Hatfield College, Durham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hatfield College
Universitas Durham
Gedung utama, Hatfield College
Lambang kebesaran Hatfield College
Senjata: Tanda Perang biru langit Atau diantara tiga Singa Perak yang merajalela dengan Batasan Cerpelai
                                     
LokasiNorth Bailey, Durham, DH1 3RQ
Motobahasa Latin: Vel Primus Vel Cum Primis
Moto dalam bahasa Inggris
Either the first or with the first (Entah yang pertama atau dengan yang pertama)
Didirikan1846; 177 tahun lalu (1846)
Dinamakan atasThomas Hatfield
GenderKo-edukasi
Laki-laki (sebelumnya)
Prasyarat keanggotaanTidak ada.
Sebelumnya diharuskan berjenis kelamin laki-laki.
MasterAnn MacLarnon (2017–)
KapelanThe Rev. Dr Julia Candy
Sarjana1010 (2017/18)[1]
Pascasarjana260 (2017/18)[1]
KapelKapel Kolese Hatfield
Situs webdur.ac.uk/hatfield.college/

Hatfield College adalah salah satu kolese konstituen dari Universitas Durham. Hatfield menempati situs pusat kota di atas Sungai Wear di semenanjung Situs Warisan Dunia, terletak berdekatan dengan Bailey Timur dan tidak jauh dari Katedral Durham. Hatfield College mengambil namanya dari Thomas Hatfield, seorang Pangeran-Uskup Durham pada abad pertengahan, kolese ini didirikan pada tahun 1846 sebagai Asrama Uskup Hatfield oleh David Melville, seorang don Oxford.

Seiring berjalannya abad ke-20, Hatfield semakin dicirikan oleh suasananya yang tidak ramah di kalangan mahasiswa sarjana, reputasi ketidakpedulian akademis, dan sebaliknya, keunggulan dalam prestasi olahraga — terutama rugbi — serta tingginya jumlah mahasiswa dari sekolah swasta berbiaya tinggi, sehingga Hatfield sering di kritik karena bersifat elitis. Administrasi kolese, sebaliknya, lebih memilih untuk menonjolkan kesediaan mahasiswa untuk terlibat dalam berbagai kegiatan universitas; dan berpendapat bahwa 'Pria Hatfield', bertentangan dengan citra reaksionernya, sering kali berada di garis depan dalam reformasi yang signifikan di kampus.

Setelah beberapa dekade menjadi kolese khusus laki-laki, mahasiswa sarjana perempuan pertama diterima secara resmi pada semester Michaelmas tahun 1988.

Tradisi

Serupa dengan kebanyakan kolese-kolese Durham yang terletak di Bailey, pemakaian jubah akademik diwajibkan untuk acara formal, termasuk upacara matrikulasi, pertemuan JCR, menemui master kolese, dan semua makan malam formal yang diadakan di dalam kolese.[2]

Pada semester Michaelmas (semester pertama di Durham), perjamuan formal diadakan dua kali seminggu, pada hari Selasa dan Jumat.[3] Pada semester Epiphany (semester kedua), hal ini dikurangi menjadi hanya pada hari Jumat, sementara hanya beberapa perjamuan formal diadakan selama semester Paskah (semester ketiga) karena perhatian mahasiswa semakin terfokus pada ujian dan tugas.[3] Meja kehormatan, yang terdiri dari staf senior, juga hadir saat jamuan malam formal.[3] Tradisi unik di Hatfield adalah tradisi spooning, di mana mahasiswa memukul-mukul sendok di tepi meja atau peralatan makan perak selama beberapa menit sebelum perjamuan formal dimulai.[4] Tindakan tersebut segera berhenti ketika Meja Kehormatan memasuki Aula Kebesaran.[4]

