekaman di mana Herrscher Pertama Welt Young, dan Einstein bertarung melawan World Serpent, yang saat ini tersegel di dalam Sea of Quanta.

Bronya, Theresa, dan Einstein menjelajahi The Deep, di mana tanpa diduga Bronya bertemu kembali dengan Cocolia dan sahabatnya di masa kecil, Rozaliya dan Liliya. Dan Cocolia memberitahu ketiga gadis itu, bahwa Gem of Desire telah hilang di dalam Sea of Quanta, dan bagaimanapun caranya, mereka harus berhasil mendapatkannya kembali. Saat Einstein bersiap untuk memasuki Eye of the Deep, sebuah portal yang terhubung ke dalam Sea of Quanta, Bronya berusaha untuk berbaikan dengan Cocolia. Tetapi, Einstein menyadari Cocolia tengah berencana dan bekerja sama dengan Gray Serpent, Gray Serpent pun segera menyerang Einstein, dan Einstein segera menghilang. Segerombolan Honkai Beast tiba-tiba muncul dari dalam Eye of the Deep dan menyerang mereka, membuat Bronya terpaksa untuk menyelam ke dalam Sea of Quanta seorang diri.

Di dalam lautan itu, Bronya bertemu dengan Joachim, yang merupakan serpihan dari Herrsher pertama, Welt Young. Joachim lalu mengirim Bronya ke dalam beberapa bubble universe sebagai ujian untuknya, di mana Bronya bertemu kembali dengan Seele Vollerei, sahabat terbaik Bronya di masa kecil, yang terperangkap di dalam status quantum karena proyek eksperimen X-10 yang dilakukan bertahun-tahun lalu. Dalam upayanya menuntun Seele keluar dari Quanta, mereka sama-sama bertekad untuk keluar bersama-sama.

Setelah membersihkan bubble universe dari makhluk-makhluk quantum, jiwa Stigmata Seele yang gelap, Veliona, bekerja sama dengan World Serpent yang menjanjikan kebebasannya sebagai ganti Core of Reason. Merasuki tubuh Seele, Veliona menantang Bronya untuk mengambil Core of Reason. Dengan upaya luar biasa, Bronya berhasil menaklukkan Veliona, dan memulihkan kepercayaan diri Seele bahwa Bronya jauh lebih dapat diandalkan dibanding World Serpent. Pertarungan mereka membuat labirin quanta tidak stabil, dan mengacaukan bubble universe, dan mengembangkan Honkai Beast menjadi Chimera Beast level Emperor, Tlaloc. Saat bubble universe hancur, Seele dan Bronya terpisahkan sekali lagi, mengantarkan mereka ke dalam quanta yang lebih dalam lagi.

Dengan lukanya yang parah, Bronya berhasil menembus bubble universe, mencapai jantung dari labirin quanta, dan menemukan Seele bersamaan dengan Gem of Desire. Bronya pun menggenggam erat Honkai Core, yang dia kira merupakan gem of Desire, dan membuat labirin tersebut runtuh menimpa tubuhnya, bersamaan dengan ledakan radiasi yang kuat, Bronya pun kehilangan nyawanya seketika. Namun, kemampuan pembentukan yang Seele dapatkan dari kekuatan Herrscher, mampu membangkitkan kembali Bronya dan menguatkan kekuatan Herrscher Core, dan memampukan Bronya untuk mengendalikan kekuatan Herrscher of Reason.

Seele terbangun di sebuah tempat yang sama sekali asing, dikelilingi gedung dengan teknologi mutakhir. Setelah berdiskusi dengan Veliona dalam hati, mereka sepakat bahwa mereka ada di dalam bubble universe yang terletak di dalam labirin setelah terpisah dengan Bronya. Sebelum mereka dapat menganalisa penuh ruangan di mana mereka terperangkap, pintu tiba-tiba terbuka dan terlihat seorang ahli pedang cantik yang memperkenalkan dirinya sebagai Sakura. Sakura memberitahu Seele bahwa dia datang untuk menemukan adik perempuannya Rin, yang diyakini menculik Rin setelah tubuh Rin menunjukkan gejolak radiasi Honkai dengan kekuatan yang setara dengan Herrscher sebelumnya. Seele dan Sakura memutuskan untuk bekerja sama dan menemukan dua orang yang mereka cari, dan keluar dari tempat ini bersama-sama.

