Granblue Fantasy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Granblue Fantasy
PengembangCygames
PenerbitMobage
ProduserYuito Kimura
SenimanHideo Minaba
Komponis musikNobuo Uematsu
Tsutomu Narita
PlatformAndroid, iOS, web browser
Tanggal rilis
  • JP: March 10, 2014
GenreRole-playing game
ModeSingle-player, Multiplayer

Granblue Fantasy (グランブルーファンタジー) adalah permainan role-playing game yang dikembangkan oleh Cygames untuk Android, iOS dan web browser, yang pertama kali dirilis di Jepang pada bulan Maret 2014. Permainan ini bersejarah untuk menyatukan kembali komposer musik Nobuo Uematsu dan art director Hideo Minaba, yang sebelumnya berkolaborasi pada Final Fantasy V (1992), Final Fantasy VI (1994), Final Fantasy IX (2000), dan Lost Odyssey (2007).

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Tampilan permainan seperti permainan-peran video game dengan pertempuran sistem turn-based .[1] Permainan ini juga berisi sihir-pemanggilan dan sistem kelas yang mengubah cara bertarung karakter utama dan perkembangannya.[2] Karakter dapat naik level dan kemampuan yang diperoleh berdasarkan pengalaman; Pemakaian monster dan senjata juga memberikan karakter dengan bonus pada kekuatan serangan dan HP. Karakter itu sendiri dapat diperoleh melalui quests ( quest utama permainan atau spesial quest dari event) atau dengan menggunakan mata uang dalam game untuk mendapat secara acak crystal fragmen, yang mungkin berisi senjata spesial yang menambahkan karakter tertentu ke regu milikmu. Karakter, Monster, dan Senjata memiliki peringkat (dari yang terbaik hingga terburuk) seperti SSR, SR, R, atau N; Masing-masing juga memiliki beberapa jenis seperti angin, air, api, bumi, cahaya, atau kegelapan. Aktor / Artis memberikan suara untuk semua karakter pada setiap pertarungan, baik dalam quest utama permainan maupun spesial quest dari event.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Aku berpikir untuk diriku sendiri, "Bisakah kita membuat sebuah RPG mobile dengan memiliki perasaan yang lebih luas dari ini?" tetapi setelah melihat tampilan game ini, Aku sangat terkejut...Ini seperti jika kamu sangatlah lupa bahwa kamu sedang bermain sebuah game mobile. [3]
DeNA director Kenji Kobayashi

Uematsu bekerja di sebelas album lagu untuk permainan ini, beserta Tsutomu Narita dengan sembilan orang lainnya, dan Minaba menggambar kira-kira 100 potensi desain karakter.[3] Permainan ini juga berisi voice overs dari Hiroaki Hirata, yang sebelumnya bekerja di Final Fantasy XII dan Dissidia 012 Final Fantasy.

