Hayop Ka!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hayop Ka!
SutradaraAvid Liongoren
Produser
Ditulis oleh
  • Manny Angeles
  • Paulle Olivenza
Pemeran
Penata musikLen Calvo
PenyuntingAvid Liongoren
Jether Amar
Manny Angeles
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 29 Oktober 2020 (2020-10-29)
Durasi73 menit
NegaraFilipina
Bahasa

Hayop Ka! (terj. har.'You Are an Animal!', di kata-kata kotor berarti "you animal!" dalam bahasa Inggris), juga dikenal sebagai Hayop Ka! (You animal!),[1] Hayop Ka! The Nimfa Dimaano Story,[2] dan You Animal!,[3] adalah film komedi romantis animasi dewasa Filipina tahun 2020 yang disutradarai oleh Avid Liongoren.[4] Film ini menampilkan pengisi suara yang diisi oleh Angelica Panganiban, Robin Padilla, dan Sam Milby. Panganiban menyuarakan Nimfa, seekor kucing antropomorfik yang bekerja sebagai penjual parfum dan pacarnya, seekor anjing kampung bernama Roger (Padilla), bekerja sebagai petugas kebersihan. Ketika Nimfa bertemu Iñigo (Milby), seekor anjing kaya dengan karir sebagai pengusaha terkenal, dia menemukan dirinya berada di tengah cinta segitiga.[1][2][5]

Diproduksi oleh Rocketsheep Studio dan Spring Films, film ini dirilis pada 29 Oktober 2020 di Netflix di wilayah tertentu.

Hayop Ka diumumkan sebagai seleksi resmi untuk kompetisi utama di 2021 Festival Film Animasi Internasional Annecy, menjadi film fitur animasi Filipina pertama.[6] CNN Philippines dan sutradara Avid, mengumumkan bahwa sekuel film tersebut sedang dalam pengembangan, menamakannya Hayop Ka Din!.[7]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di Manila, seekor kucing bernama Nimfa Dimaano mengunjungi Manghuhula, seorang gurita peramal yang meramalkan bahwa Nimfa akan jatuh cinta dengan dua pria sekaligus, serta berhubungan seks liar di masa depan. Nimfa bekerja sebagai penjual parfum di mal department store, dan berkencan dengan anjing kampung berotot bernama Roger Europeo, seorang petugas kebersihan yang tinggal bersama Nimfa dan sering berhubungan seks dengannya. Malam itu, Nimfa dan Roger makan semur di kiosk yang sering mereka kunjungi. Roger dengan santai melamar Nimfa dan dia menolak, mencatat kekurangan uang mereka. Dia menyarankan agar Nimfa, yang membayar sewa mereka, berhenti membayar uang sekolah saudara perempuannya Linda, tetapi dia menolak, mengatakan bahwa dia tidak ingin saudara perempuannya menjadi putus sekolah seperti dia.

Saat menjual parfum di tempat kerja suatu hari, Nimfa didekati oleh Iñigo Villanueva, seekor anjing kaya dengan karir sebagai pengusaha terkenal tetapi juga seorang pecandu seks rahasia. Nimfa membantu Iñigo memilih parfum mewah untuk diberikan kepada ibunya sebagai hadiah ulang tahunnya. Iñigo menyarankan agar dia dan Nimfa berkencan, dan memberinya kartu namanya. Setelah bekerja, Nimfa merasa kesal dengan Roger, dan menolak rayuan seksualnya malam itu. Pada makan malam ulang tahun ibu Iñigo, Iñigo memberinya hadiah, yang dibukanya untuk menemukan cologne murah. Menyadari bahwa Nimfa memberinya barang yang salah, Iñigo menemukan Nimfa di media sosial dan mengiriminya pesan tentang kesalahannya saat dia di tempat tidur dengan Roger. Mereka mengatur untuk bertemu dan mengembalikan cologne, dan setelah melakukannya, Iñigo mengantar Nimfa pulang.

Untuk hari jadi mereka, Roger mengajak Nimfa ke kios sup. Nimfa mengabaikan makanannya, malah mengirim pesan genit dengan Iñigo; perhatian yang dia berikan pada ponselnya menyebabkan Roger merasa curiga. Belakangan, Iniigo mengunjungi Nimfa di pekerjaannya untuk mengambil parfum yang tepat. Dia ditemani pudel betina seksi bernama Marie, yang membuat Nimfa cemburu. Iñigo merasakan kecemburuan Nimfa, dan mengetahui bahwa dia mencintai kedua wanita tersebut. Meskipun demikian, dia mengirim pesan kepada Nimfa lagi malam itu, memberitahunya bahwa Marie hanyalah teman baik, dan mengundangnya untuk melakukan perjalanan kecil bersamanya keesokan harinya, yang dengan enggan dia terima. Namun, setelah Iñigo selesai dengannya, dia bergabung dengan Marie untuk minum sampanye di bak mandi air panasnya.

