Gunung Khao Luang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Khao Luang
Gunung Khao Luang di Thailand
Gunung Khao Luang
Gunung Khao Luang
Thailand
Titik tertinggi
Ketinggian1.780 m (5.840 ft)[1]
Puncak1.715 m (5.627 ft)[1]
Masuk dalam daftarUltra
Daftar gunung di Thailand
Koordinat8°30′N 99°44′E / 8.500°N 99.733°E / 8.500; 99.733Koordinat: 8°30′N 99°44′E / 8.500°N 99.733°E / 8.500; 99.733[1]
Geografi
LetakNakhon Si Thammarat, Thailand
PegununganNakhon Si Thammarat Range (Southern Perbukitan Tenasserim)
Geologi
Jenis gununggranit

Khao Luang (เขา หลวง) adalah gunung tertinggi di Thailand selatan Provinsi Nakhon Si Thammarat .

Geografi[sunting | sunting sumber]

Gunung Khao Luang adalah puncak tertinggi dari kumpulan beberapa bukit dengan lereng yang curam. Ini adalah bagian dari Jajaran Pegunungan Nakhon Si Thammarat, bagian dari Perbukitan Tenasserim.

Secara geologis formasi pegunungan ini terdiri dari inti granit di bawah tanah gembur. Pada lereng yang terjal, tanah yang menutupi pegunungan dapat menyebabkan terjadinya longsor jika terendam air.Sebagian hutan di kawasan itu ditebang untuk dijadikan perkebunan karet.Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah.

Taman Nasional Khao Luang[sunting | sunting sumber]

Taman Nasional Khao Luang dinamai menurut nama gunung Khao Luang. Taman ini bergunung-gunung dengan banyak puncak tinggi di sepanjang jalan. Taman ini mencakup area 570 kilometer persegi (220 sq mi) dengan berbagai macam satwa liar dan habitat, termasuk pegunungan, hutan, sungai, dan air terjun. Taman ini ditetapkan sebagai taman nasional pada tanggal 18 Desember 1974, menjadi taman nasional kesembilan di Thailand. Markas besar taman adalah 30 kilometer (19 mi) dari kota Nakhon Si Thammarat.

Taman pegunungan ini merupakan daerah aliran sungai Tapee, Sungai Pakphanang, Sungai Klai dan Sungai Pakpoon, Nopphitam .

Cuaca[sunting | sunting sumber]

Karena lokasi taman di semenanjung, taman ini sering bercuaca musim hujan baik dari pantai timur maupun barat hujan sepanjang tahun dan juga cuaca dingin. Ada dua musim utama. Musim hujan mulai Mei hingga Januari dengan curah hujan paling tinggi antara Oktober dan Desember. Musim panas terjadi antara Februari dan April. Sepanjang tahun, taman ini menerima sekitar 3.500–4.500 milimeter (140–180 in) curah hujan. Suhu tertinggi berkisar dari 28 °C (82 °F) sampai 30 °C (86 °F) dan terendah dari 15 °C (59 °F) sampai 15 °C (59 °F) pada bulan Januari dan Februari.

Tumbuhan dan Hewan[sunting | sunting sumber]

Hutan hijau yang lembab, yang dapat ditemukan di lembah, parit, dan tepi sungai yang lembap. Hutan cemara bukit dan hutan montaine yang lebih rendah. Lebih dari 300 spesies anggrek dapat dilihat di dalam taman. Khao Luang adalah satu-satunya tempat di dunia di mana beberapa di antaranya dapat ditemukan. Tidak kurang dari 327 spesies hewan yang hidup di Khao Luang, beberapa di antaranya termasuk; Tapir Malaya, Serow Sumatera, Monyet Ekor Babi, Landak Ekor Sikat Asia, Macan Dahan, Kijang, Rusa Sambar, Binturong, Macan Kumbang, Macan, Babi Hutan, Lutung Belang, dan Lutung Berkacamata . Spesies burung termasuk elang hitam, ayam hutan merah, burung argus besar, burung fireback jambul, burung enggang mahkota putih, burung enggang jambul lebat, burung enggang besar, rangkong helm, barbet mahkota merah dan burung matahari .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Gunung Khao Luang, Thailand". Peakbagger.com. Diakses tanggal 2010-04-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]