Permainan ini awalnya direncanakan untuk rilis di Jepang tanggal 17 Desember 2013, tapi itu diundur ke 10 Maret 2014.[4] Permainan ini adalah gratis-untuk-dimainkan dan diterbitkan oleh Mobage.[5] Di TGS 2015, diumumkan bahwa game ini akan menerima rilis internasional pada bulan Maret 2016.[6] Bukan peluncuran internasional, akan tetapi patch bahasa Inggris dirilis untuk ditambahkan ke dalam game agar dapat memilih bahasa dari Jepang ke Inggris.[7] Hal Ini memungkinkan pemain Internasional yang telah bermain versi Jepang untuk menyimpan semua data-data mereka.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2016, game ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Jepang.[8] Granblue Fantasy menggunakan sistem gacha dimana pemain berjudi secara bijak; Daripada membeli karakter baru sekaligus, pemain menghabiskan uang untuk mendapatkan kristal yang akan masuk ke kotak jarahan dengan membayar 300 yen (~2.67 USD), dan kemudian mendapatkan secara acak "sesuatu" dari penggunaan kristal .[9] Membeli kristal dalam jumlah besar akan diberikan diskon. Dengan demikian, karakter dan senjata yang diperoleh secara acak; Salah satu kristal hanya memiliki persentase kesempatan tertentu menjadi karakter yang diinginkan.[10] Sistem Ini telah terbukti menguntungkan, karena beberapa pemain kompulsif mencoba untuk mendapatkan karakter yang diinginkan dengan mengeluarkan uang untuk mendapatkan karakter acak secara berulang - ulang. Itu sangat efektif untuk menaikkan tingkat kekhawatiran dari peraturan pemerintah untuk menghentikan eksploitasi; Asosiasi Permainan Online Jepang, sebuah federasi, secara mandiri memberlakukan pembatasan ketat pada industri setelah pemain dengan sendirinya menghabiskan sekitar ¥700,000 (~6,000 dolar AS) mencoba untuk mendapatkan Andira, karakter baru dan terbatas sampai tanggal 31 Desember 2015. Ada masa-masa tertentu di mana Andira rate untuk muncul meningkat, dengan dia menjadi lebih sulit untuk didapatkan pada 3 Januari, memicu "delusi" dan perasaan tertekan pada pemain yang mencoba untuk mendapatkan dia dengan segera. Frustasi dari "gacha rate" untuk Andira yang lebih rendah dari yang ditawarkan kepada pemain, pengembang utama Cygames menawarkan pengembalian uang kepada orang-orang yang terlibat dalam insiden itu, dan berjanji untuk mendirikan sebuah sistem untuk secara otomatis memberikan yang diinginkan setelah terlalu banyak "dikecewakan", dan permintaan maaf dari manajemen.[11]

Banyak wartawan membandingkan ini lebih menguntungkan dibandingkan Final Fantasy games sebelumnya.[12]

Media lain[sunting | sunting sumber]

Itu diadaptasi menjadi sebuah episode anime seri dan film pada tahun 2017, yang berjudul Granblue Fantasy The Animation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ James, Dean. "Granblue Fantasy revealed as Nobuo Uematsu's mobile 'blockbuster' JRPG". Just Push Start. Diakses tanggal 2013-11-27. 
  2. ^ "Final Fantasy veterans team up for mobile 'blockbuster JRPG' Granblue Fantasy". Polygon. 2013-11-08. Diakses tanggal 2013-11-27. 
  3. ^ Schulenberg, Thomas (2013-11-09). "Final Fantasy 6 art director, composer working on Granblue Fantasy". Joystiq. Diakses tanggal 2013-11-27. 
  4. ^ Shearer, Stew. "Nobuo Uematsu and FFVI Art Director Join Mobile RPG Granblue Fantasy". The Escapist. Diakses tanggal 2013-11-27. 
  5. ^ "Nobuo Uematsu and FFVI art director reunite for Granblue Fantasy, a Mobage mobile game". Pocket Gamer. Diakses tanggal 2013-11-27. 
  6. ^ Musgrave, Shaun. "TGS 2015: Hit Social RPG 'Granblue Fantasy' Will Be Coming To The West In March 2016". Touch Arcade. Diakses tanggal 22 September 2015. 
  7. ^ "『グラブル』新ジョブの賢者・ガンスリンガー・剣聖・アサシンが発表。新コラボ情報も【TGS2015】". 電撃オンライン (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2015-11-11.  CS1 maint: Unrecognized language (link)
  8. ^ "登録者数1000万人突破!!". Granblue Fantasy. Cygames. 25 March 2016. Diakses tanggal 29 April 2016. 
  9. ^ $6,065 Spent in One Night Shows Dark Side of Japan's Mobile Games
  10. ^ Smartphone gamers blow small fortune on their obsession
  11. ^ グラブル」高額課金をサイバー副社長に問う
  12. ^ "Final Fantasy Devs Collaborating on 'Blockbuster' JRPG Granblue Fantasy". EGMNOW. 2013-11-11. Diakses tanggal 2013-11-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]