Keesokan harinya, Iñigo membawa Nimfa ke properti tepi pantai yang mewah di Batangas, menginginkannya menjadi sekretarisnya hari itu. Nimfa menjadi begitu terpikat oleh Iñigo, dia bahkan mimisan ketika dia mengulurkan tangan untuk mengencangkan sabuk pengamannya, mengira dia mencoba meraba-raba payudaranya. Ketika dia bersikeras bahwa dia akan bermalam, Nimfa memanggil temannya, seekor kelinci bernama Jhermelyn, dan memintanya untuk memberi tahu Roger bahwa dia akan tinggal bersamanya malam itu. Setelah makan malam, Nimfa masuk ke kuil pacar terbaru Iñigo, Irene, yang mencampakkannya setelah berselingkuh dengan Marie. Nimfa mulai mempertimbangkan kembali perasaannya terhadap Iñigo, tetapi setelah dia masuk saat dia mandi, keduanya menjadi terangsang dengan melihat satu sama lain telanjang dan akhirnya berhubungan seks.

Keesokan harinya, Iñigo terbang bersama Nimfa kembali ke Manila dengan helikopter. Mereka mengunjungi ibu Iñigo dan memberinya parfum yang tepat, dan Iñigo mengantar Nimfa pulang. Roger dengan marah mengonfrontasi Nimfa karena berselingkuh, karena Jhermelyn memberitahunya bahwa Nimfa tidak bersamanya malam sebelumnya. Nimfa mengusir Roger dari rumah, merasa bahwa bercinta dengannya adalah satu-satunya yang dia pedulikan. Sehari setelahnya, Nimfa mengatur untuk bertemu Iñigo di gedung tinggi tempatnya bekerja. Roger muncul dan memukul mobil Iñigo, percaya Iñigo ada di dalamnya. Nyatanya, pelayan Iñigo, seekor katak bernama Jerry, adalah satu-satunya yang ada di dalam kendaraan itu. Roger ditempatkan di sel penjara, dan Nimfa mengatur agar dia dibebaskan. Dia kemudian mengunjungi Jerry, yang dibawa ke rumah sakit.

Nimfa melakukan perjalanan ke pedesaan untuk kunjungan mendadak bersama saudara perempuannya Linda dan ibu mereka. Di sana, dia menemukan bahwa Linda sama sekali tidak bersekolah, dan malah membesarkan bayi bersama pasangannya Ramil. Kesal karena kebohongan dan fakta bahwa saudara perempuannya mengikuti jalannya, Nimfa meninggalkan keluarganya, kembali ke Batangas bersama Iñigo, dan tidur dengannya lagi. Merasa mual keesokan paginya, Nimfa check in di rumah sakit dan mengetahui bahwa dia hamil sembilan minggu. Karena perselingkuhannya dengan Iñigo hanya berlangsung selama tiga minggu, dia menyadari bahwa Roger adalah ayah dari bayi tersebut. Dia mengunjungi Jhermelyn dan tercengang melihat Roger keluar dari kamar mandi Jhermelyn, menandakan mereka tidur bersama. Setelah menelepon acara radio untuk membicarakan masalahnya, Nimfa mengunjungi gedung Iñigo. Setelah melihat dia bermesraan dengan Marie, dia dan dia bertengkar sengit yang dimenangkan oleh Nimfa. Ketika Iñigo menyarankan agar mereka berdua dapat berbagi dengannya, dia segera menolak dan tanpa ampun menjatuhkannya dari jendela.

