Kubah Habib Basirih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kubah Habib Basirih

Kubah Habib Basirih adalah sebuah makam keramat seorang ulama yang menjadi objek wisata ziarah di Banjarmasin. Kubah ini letaknya tidak begitu jauh dari jembatan tol menuju kawasan Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin. Kubah ini berada di Jl Keramat RT 13, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Basirih adalah seorang ulama Banjar. Silsilahnya, Habib Hamid bin Abbas bin Abdullah bin Husein bin Awwad bin Umar bin Ahmad bin Syech bin Ahmad bin Abdullah bin Aqil bin Alwi bin Muhammad bin Hasyim bin Abdullah bin Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman bin Alwi Umul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath. Konon, antara Habib Basirih dengan salah satu wali songo, Sunan Ampel (Raden Ahmad Ali Rahmatullah), masih ada hubungan kekeluargaan. Sama-sama keturunan dari Waliyullah Muhammad Shahib Mirbath (Keturunan Generasi Ke-16 dari Nabi Muhammad SAW). Sunan Ampel berasal dari jalur putra Alwi Ammil Faqih yang bernama Abdul Malik sedangkan Habib Basirih berasal dari jalur putra Alwi Ammil Faqih yang bernama Abdurrahman. Dari Silsilah tersebut, Sunan Ampel merupakan keturunan ke 23 dari Nabi Muhammad SAW dan Habib Basirih merupakan keturunan ke-36 dari Nabi Muhammad SAW.

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju Kubah Habib Basirih, bisa ditempuh lewat jalur darat dan sungai. Menggunakan angkutan darat melalui Jalan Gubernur Subardjo, Lingkar Selatan, JalanTrisakti, Komplek Lumba-Lumba atau memanfaatkan Sungai Basirih.

Kemudian, saat berada di Kubah Habib Basirih, kita akan melihat beberapa makam keramat lainnya. Tak jauh dari Kubah Habib Basirih, terdapat pula makam-makam lainnya. Antara lain makam keponakan Habib Basirih, yakni Habib Batilantang (Habib Ahmad bin Hasan bin Alwi bin Idrus Bahasyim) yang berada di seberang Sungai Basirih, juga makam ibu Habib Basirih, Syarifah Ra’anah dan makam-makam lainnya didekat Kubah Habib Basirih.[1]

Masuk nominasi Anugerah Desa Wisata 2022[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2022, daerah Kubah Habib Basirih masuk dalam 50 besar dalam ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dimana pada tahun tersebut terdapat 3.419 desa wisata yang menjadi peserta dalam ajang tersebut. Pada tanggal 2 Juni 2022, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, datang ke Kubah Habib Basirih untuk berziarah dan memberikan sejumlah bantuan barang dalam mendukung program CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability). Menurutnya, daerah ini ternyata selain bisa susur sungai, di daerah ini juga ada wisata religi seperti Kubah Habib Basirih. Pada acara puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2002 yang diselenggarakan di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf pada tanggal 30 Oktober 2022, daerah Kubah Habib Basirih memperoleh juara harapan I kategori souvenir.[2][3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Radar Banjarmasin - Kubah Habib Basirih di Banjarmasin. Diakses 21 Agustus 2010
  2. ^ antaranews.com (2022-06-03). "Menperekraf minta peningkatan kebersihan Desa Wisata Kubah Basirih". Antara News. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  3. ^ "Sandiaga Uno Kunjungi Kubah Basirih, 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Terbaik 2022". KOMPAS.tv. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  4. ^ "Wisata Religi Kubah Basirih Raih Juara Harapan 1 ADWI Kategori Souvenir dari Kemenparekraf". jejakrekam.com. 2022-11-01. Diakses tanggal 2022-12-12.