Meja kehormatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampak atas Meja Kehormatan di aula kebesaran Merton College, Universitas Oxford. Meja bawah yang memiliki campuran tempat duduk kursi dan bangku diduduki oleh mahasiswa.

Meja kehormatan (dikenal dalam Inggris: High Table) adalah meja khusus yang digunakan oleh fellow (anggota Senior Common Room) dan tamunya di aula kebesaran kolese dalam budaya Anglo-Saxon, di mana para mahasiswa makan di ruang utama aula pada waktu yang bersamaan. Konsep ini tetap menjadi norma di universitas-universitas arkais seperti Universitas Oxford, Universitas Cambridge, Universitas Durham dan Universitas Dublin, yang universitasnya diorganisasikan ke dalam struktur kolegiat.

Institusi akademis lainnya (seperti Universitas London; Universitas St Andrews,[1] Universitas Manchester, Universitas Bristol dan St. David's University College di Inggris, Queen's University, Universitas Notre Dame di Amerika Serikat, Trinity College dan Massey College di Universitas Toronto, Universitas Hong Kong dan St Paul's College, Universitas Sydney) juga memiliki tradisi serupa yang termodifikasi.

Konsep high table sendiri sedikit sulit untuk diartikulasikan untuk masyarakat dimana tradisi ini tidak dijalankan. Meja kehormatan biasanya selalu berada di ujung aula kebesaran pada lantai yang ditinggikan, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Lazimnya, meja kehormatan terletak di sepanjang aula, dan dengan demikian, berada di posisi tegak lurus terhadap meja yang digunakan oleh sebagian besar mahasiswa, yang membentang di sepanjang aula. Pada acara formals, pakaian dasi hitam dikenakan. Penggunaan jubah akademis juga masih umum dikenakan di setidaknya 4 universitas tua yang disebutkan di atas.

Meja kehormatan mempertahankan gaya makan normal di rumah-rumah besar pada abad pertengahan dan renaisans, ketika seluruh anggota rumah tangga makan bersama di satu aula, tetapi dalam gaya yang terpisah dan sangat berbeda. Secara tradisional meja kehormatan memiliki meja bangku dan kursi memanjang , tetapi pada saat ini, banyak aula kebesaran memiliki tempat duduk yang seluruhnya merupakan kursi. Makanan yang dihidangkan setiap saat biasanya selalu berbeda.[2]

Meja kehormatan terkadang digunakan secara kiasan dalam berbagai cara untuk menyarankan hal-hal yang dianggap sebagai karakteristik fellow Oxbridge.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Adegan di film Harry Potter and the Sorcerer's Stone yang menampilkan para profesor menempati meja kehormatan di aula kebesaran Hogwarts

Konsep meja kehormatan sendiri ditunjukan dalam film serial populer Harry Potter, dimana meja tersebut digunakan sebagai tempat para staf Hogwarts duduk selama waktu makan dan saat-saat lain ketika Aula sedang digunakan, dengan para siswa duduk di empat meja serupa di Aula, satu meja panjang per rumah (house). Di tengah meja ada kursi emas besar yang diperuntukkan bagi Kepala Sekolah, yakni Albus Dumbledore. Selain Kepala Sekolah, anggota staf lainnya juga mempunyai tempat yang biasa: Rubeus Hagrid biasanya duduk di salah satu ujung meja, paling dekat dengan meja rumah Gryffindor; dan Minerva McGonagall selalu duduk di dekat Dumbledore, yang mungkin dikarenakan jabatannya sebagai Wakil Kepala Sekolah pada saat itu.[3]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ St Salvator's Hall
  2. ^ Strong, Roy, Feast: A History of Grand Eating, pp. 102-105, 2002, Jonathan Cape, ISBN 0224061380
  3. ^ "High table, harry potter fandom".