Elitisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:Discrimination sidebar Elitisme adalah keyakinan atau gagasan bahwa individu yang membentuk sebuah elit—sekelompok orang terpilih yang digambarkan memiliki kualitas intrinsik, kecerdasan tinggi, kekayaan, keterampilan khusus, atau pengalaman—lebih cenderung konstruktif bagi masyarakat secara keseluruhan, dan karenanya berhak mendapatkan pengaruh atau otoritas yang lebih besar dari orang lain.[1] Istilah elitisme dapat digunakan untuk menggambarkan situasi di mana kekuasaan terkonsentrasi di tangan sejumlah orang. Oposisi elitisme termasuk anti-elitisme, egalitarianisme, populisme, dan teori politik dari pluralisme.

Teori elit adalah analisis sosiologis atau ilmu politik dari pengaruh elit dalam masyarakat: teori elit menganggap pluralisme sebagai cita-cita utopis.

Elitisme berkaitan erat dengan kelas sosial dan apa yang oleh sosiolog disebut stratifikasi sosial, yang dalam tradisi Anglo Saxon telah lama berlabuh dalam klaim "darah biru" dari keturunan bangsawan. Anggota kelas atas kadang-kadang dikenal sebagai elit sosial.

Istilah elitisme juga kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan situasi di mana sekelompok orang yang mengaku memiliki kemampuan tinggi hanya dalam kelompok atau kader, memberikan diri mereka keistimewaan ekstra dengan mengorbankan orang lain. Bentuk elitisme ini dapat digambarkan sebagai diskriminasi.[2][1]

Beberapa sinonim untuk "elit" mungkin "kelas atas" atau "aristokrat", yang menunjukkan bahwa individu tersebut memiliki tingkat kendali yang relatif besar atas alat produksi masyarakat. Ini termasuk mereka yang mendapatkan posisi ini karena alasan sosial ekonomi dan bukan pencapaian pribadi. Namun, istilah-istilah ini menyesatkan ketika membahas elitisme sebagai teori politik, karena sering dikaitkan dengan konotasi "kelas" negatif dan gagal untuk menghargai eksplorasi filosofi yang lebih tidak bias.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "elitist | Definition of elitist in English by Oxford Dictionaries". Oxford Dictionaries | English. Diakses tanggal March 4, 2019. 
  2. ^ Field, G. Lowell; Higley, John (October 14, 2013). Elitism (Routledge Revivals) (dalam bahasa Inggris). Routledge. ISBN 9781135092214. 
  3. ^ "ELITIST | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal March 4, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]