Labarna I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Labarna I
Museum of Anatolian Civilizations054 kopie1.jpg
Mangkuk perak yang menyebutkan Labarna
Pekerjaan Raja Het
Agama agama Het
Suami/istri Tawannanna
Anak beberapa putra

Labarna I merupakan raja pertama tradisional bangsa Het, pada sekitar awal abad ke-16 SM (kronologi pendek). Ia adalah pendiri tradisional Kerajaan Het Kuno (skt. 1600 – 1450 SM). Istrinya adalah Tawannanna.

Keberadaan Labarna I dipertanyakan oleh beberapa ilmuwan modern. Labarna juga merupakan gelar penguasa awal Het,[1] seperti Hattusili I. Mengingat referensi kontemporer yang relatif sedikit tentang Labarna I secara pribadi, beberapa ilmuwan telah menganjurkan agar perintis Het mungkin keliru dengan mengasumsi bahwa Labarna adalah nama pribadi seorang raja. Menurut teori ini, Labarna pertama (dalam arti gelar) Hattusili I, yang biasanya dianggap sebagai Labarna kedua.[2]

Tabarna, varian Labarna, sering disebutkan dalam teks Hatti, Het, Hurri dan Akkadia dari arsip Het.[3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Labarna bukan yang pertama di takhta. PU-Sarruma menunjuk Labarna sebagai penggantinya setelah putra-putranya sendiri memberontak melawannya. Setelah kematian PU-Sarruma, Labarna dan Papahdilmah, salah satu putra PU-Sarruma, bersaing memperebutkan takhta, dengan Labarna tampil sebagai pemenang.

Yang sedikit diketahui tentang ia sebagian besar diambil dari Proklamasi Telepinu, yang menyatakan bahwa ia mengalahkan musuh-musuhnya dan "membuat mereka berbatasan dengan laut",[4] sebuah pernyataan yang mungkin merujuk pada penaklukan sejauh pantai Mediterania di selatan, dan Laut Hitam di utara.

Labarna menempatkan putra-putranya sebagai gubernur di beberapa kota, termasuk Tuwanuwa, Hupisna, Landa, dan Lusna (identitas kota-kota ini tidak pasti, namun diperkirakan mungkin Tyana, Heraclea Cybistra, Laranda, dan Listra). Melalui penaklukannya, ia bertanggung jawab untuk meletakkan dasar bagi kerajaan Het yang akan datang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Melchert, H. Craig, The Luwians, Brill, 2003, 18ff.
  2. ^ Bryce, Trevor, The Kingdom of the Hittites, Clarendon, 1998, 69
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-16. Diakses tanggal 2010-05-16.  "On the Origin of the Royal Title tabarna / labarna".
  4. ^ [1] §3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
PU-Sarruma (?)
Raja Het
skt. awal abad ke-16 SM
Diteruskan oleh:
Hattusili I