Hamartoma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hamartoma

Hamartoma dalam bahasa Yunani hamartion yang berarti cacat tubuh adalah malformasi tumor jinak seperti terbuat dari campuran abnormal sel-sel dan jaringan yang ditemukan di area tubuh dimana pertumbuhan terjadi.[1] Malformasi ini bukanlah kanker.[1] Hal ini dianggap kesalahan perkembangan dan dapat terjadi pada sejumlah daerah tubuh.[1] Sebuah massa non neoplastik juga dapat muncul.[1] Oleh karena itu, kesalahan diagnosis mungkin terjadi sehingga pengobatan yang berlebihan setelah kesalahan diagnosis tersebut dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitasnya.[1] Sisa-sisa pembangunan dapat dianggap hamartomatus jika mereka membentuk massa tumor seperti diskrit.[1] Selain itu, neoplasma dapat dikaitkan dengan hamartomas secara tidak langsung.[1] Contohnya adalah fibroma ovarium dan tumor ganas ovarium yang timbul pada pasien dengan sindrom Peutz-Jeghers. Hamartomas harus dibedakan dari koristoma.[1] Hamartoma terdiri dari jaringan yang biasanya berada di lokasi tertentu, sedangkan koristoma adalah kelainan jaringan yang tidak biasanya ditemukan di situs tersebut.[1] Hamartoma dapat berada pada banyak organ, tetapi hamartoma ini terutama muncul di dada, payudara, kulit dan otak.[2] Hamartoma juga dilaporkan muncul dalam mata, usus, dan hati.[2] Gejala tergantung pada lokasi lesi.[2] Hamartoma dapat membahayakan setiap saat dari lahir sampai usia pertengahan namun biasanya muncul pada awal kelahiran.[2] Gejala yang mungkin adalah cacat kulit.[2] Dapat pula adanya temuan insidental pada toraks atau mamografi.[2] Dalam otak hamartoma dapat menyebabkan epilepsi dan gangguan mental.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i (Inggris) Rohit Seth, MD, MRCS (2013). "Hamartoma". Diakses tanggal June 27 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e f g (Inggris) "Hamartomas". Diakses tanggal June 27 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)