Masuk lebih dalam ke fasilitas Fire Moth, mereka bertemu dengan seorang berserker bermata dingin dan berambut perak yang bernama Kevin, yang sebelumnya berada di tim yang sama dengan Sakura. Sakura segera menggunakan kemampuan pedang Primordial Frozen Narak miliknya untuk membekukan gerakan partikel di dalam radius kecil untuk menghentikan gerakan Kevin, karena dia tahu persis perbedaan kekuatan antara mereka dan seorang pemegang Divine Key. Setelah berhasil menghindari pertarungan dengan Kevin, mereka berhadapan dengan pasukan yang telah diubah menjadi zombie honkai, yang jumlahnya terus bertambah seiring semakin dalam mereka berjalan, yang juga menandakan terdapat kebocoran dalam kurungan fasilitas. Upaya mereka menghindari para zombie semakin lama semakin sulit, gelombang yang tidak terlihat mengenai Seele, dan tubuhnya kejang-kejang berupaya untuk tetap sadarkan diri. Dan Stigmatanya yang sesungguhnya bereaksi terhadap meningkatnya radiasi Honkai, menandakan kelahiran seorang Herrscher.

Sakura pun akhirnya tiba di lantai di mana Rin dikurung, dan tanpa diduga, dia menyaksikan dengan mata kepala sendiri sebuah pemandangan yang teramat menyedihkan. Kevin muncul dari ujung lorong, dan menjelaskan kepada mereka, dan mengucapkan dukanya kepada Sakura, mengatakan bahwa dia baru saja tiba sebelum kedua gadis tersebut, dan dia membasmi habis semua anggota grup Fire Moth yang ditugaskan untuk menjamin keamanan Rin namun malah membangkang dan memutuskan untuk membunuhnya. Asumsi Fire moth benar, bahwa meskipun usia muda Rin dapat menunda kebangkitan Stigmatanya, dan membuatnya sama sekali tidak berbahaya, tetapi dia tetap tidak dapat mengendalikan kekuatan tersebut, dan insting Herrscher dalam tubuhnya teraktifkan saat dia menghembuskan nafas terakhirnya, menyebarkan virus yang memiliki kesadaran sendiri, yang juga dapat merasuk ke dalam mesin, dan memicu peluncuran senjata nuklir di kota-kota besar seluruh planet.

Tidak berdaya menahan kesedihan dan kehancuran hatinya saat melihat mayat adiknya, Sakura mengangkat Frozen Naraka miliknya dan menghalau zombie-zombie yang mengelilingi mereka, agar Kevin dan Seele dapat melarikan diri dengan selamat. Saat Kevin dan Seele keluar dari lantai itu, bubble universe pun teruraikan menjadi quanta yang besar, mengungkapkan bahwa bubble universe ini bukanlah bagian dari labirin, melainkan kepingan ingatan Kevin, yang kini berdiri di dekat Seele sambal menggenggap Gem of Desire, dan memberitahu bahwa Seele tiba di tempat ini karena jati diri sesungguhnya Kevin adalah World Serpent yang selama ini bernegosiasi dengan Veliona, sisi gelap Seele.

Tidak lama kemudian, Bronya pun tiba melindungi Seele dan meyakinkannya untuk tidak mempercayai Kevin. Kevin mengendalikan Core dalam tubuh Bronya, memecahkan keseimbangan akan kendali Bronya, memaksanya untuk melepaskan Core secara paksa, dan membuatnya menderita keracunan radiasi yang parah. Dengan segera Seele datang untuk membantu Bronya, kini Core telah terpisahkan, dan sesaat kembali menjadi wujud Joachim, yang menyatakan bahwa dia masih hidup, dan siap untuk melindungi Bronya dan Seele.

Joachim tidak memiliki kemampuan mengendalikan Core sekuat Herrscher of Reason. Tetapi, dia dapat membentuk jalur komunikasi dengan Einstein, dan dapat mengunci lokasi pasti mereka untuk membukakan portal. Dia hanya mampu memberikan sesaat waktu bagi Bronya dan Seele sebelum gagal menahan kekuatan World Serpent, dan dia pun kembali ke dalam Core demi keselamatannya. Kevin dengan sergap memanfaatkan kesempatan ini untuk keluar dari Quanta menggunakan portal yang terbuka oleh Einstein, meninggalkan para anggota Cocolia’s Orphanage, dan dunia Quanta. Meraka berhasil melarikan diri, dan welt menyerahkan kekuatan Herrscher of Reason kepada Bronya. Tidak lama setelah itu, Tlaloc, monster yang ada di dunia Quanta bangkit dan menyerang anggota Cocolia's Orphange. Bronya menyerang Tlaloc, dan Tlaloc berhasil dikalahkan.

