Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merupakan satu dari sembilan fakultas utama yang berada di dalam Institut Pertanian Bogor (IPB). FMIPA IPB terdiri dari 8 departemen dengan kepakaran yang khas yaitu, Statistika, Geofisika & Meteorologi, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika dan Biokimia. FMIPA berkomitmen pada pengembangan sains yang bermartabat untuk kemuliaan dan kesejahteraan masyarakat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980 Institut Pertanian Bogor (IPB) mendirikan Fakultas Sains dan Matematika melalui Surat Keputusan Rektor IPB nomor 078 tahun 1980. Fakultas ini secara resmi diakui keberadannya melalui Keputusan Presiden RI Nomor 46 tahun 1982 dengan nama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dekan[sunting | sunting sumber]

Dalam perjalanannya sejak pertama didirikan dengan nama Fakultas Sains dan Matematika hingga kini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tak serta merta terlepas dari peran para dekan-dekan terdahulunya, yang baik dalam masa bakti maupun purna baktinya, penuh dedikasi menyumbangkan ide, gagasan dan aksi, guna mengantar, merintis, mempersiapkan dan mengembangkan FMIPA.

  1. Periode 1980-1991 Prof. Dr. Barizi, MES
  2. Periode 1991-1995 Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasoetion
  3. Periode 1995-1999 Prof. Dr. Ir. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc.
  4. Periode 1999-2003 Prof. Dr. Ir. Siswadi, M.Sc.
  5. Periode 2003-2007 Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, MS
  6. Periode 2007-2011 Dr. Drh. Hasim, DEA

Departemen[sunting | sunting sumber]

FMIPA IPB mengampu 8 departemen yang masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan yang khas, dengan demikian FMIPA memiliki aset tenaga pendidik dan tenaga penunjang yang berpengalaman dan berkualitas baik dalam jumlah yang sangat memadai. Jumlah aset SDM dan departemen yang dimiliki menjadikan FMIPA fakultas terbesar di Institut Pertanian Bogor. Departemen yang diampu oleh FMIPA adalah:

  1. Departemen Statistika
  2. Departemen Geofisika & Meteorologi
  3. Departemen Biologi
  4. Departemen Kimia
  5. Departemen Matematika
  6. Departemen Ilmu Komputer
  7. Departemen Fisika
  8. Departemen Biokimia

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]