Setelah meninggalkan gedung, Jerry yang sudah pulih melihat Nimfa dan membawanya ke kios sup untuk makan. Beberapa waktu kemudian, Nimfa melahirkan anak haramnya dengan Roger, dan membuka toko sari-sari miliknya sendiri.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Karakter Suara original Suara Netflix Catatan
Nimfarella "Nimfa" Dimaano Angelica Panganiban Reba Buhr Seekor kucing yang bekerja sebagai penjual parfum.[8][9]
Roger Europeo Robin Padilla Mick Wingert Seorang anjing kampung berotot yang bekerja sebagai petugas kebersihan, dan pacar Nimfa.[8][9]
Iñigo Villanueva Sam Milby Todd Haberkorn Seorang husky kaya dengan karir sebagai pengusaha kelas atas, dan diam-diam menjadi nymphomaniac.[8][9]
Jerry Empoy Marquez Kyle McCarley Seekor katak yang bekerja sebagai valet Iñigo.[8][9]
Jhermelyn Arci Muñoz Tara Sands Seekor kelinci yang merupakan sahabat Nimfa
Linda Dimaano Yeng Constantino Cassandra Lee Morris Seekor kucing merah muda yang merupakan saudara perempuan Nimfa.[8][9]
Marie Juliene Mendoza Cherami Leigh Seekor pudel yang merupakan asisten dan tunangan Iñigo.[8][9]
Papa Jorge Piolo Pascual Roger Craig Smith Seorang ox yang merupakan DJ yang memberikan nasehat cinta di acara radionya.
Manghuhula Eugene Domingo Cissy Jones Seorang gurita tua peramal.[8][9]
  • Moira Dela Torre[8][9] sebagai saudara perempuan Iñigo, juga seekor anjing betina yang kaya raya. Lee Morris juga tampil sebagai pengisi suara adik Iñigo yang tidak disebutkan namanya
  • Joyce Bernal sebagai burung hantu antropomorfik yang tampil sebagai dokter, melibatkan kehamilan Nimfa di rumah sakit.[8][9] Pasir juga muncul sebagai suara burung hantu yang tidak diakui.
  • Claudia Enriquez sebagai ibu Iñigo.[8][9] Jones juga tampil sebagai pengisi suara ibu Iñigo yang tidak disebutkan namanya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Hayop Ka! menandai film animasi dewasa pertama mereka yang diproduksi di Filipina menurut Liongoren, pertama kali dikonsep setelah produksi film Saving Sally berfungsi sebagai "kebalikan tematiknya."[10] Dia juga mengatakan butuh waktu tiga tahun untuk memproduksinya Hayop Ka!, dan menggambarkannya sebagai "ringan dan lucu".[10][11] Avid Liongoren, sutradara animasi tersebut, menyatakan harapan untuk menciptakan "gaya Filipina dalam hal kartun" dan mencatat bahwa Filipina memiliki industri animasi yang besar "yang berhasil untuk proyek asing."[12] Dia juga berharap itu mendorong "lebih banyak produksi lokal" dan bekerja untuk animator Pinoy.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Pada 21 September 2020, Netflix mengumumkan bahwa film tersebut akan dirilis pada 29 Oktober.[4]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pra-rilis[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2020, "Hayop Ka!" mendapat sambutan beragam dari netizen.[13] Beberapa menuntut agar Netflix menyusun kembali Robin Padilla, yang menyuarakan Roger dalam film tersebut, karena dukungan Padilla terhadap Filipina presiden Rodrigo Duterte;[13] namun, yang lain mendesak masyarakat umum untuk mendukung film tersebut dengan menontonnya demi para animator dan pembuat film Filipina di balik proyek tersebut.[14]

Pasca-rilis[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film tersebut mendapat rating persetujuan 88% berdasarkan 8 ulasan.[15] Chris Sawin dari Hub Pages memberi film tersebut 4 dari 5 bintang dan menulis "Hayop Ka! adalah film animasi yang tidak biasa namun menghibur yang didorong oleh kegilaan seksual dengan nafsu makan yang tak terpuaskan. Film ini adalah sebuah hamparan nafsu romantis dengan tindakan terakhir yang dihancurkan di antara tiga burger keju yang berliku."[16]