Kiana, yang sudah bisa mengontrol kekuatan Herrscher-nya sedang mencari cara untuk pulang. Namun, dalam perjalanan pulang, dia sedang diancam oleh Rita atas perintah Otto Apocalypse untuk menangkapnya dan dijadikan bahan eksperimen. Saat Kiana sedang mencari jalan pulang, tiba-tiba Rita datang dan menyerangnya. Namun, sosok misterius dengan cepat membawa Kiana pergi tanpa diketahui oleh Rita. Kiana menyadari bahwa sosok yang menyelamatkannya adalah sahabatnya, Bronya.

Saat mereka sudah hampir sampai, sekelompok Aesir menyerang mereka berdua. Semua Aesir berhasil dikalahkan. Namun tanpa diketahui, satu Aesir yang masih hidup langsung menyerang Kiana. Sayangnya, Bronya melindungi Kiana dan tertusuk pedang yang digunakan Aesir. Aesir melarikan diri dan Kiana berhasil pulang dan menemui para Valkyrie. Namun, sayangnya Bronya jatuh koma karena serangan Aesir tersebut.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Valkyrie[sunting | sunting sumber]

Sebutan Valkyrie diciptakan oleh Otto Apocalypse, yang berarti wanita-wanita petarung dengan daya tahan tubuh yang luar biasa terhadap kekuatan Honkai. Mereka direkrut oleh Schicksal dan dilatih dengan keras untuk menjadi pasukan berkekuatan super untuk bertarung melawan Honkai dan melindungi kelangsungan bangsa manusia. Di dalam game, pemain berperan sebagai seorang Kapten yang memimpin Squad No. 5 dari Divisi Timur Schicksal.

