Gununglurah, Cilongok, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gununglurah
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
KecamatanCilongok
Kodepos
53162
Kode Kemendagri33.02.17.2019 Edit the value on Wikidata
Luas788,807 ha
Jumlah penduduk7.321 jiwa

Gununglurah adalah Desa di Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, terletak sekira 10 kilometer arah barat laut dari ibu kota Kabupaten Banyumas, Purwokerto. Desa yang dilewati oleh jalur kereta api Purwokerto-Cirebon ini merupakan desa dengan penduduk nomor lima terbesar di Kecamatan Cilongok. Desa Gununglurah merupakan desa yang sangat penting bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dikuatkan dengan adanya Tugu Pudjadi Djaring Bandayuda di mana Nama Pudjadi diambil dari nama pejuang pergerakan di wilayah Kabupaten Banyumas. Kol. Inf. Pudjadi Jaring Bandayuda (1971 - 1978) ini adalah Bupati Ke 26 Kabupaten Banyumas. Pada saat ini kebanyakan penduduk Desa Gununglurah bermata pencaharian sebagai petani, pekebun, pedagang dan sebagian kecil ada yang menjadi PNS. Desa Gununglurah terdiri atas 10 Rukun Warga (RW) dan 60 Rukun Tangga (RT).

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Utara : Perhutani Timur : Desa Sokawera , Desa Singasari Barat : Desa Sambirata, Desa Rancamaya Selatan : Desa Rancamaya, Desa Langgongsari Fasilitas - fasilitas yang ada di Deda Gununglurah

Fasilitas pendidikan[sunting | sunting sumber]

PAUD : 1. Nusa Indah 2. Darussalam TK : 1. TK Pertiwi 2. TK Diponegoro 18 SD/MI : 1. SDN 1 Gununglurah 2. SDN 2 Gununglurah 3. MI Ma'arif NU 1 Gununglurah SMP/MTs 1. SMP Ma'had Darussa'adah 2. MTs Ma'arif NU 3 Cilongok ==Fasilitas Kesehatan== : Terdapat Puskesmas Pembantu 1 Cilongok yang melayani warga setiap hari Senin - Jumat mulai pukul 07.30 - 13.00 WIB Fasilitas Olahraga : Terdapat dua buah lapangan yaitu Lapangan Mataram (lapangan lor) dan Lapangan Pudjadi (lapangan baru/kidul)

Fasilitas Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Terdapat Pondok Pesantren yang cukup terkenal di Wilayah Banyumas pada khususnya yaitu Pondok Pesantren Darussa'adah yang saat ini diasuh oleh Ky. Taufik Mubarok, selain itu ada juga TPQ yang jumlahnya cukup banyak. Sedangkan Masjid terbesar di Desa Gununglurah yakni Masjid Baiturrohmah.

Fasilitas Wisata[sunting | sunting sumber]

Saat ini terdapat sarana wisata yaitu Telaga Kumpe yang berlokasi di Grumbul Pesawahan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]