Hari Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hari Eropa
Hari Eropa
Perayaan Hari Eropa 2006 di Cinquantenaire di Brussels
Dirayakan Uni Eropa
Dewan Eropa
Eropa
Jenis International
Makna Pembentukan Dewan Eropa / Tanggal Deklarasi Schuman
Tanggal 5 Mei dan 9 Mei

Di Eropa, Hari Eropa adalah sebuah perayaan tahunan perdamaian dan persatuan di Eropa. Terdapat dua Hari Eropa yang terpisah, pada 5 Mei dan 9 Mei, ditetapkan oleh Dewan Eropa (CoE) dan Uni Eropa (UE). Untuk UE, hari ini juga dikenal sebagai Hari Schuman.[1]

Hari Dewan Eropa ditetapkan setelah pembentukannya tahun 1949, sementara hari Uni Eropa merayakan hari dimana rencana pendirian UE dibuat tahun 1950. Hari Eropa adalah salah satu simbol Eropa yang dibuat untuk menggalang persatuan antara bangsa-bangsa Eropa.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dewan Eropa dibentuk tanggal 5 Mei 1949, dan memilih hari itu sebagai perayaannya ketika ditetapkan sebagai hari libur pada 1964. Tahun 1985, Komunitas Eropa (yang kemudian menjadi Uni Eropa) menggunakan simbol Eropa dari Dewan Eropa seperti Bendera Eropa. Tetapi, pemimpin Komunitas memutuskan untuk merayakan Hari Eropa pada peringatan Deklarasi Schuman tanggal 9 Mei 1950. Deklarasi ini merencanakan penggabungan industri batubara dan besi Perancis dan Jerman Barat, yang membawa pada pembentukan Komunitas Batubara dan Besi Eropa, Komunitas Eropa pertama, dan dianggap sebagai momen pendirian yang penting. Pada Pertemuan Dewan Eropa Milan 1985, 9 Mei ditetapkan sebagai hari bendera UE.

Konstitusi Eropa telah membolehkan semua simbol Eropa dalam perjanjian UE, tetapi perjanjian tersebut gagal dan penggunaannya dapat berlanjut hanya dalam status de facto. Pengganti Konstitusi, Perjanjian Lisbon, berisi deklarasi yang ditandatangani enam belas anggota yang mendukung simbol tersebut.[2]

Peringatan[sunting | sunting sumber]

9 Mei dirayakan dalam berbagai bentuk di sebagian negara anggota Uni Eropa dan negara sekitarnya seperti Turki, meskipun hari tersebut tidak terlalu penting di Britania Raya karena euroskeptikisme.[3] Karena politik pada hari itu, terlihat usaha untuk mengajarkan orang-orang mengenai Uni Eropa dan berbicara dalam pendukungan integrasi Eropa.[4] Bendera adalah simbol lain yang memainkan peran penting dalam perayaan umum.

Selain penetapan 9 Mei, dengan pandangan Uni Eropa, mereka masih diamati oleh sejumlah negara Eropa karena peran Dewan dalam mempertahankan hak asasi manusia, demokrasi parlementer dan peraturan hukum. Secara kontras, deklarasi Schuman hanya merencanakan penggabungan batubara dan besi Perancis dan Jerman. Lebih jauh, 9 Mei berpapasan dengan Hari Kemenangan, akhir Perang Dunia II (dirayakan pada 8 atau 5 Mei di Eropa Barat), di bekas negara Uni Soviet.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]