Kiana Kaslana (キアナ・カスラナ, Kiana Kasurana)
Pengisi suara: Dian Tao (陶典) (Chinese); Rie Kugimiya (Japanese)
Kiana Kaslana adalah seorang gadis muda yang periang, ceroboh, dan terkadang tidak banyak berpikir. Berperan sebagai salah satu protagonis di dalam kisah Honkai Impact 3, dia sebelumnya adalah seorang siswi Chiba Academy di Kota Nagazora saat ledakan 2014 terjadi, dan dia berhasil menundukkan Mei Raiden yang saat itu berubah menjadi seorang Herrscher. Theresa Apocalypse merekrutnya ke St. Freya High setelah insiden Nagazora berhasil dikendalikan. Kiana memiliki rasa sayang mendalam terhadap Mei, dan juga memiliki misi pribadi untuk menemukan ayahnya, Siegfried Kaslana yang menghilang saat dia berumur 12 tahun. Kisah Honkai Impact 3 mengungkapkan bahwa "Kiana" di dalam game sesungguhnya adalah hasil kloning dengan nama kode K423 dari Kiana Kaslana yang sesungguhnya, dibentuk menggunakan gabungan DNA Siegfried Kaslana dan Cecilia Schariac untuk menjadi medium Sirin, Herrscher Kedua.
Mei Raiden (雷電 芽衣, Raiden Mei)
Pengisi suara: 纯良少女小菊花酱 (Chinese); Miyuki Sawashiro (Japanese)
Mei adalah putri dari Ryoma Raiden, seorang CEO dan direktur dari ME Corp (Massive Electric Corporation), sebelumnya dihormati dan diidolakan oleh para teman-teman sekelasnya di Chiba Academy. Namun, tidak lama kemudian dia dikucilkan dan tidak lagi dianggap saat ayahnya, Ryoma difitnah akan penpuan dan tindak criminal ekonomi oleh Cocolia. Mei diubah paksa menjadi Herrscher Ketiga, Herrscher of Lightning, dan juga merupakan sebab dari insiden ledakan Nagazora, yang membinasakan seluruh penduduk kota tersebut, sebelum akhirnya berhasil ditaklukkan oleh Kiana. Theresa juga merekrutnya menjadi salah satu siswi St. Freya High, dan melatihnya menjadi seorang Valkyrie.
Bronya Zaychik (ブローニャ・ザイチク, Buronya Zaichiku)
Pengisi suara: hanser (Chinese); Kana Asumi (Japanese)
Bronya terlahir di Siberia pada tahun 2000, dan menjadi yatim piatu karena ledakan Honkai kedua pada tahun yang sama. Di masa kecilnya, dia dilatih menjadi pasukan di bawah umur, dan menguasai berbagai kemampuan membunuh sedari kecil. Pada tahun 2012, dia tertangkap oleh Cocolia (wanita yang merupakan sasaran tugas pembunuhan Bronya) dan diterima sebagai anak yatim piatu di yayasan Cocolia’s Orphanage. Beberapa waktu kemudian, terungkap bahwa Cocolia bekerja sama dengan Anti-Entropy, dan telah menjalankan berbagai eksperimen terhadap anak-anak yatim piatu di dalam yayasan. Bronya juga merupakan salah satu subyek eksperimen, dan membuatnya kehilangan sebagian fungsi perangsang emosi di dalam otaknya, dan membuat kakinya lumpuh. Namun, Bronya berhasil memperoleh kesadarannya kembali dengan sebuah robot simbiotik yang dikenal dengan sebutan Project Bunny 19C. Setelah perjalanannya ke dalam Sea of Quanta, Bronya mendapatkan kekuatan Herrscher, dan berubah menjadi Herrscher of Reason.
Himeko Murata (無量塔姫子, Murata Himeko)
Pengisi suara: Su Lin (林簌) (Chinese); Rie Tanaka (Japanese)
Ayah Himeko Murata adalah seorang peneliti bio teknologi yang bekerja untuk Schicksal. Himeko adalah seorang jenius prodigy, dan berhasil bergabung dengan Caltech di bidang fisika, tetapi dia memilih untuk mengakhiri karier akademiknya dan bergabung dengan Valkyrie Schicksal setelah ayahnya terbunuh di suatu kecelakaan Honkai dalam penelitiannya. Meskipun Himeko tidak memiliki daya tahan yang kuat terhadap Honkai, kerja kerasnya selalu berhasil menutupi semua kekurangannya.
Theresa Apocalypse (テレサ・アポカリプス, Teresa Apokaripusu)
Pengisi suara: Sky Hualing(Sky花玲) (Chinese) ; Yukari Tamura (Japanese)
Theresa adalah hasil kloning yang diciptakan pada tahun 1972 oleh Overseer Otto Apocalypse. Theresa merupakan hasil kloning seorang Valkyrie legendaris, Kallen Kaslana, yang dibentuk dengan menggabungkan gen Kallen dengan gen seekor Honkai Beast bernama Vishnu. Karena alasan yang tidak diketahui sampai saat ini, tubuhnya tidak dapat bertumbuh melebihi umur 12 tahun. Tetapi, karena perasaannya terhadap Kallen, Otto memutuskan untuk mengadopsi Theresa sebagai cucunya, dan memberinya nama Theresa Apocalypse. Theresa memiliki kekuatan yang hebat sebagai seorang Valkyrie, dia merupakan seorang petarung di barisan depan saat ledakan honkai kedua terjadi, dan salah satu Valkyrie yang berhasil selamat. Akhirnya dia memutuskan untuk mendirikan St. Freya High di Divisi Timur.
Fu Hua (フカ, Fuka)
Pengisi suara: BananaMace (Chinese); Minami Takayama (Japanese)
Fu Hua adalah ketua kelas Kiana, Mei, dan Bronya di St. Freya High dan juga dianggap sebagai murid terbaik, baik oleh Theresa maupun Himeko.
Sakura Yae (八重 桜, Yae Sakura)
Pengisi suara: Ayane Sakura (Japanese)
Seorang Miko di Yae Shrine dari 500 tahun yang lampau. Adik Yae Sakura, Yae Rin dikorbankan oleh seluruh penduduk desa untuk menyenangkan dewa yang mereka puja, menimbulkan kebencian yang perlahan semakin menguat di dalam hatinya terhadap orang-orang yang telah dia sumpah untuk lindungi. Setelah bertemu dengan Kallen Kaslana, dan merawatnya sampai pulih, kedua gadis itu semakin akrab, dan menjalin hubungan yang intim. Namun, kekuatan Herrscher Kedua-belas yang merasuk tubuhnya memaksa Kallen untuk menyegelnya, bersama dengan Herrscher of the Erosion. Yae Sakura adalah protagonist utama dari kisah Open World "Sakura Samsara".