Sejak tahun 1846, doa malam dalam bahasa Latin selalu dibacakan pada semua acara formal di dalam kolese.[5] Pembacaan doa juga menjadi norma pada jamuan makan malam alumni, di mana upaya untuk membaca doa dalam bahasa Inggris mendapat sambutan buruk dari para tamu.[5] Banyak digunakan pada abad keempat yang didasarkan pada doa-doa Ibrani, doa ini diterjemahkan dari bahasa Yunani dan diadopsi oleh Oriel College, Oxford. Hatfield menyalinnya secara praktis; dan sejarah kolese percaya bahwa hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh Pendeta Henry Jenkyns, anggota Oriel College sebelum menjadi Profesor Sastra Yunani dan Klasik di Durham.[5][6]

Benedicte Deus, qui pascis nos a iuventute nostra et praebes cibum omni carni, reple gaudio et laetitia corda nostra, ut nos, quod satis est habentes, abundemus in omne opus bonum. Per Jesum Christum, Dominum Nostrum, cui tecum et Spiritu Sancto, sit omnis honor, laus et imperium in saecula saeculorum. Amen.

Ini dapat diterjemahkan sebagai:

Tuhan yang terberkati, yang memberi kami makan sejak masa muda kami, dan menyediakan makanan bagi semua umat manusia, isilah hati kami dengan sukacita dan kegembiraan, sehingga kami, yang berkecukupan untuk memuaskan diri kami, dapat berlimpah dalam setiap pekerjaan baik, melalui Yesus Kristus. Ya Tuhan, yang bersamaMu dan Roh Kudus, jadilah segala hormat, puji-pujian, dan kekuatan sepanjang masa. Amin.

Kegiatan mahasiswa
C Stairs di Hatfield College

Pada tahun akademik 2017/18, Hatfield College beranggotakan 1,339 siswa.[1] Terdapat 1.007 mahasiswa sarjana penuh waktu dan 3 mahasiswa sarjana paruh waktu.[1] Angka pascasarjana mencakup 55 mahasiswa pada program penelitian dan 111 mahasiswa yang belajar untuk program pengajaran pascasarjana penuh waktu, ditambah 94 mahasiswa pascasarjana paruh waktu (penelitian dan pengajaran) serta 69 mahasiswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh.[1]

Junior Common Room (JCR) merupakan badan mahasiswa sarjana di dalam kolese. Setiap tahunnya, JCR memilih komite eksekutif yang terdiri dari 10 anggota, termasuk ketua yang tidak memihak, yang menjalankan JCR bersama dengan pejabat kolese.[7] Tidak seperti kolese lainnya, Hatfield secara eksklusif mempertahankan Senior Man sebagai gelar ketua JCR, setelah menolak mosi untuk mengganti gelar menjadi "Presiden JCR" pada Mei 2014.[8] Sebuah mosi yang mengizinkan petahana untuk memilih antara "Pria Senior", "Wanita Senior" atau "Pelajar Senior" juga ditolak pada bulan Januari 2016.[9] Middle Common Room (MCR) adalah organisasi untuk mahasiswa pascasarjana. Akomodasi pascasarjana terletak di James Barber House.[10] Petugas kolese, rekan dan tutor membentuk anggota Senior Common Room (SCR).[11]

Mahasiswa anggota Hatfield berjemur di Dunham Court, Hatfield College

Mahasiswa anggota Hatfield College terkenal sebagai mahasiswa yang acuh tak acuh dan sebagian besar berasal dari latar belakang mapan. Ini adalah persepsi yang sangat disadari dan diremehkan oleh pimpinan kolese.[12] Master Thomas Whitworth, dalam sejarah kuliahnya tahun 1971, mendefinisikan Hatfielders berdasarkan ambisi, dan menekankan kecenderungan mereka untuk mencari posisi kepemimpinan di kampus.[12] Sudut pandang ini digaungkan bertahun-tahun kemudian oleh penggantinya, James Barber yang menyerukan bahwa:

"Pergilah ke konser Universitas, pertunjukan drama atau debat, dan tontonan acara olahraga Universitas, dan mahasiswa Hatfield akan menonjol."[13]