Oggs Cruz dari Rappler memberikan tinjauan yang beragam dan menulis "Hayop Ka! sebagian besar menggonggong, dan hampir tidak ada gigitan. Ini pasti akan memberi mereka yang ingin hiburan mereka dicampur dengan kebaruan yang sangat dalam waktu yang menyenangkan . Namun, hampir tidak ada apa pun di balik kekotoran dan leluconnya yang riuh."[17]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Award Date of ceremony Category Recipient(s) Result Ref.
Festival Film Animasi Internasional Annecy 19 Juni 2021 Fitur terbaik Hayop Ka! Nominasi [18]
FAMAS Awards 12 Desember 2021 Gambar Terbaik Hayop Ka! Nominasi [19]
Sutradara Terbaik Avid Liongoren Nominasi
Skenario Terbaik Manny Angeles Menang
Pengeditan Terbaik Jether Amar, Manny Angeles, Avid Liongoren Nominasi
Skor Musik Terbaik Len Calvo Nominasi
Suara Terbaik Nicole Amores Nominasi
Gawad Urian Awards 21 Oktober 2021 Gambar Terbaik Hayop Ka! Nominasi [20]
Animasi Terbaik Hayop Ka! Menang
Sutradara Terbaik Avid Liongoren Nominasi
Skenario Terbaik Manny Angeles, Paulle Olivenza Nominasi
Pengeditan Terbaik Jether Amar, Manny Angeles Nominasi
Musik terbaik Len Calvo Nominasi
Suara Terbaik Mikko Quizon, John Daryl Libongero, John Michael Perez, Aeriel Ellyzon Mallari Nominasi
Ursa Major Award 1 Mei 2021 Gambar Gerak Antropomorfik Terbaik Hayop Ka! Nominasi [21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Amidi, Amid (11 September 2019). "Trailer: 'You Son Of A Bitch,' Adult Romantic-Comedy From Philippines". Cartoon Brew. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-31. Diakses tanggal 1 September 2020. 
  2. ^ a b Estrella, Fiel (6 January 2020). "11 Filipino movies to watch out for in 2020". CNN Philippines. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-05. Diakses tanggal 1 September 2020. 
  3. ^ "You Animal!". Netflix Media Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-05. Diakses tanggal 22 September 2020. 
  4. ^ a b "Look: Angelica Panganiban stars in first Filipino adult-animation Netflix original". Rappler. 21 September 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-16. Diakses tanggal 24 September 2020. 
  5. ^ "Hayop Ka! (You Son Of A Bitch!) – Feature Film In Production". Rocketsheep Studio. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-24. Diakses tanggal 1 September 2020. 
  6. ^ Diño-Seguerra, Liza (2022-04-10). "The new wave of Asian filmmakers". The Manila Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-26. Diakses tanggal 2022-09-23. 
  7. ^ "'Hayop Ka Din!' now in the works, director says". cnn (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-23. Diakses tanggal 2021-07-09. 
  8. ^ a b c d e f g h i j Uy, Jerald (2 June 2018). "Watch: Wild teaser of 'Hayop Ka' animated flick featuring all-Pinoy cast". CNN Philippines. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-05. Diakses tanggal 1 September 2020. 
  9. ^ a b c d e f g h i j Aldana, Ida (24 January 2019). "Pinoy Animated Film Hayop Ka! Finally Hits Theaters in 2019". Spot.ph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-05. Diakses tanggal 1 September 2020. 
  10. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Rotoscopers
  11. ^ Arevolo, Rica (20 November 2020). "Avid Liongoren discusses Hayop Ka! The Nimfa Dimaano Story's inspiration". Manila Bulletin. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 November 2020. Diakses tanggal 24 November 2020. 
  12. ^ Tomada, Nathalie (30 October 2020). "Hayop Ka! creators hope film will inspire more Pinoy-made animation". Philippine Star. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 October 2020. Diakses tanggal 30 October 2020. 
  13. ^ a b "Netizens have mixed reactions to boycotting first PH animated film on Netflix because of Robin Padilla". LionHearTV. 22 September 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-21. Diakses tanggal 22 September 2020. 
  14. ^ Biong, Ian (22 September 2020). "Support for 'Hayop Ka!' pushed despite call for boycott over Robin Padilla's casting". Philippine Daily Inquirer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-21. Diakses tanggal 22 September 2020. 
  15. ^ You Animal! (dalam bahasa Inggris), diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-21, diakses tanggal 2021-11-09 
  16. ^ "Chris Sawin Movie Reviews & Previews". Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-10. Diakses tanggal 2021-11-09. 
  17. ^ "'Hayop Ka! The Nimfa Dimaano Story' review: Mostly bark, barely any bite". Rappler (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-03. Diakses tanggal 2021-11-09. 
  18. ^ Lang, Jamie (2021-06-19). "'Flee,' 'My Sunny Maad,' 'The Crossing' Win Big at 2021's Hybrid Annecy Animation Festival". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-21. Diakses tanggal 2021-12-20. 
  19. ^ "FULL LIST: Winners, 2021 FAMAS Awards". Rappler. December 14, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-26. Diakses tanggal October 26, 2022. 
  20. ^ "44th Gawad Urian: Complete list of winners". ABS-CBN News. October 21, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-30. Diakses tanggal October 26, 2022. 
  21. ^ "2020 winners". The Ursa Major Awards. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-29. Diakses tanggal October 26, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]