Kallen Kaslana (カレン・カスラナ, Karen Kasurana)
Pengisi suara: Nana Mizuki (Japanese)
Seorang anggota dari Keluarga Kaslana yang berasal dari 500 tahun lampau. Sebagai Valkyrie terkuat di sepanjang sejarah, Kallen meninggalkan Schicksal setelah dia mengetahui eksperimen mengerikan yang mereka lakukan, dia melarikan diri membawa sebuah kotak yang berisi kehendak dari Herrscher Kedua-belas, Herrscher of Erosion. Dalam pelariannya, dia diselamatkan dan dirawat oleh Yae Sakura, dan menjalin hubungan yang intim bersamanya. Tetapi, dia terpaksa untuk menyegel kekasihnya yang telah terkendalikan oleh kekuatan Herrscher Kedua-belas.
Rita Rossweisse (リタ・ロスヴァイセ, Rita Rosuvaise)
Pengisi suara: Aoi Yuuki (Japanese)
Rita adalah seorang pelayan yang bekerja untuk markas Schicksal, seorang Valkyrie Rank-S, wakil kapten dari kelompok Immortal Blades, dan memiliki pangkat sebagai ajudan Durandal. Dia adalah seorang pembunuh kelas tertinggi, dan seorang petarung yang ternyata bekerja sebagai kekuatan utama Otto Apocalypse. Rita, dengan jiwa melayaninya, selalu sopan terhadap siapapun, termasuk musuh-musuhnya, dan selalu menjunjung tinggi kebersihan. Namun, di sisi lain, dia juga keji, teratur, cermat, dan pandai. Dia tidak pernah takut untuk membunuh siapapun yang menghalanginya untuk mencapai tujuan. Rita terbukti sebagai salah satu musuh terkuat para Valkyrie setelah mereka meninggalkan Schicksal.
Rozaliya Olenyeva (ロザリヤ・アリーン, Rozariya Ariin)
Pengisi suara: Aoi Koga (Japanese)
Kakak tertua dari Si Kembar Olenyeva. Dia dan saudari kembarnya, Liliya, membentuk regu idola yang mereka namai Vodka Girls. Dibandingkan adik perempuannya, sifatnya lebih periang dan semena-mena.
Liliya Olenyeva (リリヤ・アリーン, Ririya Ariin)
Pengisi suara: Yuu Serizawa (Japanese)
Adik bungsu dari Si Kembar Olenyeva. Dia dan saudari kembarnya, Rozaliya, membentuk regu idola yang mereka namai Vodka Girls. Dibandingkan kakak perempuannya, sifatnya lebih pendiam dan datar tanpa emosi.
Seele Vollerei (ゼーレ・フェレライ, Zeere Fererai)
Pengisi suara: Mai Nakahara (Japanese)
Seorang gadis yang tumbuh di Cocolia's orphanage, dan sahabat terbaik Bronya. Sifatnya pemalu dan penakut, tetapi sangat periang dan ramah saat bersama dengan Bronya. Dia sering kali diusili oleh Sin Mal, yang selalu menyebutnya "bodoh". Seiring berjalannya cerita, ditemukan bahwa Seele memiliki Stigmata di dalam tubuhnya, yang membentuk kepribadian ganda di dalam tubuhnya, kepribadian yang kejam. Setelah mengetahui bahwa Bronya telah terpilih untuk menjadi subyek eksperimen X-10 Cocolia, dia tanpa ragu menawarkan diri untuk menggantikan Bronya. Tetapi, terjadi kesalahan di dalam eksperimen, dan tubuhnya lenyap, memasuki dunia quantum.
Otto Apocalypse (オットー・アポカリプス, Ottoo Apokaripusu)
Pengisi suara: Akira Ishida (Japanese)
Seorang Overseer yang memimpin Schicksal, dia membentuk Theresa dan mengadopsinya sebagai cucunya sendiri. Di luar perangainya yang penuh dengan karisma, orang-orang di luar Schicksal mengenalnya sebagai seorang yang kejam dan tanpa rasa ampun sedikitpun. Seiring berjalannya cerita, diketahui bahwa tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan kekuatan penghancur terbesar, dengan membangkitkan kekuatan Herscher Kedua di dalam tubuh Kiana, dan membangkitkan jiwa Kiana di dalam tubuhnya, menciptakan manusia dengan kekuatan Herrscher.
Ai-chan (戦艦AI, Aichan)
Pengisi suara: Yui Horie (Japanese)
Sebuah robot dengan kepandaian buatan manusia, yang mengendalikan seluruh sistem di dalam Schicksal.
Siegfried Kaslana (ジークフリート・カスラナ, Jiikufuriito Kasurana)
Pengisi suara: Tomokazu Seki (Japanese)
Ayah kandung Kiana yang hilang sejak Kiana berumur 12 tahun. Dia memiliki senjata Judgement of Shamash, yang kekuatannya dia gunakan sepenuhnya saat melawan Sirin di dalam Perang Honkai Kedua, dan dianggap meninggal karena luka yang dia derita saat menggunakan senjata tersebut. Siegfried memiliki sifat yang ceria, santai, dan selalu tanpa beban, juga dikenal sebagai pria yang senang memikat banyak wanita. Penampilannya terlihat muncul di hadapan Kiana di dalam salah satu halusinasi Kiana.
Cecilia Schariac (セシリア・シャニアテ, Seshiria Shaniate)
Pengisi suara: Yuu Kobayashi (Japanese)
Ibu kandung Kiana yang telah wafat. Diketahui sebagai seorang Valkyrie terkuat di msanya, Cecilia terbunuh saat Schicksal memutuskan untuk menjatuhkan senjata nuklir di Siberia dalam pertarungan melawan Sirin, Herrscher Kedua. Penampilannya terlihat muncul di hadapan Kiana di dalam salah satu halusinasinya, menunjukkan sosok seorang ibu yang penuh kasih, dan mengasihi Kiana.
Durandal (デュランダル, Dyurandaru)
Pengisi suara: Mamiko Noto (Japanese)
Seorang Valkyrie Rank-S yang menggunakan senjata Black Orchid dan White Lily, senjata yang sebelumnya digunakan oleh Cecilia.

