Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Hewan Pendidikan
Institut Pertanian Bogor
Geografi
LokasiBogor, Jawa Barat
Koordinat6°S 106°E / 6°S 106°E / -6; 106
Organisasi
JenisRumah Sakit Pendidikan
Afiliasi dengan universitasFakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor
Pelayanan
Sejarah
Dibuka11 Oktober 2000
Pranala luar
Situs webhttp://rshpfkh.ipb.ac.id/

Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor adalah rumah sakit hewan yang dioperasikan oleh Institut Pertanian Bogor. Rumah sakit ini dikelola oleh Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.

Rumah Sakit Hewan IPB telah berdiri selama 16 tahun sejak diresmikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia, Abdul Rahman Wahid pada tanggal 11 Oktober 2000 di Kampus IPB Darmaga, Bogor. Pada awalnya, RSH IPB dikelola Tim Managemen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB. Pada bulan Juli 2003 dilakukan perubahan pelaporan pertanggungjawaban langsung di bawah Rektor IPB. Pada bulan Mei 2015, Rumah Sakit Hewan IPB bertransformasi kembali menjadi Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan IPB (RSHP FKH IPB) yang didukung oleh 19 orang staf dan pegawai (7 orang dengan status pegawai negeri) dan 7 orang dokter hewan dari FKH IPB.

Fungsi dan tugas dari berdirinya rumah sakit ini pada awalnya adalah untuk menunjang Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) FKH IPB serta secara bersamaan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada hewan selaku pasien, masyarakat pemilik hewan, dan lingkungan.

Kegiatan tahunan community empowerment yang dilakukan Rumah Sakit Hewan IPB adalah memberikan fasilitas kepada tim mahasiswa dan dokter hewan dalam pemeriksaan hewan kurban, dan fasilitas penitipan hewan selama musim Idul Fitri.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]