Hamid Bahasyim bin Abbas Bahasyim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hamid Bahasyim bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih)
Lahir1860-an
Meninggal1949
Basirih, Banjarmasin Barat, Banjarmasin
MakamKubah Habib Basirih
ZamanHindia Belanda
GelarUlama

Hamid Bahasyim bin Abbas Bahasyim atau yang lebih dikenal sebagai Habib Hamid Bahasyim, atau Habib Basirih adalah seorang ulama yang berasal dari Kalimantan Selatan. Dia merupakan keturunan Rasulullah SAW dan seorang wali Allah yang majedub dan masyhur. Habib Hamid Bahasyim diketahui hidup di era kolonial Belanda dan berlanjut pada masa pendudukan Jepang di Banjarmasin.[1]

Sejarah Hidup[sunting | sunting sumber]

Hamid Bahasyim diperkirakan lahir di tahun 1860-an. Belum ada informasi pasti mengenai tanggal akurat kelahirannya. Dia meninggal pada tanggal 18 Jumadilawal 1949 di usia yang lebih dari 90 tahun.

Ayahnya, Abbas Bahasyim, adalah seorang yang taat beragama dan sangat mematuhi amalan-amalan sunah. Keluarganya sangat religius dan memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan jiwa dan pertumbuhannya. Sejak kecil, dia telah dikelilingi oleh lingkungan keislaman yang kuat.

Di masa mudanya, dia belajar agama Islam di Makkah, Arab Saudi. Dia belajar dari ulama terkemuka dan berpengalaman. Selama studinya di sana, dia memiliki hubungan yang erat dengan ulama besar Jamaluddin al-Banjari, yang makamnya terletak di Sungai Jingah, Banjarmasin.

Setelah kembali dari tanah suci, Habib Hamid aktif terlibat dalam masyarakat. Dia memandu dan membimbing umat menuju jalan kebenaran, untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Selain menjadi seorang ulama, dia juga berperan sebagai pendakwah dan mengadakan pengajian di masyarakat. Materi yang diajarkan meliputi ilmu-ilmu penting dalam Islam seperti tauhid, fikih, dan tasawuf.[2]

Setelah mencapai usia 50 tahun, Habib Hamid lebih fokus pada perenungan diri dan khalwat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dia menggali lebih dalam ilmu tasawuf dan melakukan berbagai riyadhah tarekat guna mencapai ma’rifatullah.

Habib Hamid memiliki tiga anak dari pernikahannya dengan Gusti Hj. Hamidah, mereka adalah Syarifah Ruhayah, Habib Hasan, dan Syarifah Maryam.

Meskipun telah meninggal, warisan ilmu dan akhlak mulia dari Habib Hamid tetap dapat diteruskan. Keberpihakannya pada ajaran agama, ketekunan dalam berzikir, pengajaran kebenaran akidah, serta pemantapan moral umat merupakan inti dari aktivitasnya dalam memperjuangkan Islam. Dia memberikan contoh nyata dalam berdakwah dan menjadi teladan bagi orang lain dengan mengamalkan ajaran yang dia sampaikan kepada umat sebelum menuntut mereka melakukannya.[3]

Karomah[sunting | sunting sumber]

Habib Basirih dikenal masyarakat sebagai ulama kharismatik karena memiliki kelebihan atau kemampuan manusia pada biasanya. Dalam sebuah kisah, disampaikan bahwa Habib Hamid pernah memindahkan air dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan gayung. Orang-orang menganggap tindakan tersebut sebagai sesuatu yang tidak berarti. Namun, sebenarnya, tindakan tersebut merupakan cara Habib Hamid untuk menyelamatkan kapal penumpang yang hampir tenggelam di lautan yang luas. Pada akhirnya, seseorang datang ke rumahnya dan mengucapkan terima kasih atas pertolongan Habib Basirih saat kapal mereka hampir mengalami bencana di tengah laut. [3]

Sementara dalam kisah lain juga diceritakan bahwa dia pernah menghidupkan bangkai hewan kambing yang sudah membusuk untuk hidup kembali. Dia juga pernah menyeberang sungai Basirih untuk mengunjungi keponakannya, yaitu Habib Ahmad Bahasyim Batilantang hanya dengan menggunakan tanggui (penutup kepala khas Banjar).[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mansyur, Mursalin. "Habib Basirih dan Surgi Mufti" (PDF). Buku Syiar Islam: 8–9. 
  2. ^ Amalia, Sari Rahmawati (2022-03-23). "BIOGRAFI HABIB HAMID BIN ABBAS BAHASYIM (1856-1949) KEBERADAAN DAN PERAN DALAM SYIAR ISLAM DI KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN". 
  3. ^ a b DIA, Yayasan (2019-02-06). "Biografi Habib Hamid bin Abbas Bahasyim". Biografi Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-29. 
  4. ^ Risa; Studio, Aldiskatel (2022-12-13). "Mengenal 7 Karomah Habib Basirih yang Masyhur di Masyarakat Banjar". Kanal Kalimantan. Diakses tanggal 2023-11-29.