Kubu Afiliasi Anti-Entropy[sunting | sunting sumber]

Cocolia (ククリア)
Pengisi suara: Misa Katou (Japanese)
Albert Einstein (アインシュタイン, Ainshutain)
Pengisi suara: Mitsuki Saiga (Japanese)
Nikola Tesla (テスラ, Tesura)
Pengisi suara: Ayana Taketatsu (Japanese)
Joachim Nokianvirtanen (ヨアヒム, Yoahimu)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya, Mariya Ise (young) (Japanese)
Seorang guru sejarah di St Freya High School. Dia adalah seorang Herrscher of Reason generasi kedua, yang akhirnya diwarisi oleh Bronya. Sebagai seorang Herrscher, dia memilih untuk menggunakan nama Welt Yang, yang diambil dari nama pendahulunya, yaitu Welt Joyce.
Sin Mal (シン マール, Shin Maaru)
Pengisi suara: Sumire Uesaka (Japanese)

Herrschers[sunting | sunting sumber]

Welt Joyce (ヴェルト ヨウ, Veruto You)
Herrscher Pertama. Dikenal sebagai Herrscher of Reason.
Sirin (シーリン, Shiirin)
Pengisi suara: Sakura Tange (Japanese)
Herrscher Kedua, yang juga dikenal dengan nama Herrscher of the Void. Sirin memiliki kemampuan untuk mengendalikan ruang dan dimensi, memasukkan benda-benda di sekitarnya ke dalam dimensi buatannya sendiri. Di dalam Perang Honkai Kedua, Sirin terbunuh bersama dengan Cecilia Schariac oleh Schicksal saat senjata nuklir dijatuhkan di Siberia. DNA miliknya yang tersisa akhirnya digunakan untuk menciptakan K423, tubuh cloning dari Kiana Kaslana, yang mengandung jiwa Sirin di dalamnya. Jiwa Sirin dibangkitkan kembali oleh Otto Apocalypse saat K423 tertangkap oleh Fu Hua, dan disuntikkan dengan energy Honkai yang luar biasa banyak. Namun pada akhirnya berhasil ditaklukkan oleh Himeko Murata, membuat Kiana dapat mengendalikan kembali tubuhnya. Sirin memiliki sifat yang sangat angkuh, tak berperasaan, dan membenci kaum manusia dan menganggap manusia sebagai serangga yang harus dibasminya.
Wendy (ウェンディー, Wendii)
Pengisi suara: Ryouko Maekawa (Japanese)
Herrscher Keempat. Seorang gadis lumpuh yang telah disatukan dengan Gem of Desire. Setelah menjalankan operasi oleh Schicksal, dia kehilangan kendali akan kedua kakinya, menimbulkan kebencian yang mendalam terhadap Schicksal, yang pada akhirnya menciptakan ledakan honaki besar. Setelah insiden tersebut, dia menjalin hubungan yang akrab dengan Bronya, yang juga mengalami perlakuan semena-mena di masa kecilnya, tetapi kesadaran Bronya yang dikendalikan oleh Cocolia menyerang Wendy, dan Wendy yang dipenuhi kesedihan dan kekecewaan membuatnya berubah menjadi wujud Herrscher. Pada akhirnya dia berhasil dikalahkan oleh Mei dan Kiana, tetapi tertangkap oleh Anti-Entropy, dan dibawa ke ME Corp untuk penelitian lebih lanjut.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Grafis dan seni[sunting | sunting sumber]

