Henry David Levyssohn Norman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Mr. H.D. Levyssohn Noman

Henry David Levyssohn Norman (lahir di Den Haag, 21 Juni 1836 – meninggal di Den Haag, 9 Desember 1892 pada umur 56 tahun) adalah seorang politikus Belanda.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Levyssohn Norman memperoleh gelar doktor dari Universitas Leiden pada tanggal 31 Januari 1857 dalam Hukum Romawi dan Modern dalam disertasinya De Britse heerschappij over Java en Onderhorigheden, 1811-1816 (Kekuasaan Britania atas Jawa dan Tanah Jajahannya). Pada tahun yang sama, ia lulus ujian pegawai negeri untuk dinas di Hindia Belanda (kini Indonesia) dan pergilah ia ke Batavia (kini Jakarta), dan ditempatkan sebagai sekretaris umum gubernur jenderal.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Juli 1850, Levyssohn Norman diangkat sebagai pejabat tinggi di Sekretariat Umum. GubJend. Charles Ferdinand Pahud merasa terkesan dengan Levyssohn Norman dan mengizinkannya melakukan perjalanan bersama ke Priangan, di mana Levyssohn Norman berkenalan dengan penghulu besar Limbangan (kini Garut), Raden Haji Muhamad Musa dan Residen Galuh, Raden Adipati Aria Kusuma Diningrat. Pada tahun yang sama, ia diangkat sebagai pegawai utama, lalu pada tanggal 14 Mei 1862 menjadi administrator, pada tanggal 19 November 1864 menjadi sekretaris gubernemen dan pada tanggal 2 Mei 1869 menjadi sekretaris gubernemen utama.

Direktur Komite Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 18 Desember 1869, Levyssohn Norman diangkat sebagai Direktur Komite Dalam Negeri. Ia mengajukan sejumlah proposal dan membuat berbagai peraturan mengenai dinas perburuhan, penghapusan pantjens, penyewaan tanah, budi daya kopi yang disebut peraturan Priangan, implementasi hukum tentang penarikan progresif otoritas besar budi daya gula impor, kayu hutan, dsb. Di samping itu, ia juga banyak membantu menetapkan sejumlah peraturan, yang menghasilkan UU Agraria 9 April 1870 dan Dekret Kerajaan terkait pada tanggal 24 Juli 1870.

Sekretaris Umum[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1872, ia diangkat sebagai Ksatria dalam Orde Singa Belanda dan pada tanggal 4 Maret 1874, Levyssohn Norman diangkat sebagai sekretaris umum gubernur jenderal James Loudon. Hal itu membuatnya diikutkan dalam inspeksi daerah umum di Jawa dan Madura untuk sosialisasi penegakan perundangan agraria tersebut yang telah disahkan sejak tanggal 9 April 1870. Pada bulan Maret 1877 Levyssohn Norman menemani GubJend. baru Johan Wilhelm van Lansberge dalam perjalannya Aceh yang saat itu masih dilanda perang. Berdasarkan Surat Keputusan 27 Mei 1877, ia ditunjuk ke Dewan Hindia Belanda namun setelah beberapa bulan ia kembali ke Belanda dengan alasan kesehatan. Setelah itu, ia menghabiskan masa 3 tahun dalam posisi ini hingga tanggal 28 Desember 28 Desember 1883, ketika ia diberhentikan dengan hormat.

Komisi dan dewan[sunting | sunting sumber]

Levyssohn merupakan sekretaris, kemudian pimpinan College van Curatoren (Majelis Kurator/Wali) Gymnasium Koning Willem III School te Batavia, direktur dan sekretaris (kemudian anggota kehormatan) Bataafs Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (Perhimpunan Seni dan Ilmu Pengetahuan Batavia), anggota dewan Nederlands-Indische Maatschappij van Landbouw en Nijverheid (Serikat Pertanian dan Industri Hindia Belanda), ketua Komisi Perairan dan Komisi Penanggulangan Bencana, dsb.

Belanda[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1888, Levyssohn Norman dengan suara mayoritas di distrik pemilihan Rotterdam terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Belanda, di mana ia ikut gerakan liberal. Di Belanda, ia menjadi anggota Maatschappij der Nederlandse Letterkunde (Serikat Sastra Belanda) di Leiden, Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde, Indisch Genootschap, Koninklijk Nederlands Aardrijkskundig Genootschap, dll. Selain sebagai Ksatria di Orde van de Nederlandse Leeuw, ia juga Perwira Besar dalam Orde Mahkota Siam, Perwira di Orde Mahkota Italia dan Légion d'honneur. Ia bersahabat dengan Günther von Bültzingslöwen, konsul Jerman di Surabaya.

Sumber[sunting | sunting sumber]