Mahasiswa anggota Hatfield juga menyerukan "work hard, play hard ethos" (etos kerja keras, bermain keras) yang kondusif bagi kesuksesan masa depan dan menyoroti rasa identitas dan komunitas yang kuat.[14][15] Namun demikian, artikel mahasiswa mengkritik Hatfield karena dianggap 'hura', dan menyatakan bahwa Hatfield bertanggung jawab untuk melanggengkan pandangan negatif terhadap universitas yang lebih luas.[16][17][18] Tertulis pada tahun 1996, arsiparis kolese Arthur Moyes mengakui bahwa kesopanan "bukanlah karakteristik Hatfield".[13]

Data penerimaan anggota pada tahun 2016 menyatakan bahwa kurang dari 2% anggota baru berasal dari lingkungan dengan latar belakang rendah.[19]

Hatfield College terkenal akan kehebatannya dalam rugbi – sedemikian rupa hingga Thomas Whitworth (Master, 1957–79), seorang penggemar rugbi terkenal, sering dituduh bias dalam pemilihan dan perlakuan terhadap mahasiswa yang bermain rugbi.[20] Dalam rugby intra-kolegiat, Hatfield menjadi klub dominan dalam beberapa dekade setelah Perang Dunia II, hanya kebobolan sekali dalam periode 14 tahun hingga tahun 1971. Tim Universitas Durham yang menang di final University Athletic Union 1969 melawan Universitas Newcastle sebagian besar terdiri dari pemain Hatfield.[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Term-Time Accommodation Stats" (PDF). Student Registry. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 8 October 2019. Diakses tanggal 30 March 2018. 
  2. ^ "Hatfield College JCR Rough Guide 2016-17". Issuu (dalam bahasa Inggris). 10 August 2016. hlm. 27, 47. Diakses tanggal 29 July 2021. 
  3. ^ a b c "Formals". Hatfield JCR. Diakses tanggal 29 July 2021. 
  4. ^ a b "Hatfield College @ Durham SU". Durham Student Union (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2018. Diakses tanggal 27 March 2018. 
  5. ^ a b c "College Grace". Hatfield College. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 June 2020. Diakses tanggal 16 May 2021. 
  6. ^ "Officers of the University". Durham University Calendar: 18. 1838. Diakses tanggal 16 May 2021. 
  7. ^ "The Executive Committee". Hatfield College JCR (via Internet Wayback Machine). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 November 2012. Diakses tanggal 20 March 2020. 
  8. ^ "Hatfield JCR crush motion to rename Senior Man". Durham University. 15 May 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2018. Diakses tanggal 15 March 2018. 
  9. ^ "Hatfield College JCR rejects motion to change JCR President title to 'Senior Student'". Palatinate. 24 January 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 October 2017. Diakses tanggal 15 March 2018. 
  10. ^ "James Barber House". Hatfield College MCR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 September 2018. Diakses tanggal 13 September 2018. 
  11. ^ "Hatfield SCR". Durham University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 September 2020. Diakses tanggal 20 March 2020. 
  12. ^ a b Whitworth, 1971, pp. 84–85, 91
  13. ^ a b Moyes, 1996, p. 326
  14. ^ Reid, James (6 March 2021). "Laura Williamson: "I'm going to get in there and show them"". Palatinate. Diakses tanggal 8 August 2021. 
  15. ^ Moyes, 2011, pp. 111, 120
  16. ^ "These are officially the most private school Durham colleges". The Tab Durham. 28 February 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 March 2018. Diakses tanggal 27 March 2018. 
  17. ^ "The Palatine Jungle: Part 1". Durham21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2018. Diakses tanggal 27 March 2018. 
  18. ^ "Durham's worst colleges". The Tab Durham. 7 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2018. Diakses tanggal 27 March 2018. 
  19. ^ Winnard, 2021, p. 189
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama College History Summary
  21. ^ Unwin, Bruce (18 September 2019). "Durham University 1969 team for reunion". The Northern Echo (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 March 2021. Diakses tanggal 30 March 2020.