Honkai Impact 3 menghadirkan gerakan animasi karakter dengan gaya anime cel shading. Di dalam game, pemain dapat mengendalikan berbagai karakter (biasanya Valkyrie) yang ditampilkan dari sudut-ketiga. Senjata juga ditampilkan dalam bentuk model 3D yang ditampilkan saat bertarung. Beberapa senjata memiliki efek special saat menyerang. Game ini juga memiliki berbagai ilustrasi 2D untuk Stigmata, yang mana banyak di antaranya berbentuk para karakter wanita saat mereka berumur lebih muda.

Animasi[sunting | sunting sumber]

Di dalam game juga terdapat berbagai gambar animasi diam, dan animasi bergerak yang menampilkan cerita Honkai Impact 3. Animasi kisah ini termasuk Will of the Herrscher, Final Lesson, dan Cyberangel: ZERO Exception . Sebuah video, Reburn dirilis lebih awal dari Will of the Herrscher dan Final Lesson meskipun animasi itu mengisahkan cerita jauh setelah kedua kisah tersebut. miHoYo juga merilis beberapa video MMD di mana para karakter berdansa seiring dengan lagu pop Jepang sebagai demo teknologi mereka, di antaranya terdapat tarian Kiana Kaslana Gokuraku Jodou (oleh GARNiDELiA ),[1] tarian Mei Raiden Kimiiro ni Somaru (oleh Nishizawasan- P),[2] dan tarian Yae Sakura Tougen Renka (oleh GARNiDELiA ).[3]

Audio dan musik[sunting | sunting sumber]

Lagu Honkai Impact 3 ditulis, dikomposisi, dan dimainkan secara internal. Menghadirkan irama tekno dan melodi yang sesuai dengan atmosfir adegan, atau pertarungan dengan kecepatan tinggi. Beberapa lagu yang disertakan di dalam animasi juga ditulis oleh miHoYo, dan dinyanyikan oleh penyanyi ternama, termasuk di antaranya Befall yanmg dinyanyikan oleh Shang Wenjie, Nightglow oleh Tanya Chua, dan Cyberangel oleh Hanser, pengisi suara Tionghua Bronya Zaychik.

Karakter-karakter utama juga memiliki suara yang tersedia dalam Bahasa Tionghua dan Jepang.

Manga[sunting | sunting sumber]

Honkai Impact 3 juga menghadirkan serangkaian seri manga dalam Bahasa Tionghua dan Inggris. Manhua dimulai dari Bab 1, dari kisah utama dalam game, yang menunjukkan kisah utama game dalam bentuk yang lebih merinci. Beberapa Battlesuit yang dapat dimainkan di dalam game juga ditampilkan di dalam manga. Manga Honkai Impact 3 sejauh ini memiliki 3 seri prekuel dan satu seri utama. Patut diperhatikan, hasil translasi resmi global dan hasil translasi yang dibuat dari server beta CN memiliki perbedaan yang cukup besar.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

IGN melaporkan bahwa jumlah unduh total Honkai Impact 3 mencapai 35 juta unduhan di seluruh dunia pada 28 Maret 2018.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web resmi-asia </br> Situs web resmi-global </br> Situs web resmi-tw </br> Situs web resmi-kr </br>