Holly Balay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Holly Balay
Foto Pura Pura Dalam Penjara
Lahir(1988-06-30)30 Juni 1988
Jakarta, Indonesia
Pekerjaankomedian
Dikenal atasHolly Holly Balay Balay dan Pesulap Tersakti Didunia

Holly Balay nama lengkap Rusman Rizky Holly Balay (30 Juni 1988) adalah seorang komedian berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan sepuluh besar Indonesia's Got Talent (musim 3) yang disiarkan oleh RCTI tahun 2022. Pada kompetisi tersebut ia menampilkan bakat pesulap komedi dengan gelar yang ia ciptakan Pesulap Tersakti Didunia. Ia mempunyai karakter yang sangat unik serta tampilan yang ikonik. Jargon yang sering ia tampilkan selama kompetisi tersebut adalah Holly Holly Balay Balay Ha Ha Ha Ha. Mejiik.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Holly Balay lahir di Jakarta pada 30 Juni 1988. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Ia merupakan keturunan Madura. Ayahnya bernama Holianto yang bekerja sebagai pelaut dan Ibunya bernama Rohilah yang bekerja sebagai ibu rumah tangga . Ia mempunyai saudara laki laki bernama Heri Holi Pranata dan Saudara Perempuan bernama Mila Holi Sari dan Eno Lerian Holi Soka.

Perjalanan Karier Komedi[sunting | sunting sumber]

2018: Sekolah Stand up Comedy

Holly Balay mengawali komedinya dimulai dari sekolah stand up comedy yang bernama Indonesia School of Comedy (ISOC) milik Ramon Papana. Disekolah tersebut ia diajarkan berbagai macam teknik stand up comedy, serta cara bersikap sebagai komedian. Saat inilah tercipta jargon komedi Holly Holly Balay Balay.


2018: Bergabung dengan Komunitas Sulap

Holly Balay mencoba mengembangkan komedinya melalui jalur sulap. Ia bergabung dengan komunitas Mindonesia dengan presidennya saat itu Indra Frenos. Dikomunitas tersebut ia diajarkan integritas dalam berseni sulap.


2019: Bergabung dengan PASKI

Holly Balay mencoba bergabung dengan komunitas PASKI namun ia diminta untuk menjadi group lawak maka ia mencoba membentuk group lawak yang bernama Pansos, Anggota dari group lawak tersebut adalah Holly Balay, Mak Ira, dan Irwan Chan. Namun group lawak tersebut tidak berlangsung lama.


2022: Indonesia's Got Talent (musim 3)

Holly Balay mengikuti ajang tersebut dengan menampilkan bakat sebagai pesulap komedi melalui daring, dengan cara mengupload video bakat ke aplikasi RCTI+ , Tiktok dan Instagram. Informasi masuk ketahap selanjutnya dikirimkan melalui email beberapa bulan kemudian. Ia diminta untuk menampilkan sulap komedinya kembali secara langsung didepan produser eksekutif. Setelah beberapa minggu kemudian ia diinformasikan bahwa ia masuk untuk tahap Selanjutnya.

Penampilan pada Indonesia's Got Talent (musim 3)
Tanggal Tahap Juri
08 Agustus 2022 Audisi 1 Ivan Gunawan

Reza Oktovian

Nazril Irham

Denny Sumargo

29 Agustus 2022 Judge Cuts 1 Ivan Gunawan

Reza Oktovian

Rossa

Denny Sumargo

12 September 2022 Quarter Final 1 Ivan Gunawan

Reza Oktovian

Rossa

Denny Sumargo

19 September 2022 Semi Final Ivan Gunawan

Reza Oktovian

Rossa

Denny Sumargo

26 September 2022 Road to Grand Final Ivan Gunawan

Reza Oktovian

Rossa

Denny Sumargo

Program Telivisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]