Hattusili I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hattusili I (Ḫattušili I) merupakan seorang raja Kerajaan Kuno Het. Ia memerintah pada sekitar tahun 1586-1556 SM (kronologi pendek).

Ia menggunakan gelar Labarna di awal masa pemerintahannya. Tidak pasti apakah ia adalah raja kedua yang begitu teridentifikasi, menjadikannya Labarna II, atau apakah ia identik dengan Labarna I, yang diperlakukan sebagai pendahulunya dalam kronologis bangsa Het.

Selama masa pemerintahannya, ia memindahkan ibu kota dari Neša (Kaneš, dekat Kültepe modern) ke Ḫattuša (dekat Boghazkoy modern), mengambil nama takhta Ḫattušili untuk menandai kesempatan tersebut.

Ia adalah penguasa Het yang paling awal untuk siapa catatan kontemporer telah ditemukan. Selain "Raja Ḫattuša", ia mengambil gelar "Orang Kuššara", sebuah referensi ke ibu kota prasejarah dan rumah bangsa Het, sebelum mereka menduduki Neša.

Tablet kuneiform yang ditemukan pada tahun 1957 yang ditulis dalam bahasa Het dan bahasa Akkadia memberikan rincian enam tahun masa pemerintahannya. Di dalamnya, ia mengaku telah memperpanjang wilayah bangsa Het ke laut, dan pada tahun kedua, untuk menaklukkan Alalakh dan kota-kota lain di Suriah. Pada tahun ketiga, ia berkampanye melawan Arzawa di Anatolia barat, lalu kembali ke Suriah untuk menghabiskan tiga tahun berikutnya untuk merebut kembali penaklukannya yang terdahulu dari bangsa Hurri, yang telah menduduki mereka dalam ketidakhadirannya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Labarna I
Raja Het
skt. 1586–1556 SM
Diteruskan oleh:
Mursili I