Green TV IPB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
GreenTV IPB
Green tv.jpg
Diluncurkan 23 November 2011
Slogan "Inovasi Peradaban Baru"
Negara Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Wilayah siaran Bogor
Kantor pusat Gedung Agrimedia Elektronik Jl. Lingkar Akademik, Kampus IPB Dramaga, Dramaga - Bogor - Jawa Barat 16680
Tlp. 0251 - 8621816
Ketersediaan
Terestrial
Bogor VHF Channel 5 Frekuensi 76-82 Mhz (coverage IPB Dramaga)

GreenTV IPB adalah lembaga penyedia konten (content provider) yang didirikan oleh Institut Pertanian Bogor. GreenTV IPB memproduksi materi edukasi rujukan dalam bidang pertanian, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. GreenTV IPB berada di Bogor, Jawa Barat, Indonesia yang didirikan pada tanggal 23 November 2011. Slogannya adalah Inovasi Peradaban Baru. Saat ini berbagai meteri dapat diakses melalui http://greentv.ipb.ac.id

Latar Belakang

Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan dan keilmuan di tanah air, khususnya dalam bidang pertanian secara luas, lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan. Wujud Nyata dari kontribusi penting itu adalah terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi oleh civitas akademika IPB. IPB telah menghasilkan ribuan hasil penelitian, ratusan paten, dan berbagai inovasi lainnya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarakat. Dalam bidang pengabdian masyarakat IPB telah melaksanakan beragam program yang berhasil secara langsung memperbaiki taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Seluruh hasil karya tersebut merupakan potensi yang tidak ternilai harganya yang tentu akan sangat bermanfaat bagi seluruh stakeholder manakala mampu didiseminasikan baik pada masyarakat luas. Guna menjalin komunikasi lebih efektif dibentuklah GreenTV IPB, yang berperan sebagai lembaga penyedia konten dalam bidang pertanian secara luas, pengelolaan sumber-sumber alam, lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan. Konten GreenTV IPB telah dapat diakses luas secara live streaming sejak 23 November 2011 melalui website http://greentv.ipb.ac.id

Tugas Pokok dan Fungsi

  • Mendukung proses belajar yang berkaitan dengan kompetensi produksi dan distribusi media audio visual.
  • Memproduksi dan mendistribusikan program tayangan yang berisi hasil-hasil penelitian dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan IPB.
  • Melaksanakan pengembangan kapasitas dalam bidang produksi dan distribusi materi audio visual bagi mahasiswa, staf pengajar, dan pegawai IPB.

Tujuan

  • Mendorong transformasi IPTEKS pada masyarakat di bidang pendidikan, pertanian, pengembangan pedesaan, dan lingkungan hidup.
  • Memperkuat komunikasi pembangunan antara IPB dengan masyarakat dan stakeholder lainnya guna mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat dengan pendayagunaan IPTEKS di sektor pendidikan, pertanian, dan lingkungan hidup.

Bank Ide

Seluruh civitas akademika IPB dapat mengusulkan gagasan atau ide konten untuk diproduksi dan didistribusikan GreenTV IPB, atau melalui kerjasama program dengan stasiun televisi. Ide konten dapat berupa hasil penlitian, pemberdayaan, dan info singkat atau tips. Sebuah materi akan dijadikan konten program televisi, harus memiliki elemen-elemen yang disyaratkan dalam sebuah audio-visual, yakni:

  • Bermanfaat atau memiliki kegunaan yang tinggi bagi publik.
  • Sesuatu yang baru atau belum banyak diketahu publik.
  • Sesuatu yang bersifat luar biasa (tidak umum).
  • Bisa divisualisasikan secara menarik.

Layanan

Selain memproduksi materi tayangan, GreenTV IPB dapat memfasilitasi pembuatan media promosi dan dokumentasi, antara lain:

  • Profil Lembaga.
  • Dokumentasi Audio Visual Kegiatan Ilmiah/Seminar/Lokakarya/Simposium, dll.
  • Paket Informasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (filler, features, dokumenter).
  • Bahan Ajar.

Program Acara

Green Highlights

Menyiarkan berita berskala nasional dan internasional yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor.

Bincang Bintang

Talkshow menghadirkan orang-orang yang berprestasi dalam bidangnya. Membahas kiat-kiat dan kunci kesuksesan.

Green Fact

Memaparkan hasil-hasil riset IPB dan fakta-fakta mengenai berbagai aktivitas dan produk pertanian dalam arti luas.

Jelajah Informasi dan Tips

Memaparkan informasi dan tips mengenai hal-hal yang unik dan penting untuk diketahui masyarakat.

Social Media

Pranala luar