Gran Turismo (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gran Turismo
Poster rilis teatrikal
Nama lain
Jepang映画グランツーリスモ
HepburnEiga Guran Tsūrisumo
SutradaraNeill Blomkamp
Produser
Skenario
Cerita
Berdasarkan
Gran Turismo
oleh Kazunori Yamauchi dan Polyphony Digital
Pemeran
Penata musik
SinematograferJacques Jouffret
Penyunting
  • Colby Parker, Jr.
  • Austyn Daines
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 30 Juli 2023 (2023-07-30) (Sirkuit Spa-Francorchamps)
  • 25 Agustus 2023 (2023-08-25) (Amerika Serikat)
  • 23 Agustus 2023 (2023-08-23) (Indonesia)
  • 15 September 2023 (2023-09-15) (Jepang[a])
Durasi134 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Jepang
Anggaran$60 juta[2]
Pendapatan
kotor
$94,7 juta[3][4]

Gran Turismo[b] (映画グランツーリスモ, Eiga Guran Tsūrisumo) adalah sebuah film drama olahraga biografi Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Neill Blomkamp dari sebuah skenario oleh Jason Hall dan Zach Baylin. Diproduksi oleh Columbia Pictures, PlayStation Productions, dan 2.0 Entertainment, film ini didasarkan pada seri video game simulasi balap dengan nama yang sama dibuat oleh Kazunori Yamauchi, yang dikembangkan oleh Polyphony Digital. Film ini menceritakan kisah nyata Jann Mardenborough, seorang pemain Gran Turismo remaja yang menjadi pembalap profesional. Film ini dibintangi oleh Archie Madekwe dan Yoshitsugu Matsuoka sebagai Mardenborough bersama David Harbour, Kenta Miyake, Orlando Bloom, Shinichiro Miki, Darren Barnet, Daisuke Namikawa, Emelia Hartford, Ayane Sakura, Geri Halliwell Horner, Mie Sonozaki, Djimon Hounsou, Akio Ōtsuka, Josha Stradowski dan Kaito Ishikawa.

Pengembangan film berdasarkan Gran Turismo terungkap pada bulan Juli 2013, dengan Michael De Luca dan Dana Brunetti yang memproduseri dan naskah oleh Alex Tse. Joseph Kosinski ditetapkan untuk menyutradarai film tersebut pada Juni 2015 dari skenario baru oleh Jon dan Erich Hoeber. Namun, versi Kosinski tidak lagi dilanjutkan pada Februari 2018. Pada Mei 2022, diumumkan bahwa film tersebut kembali dalam pengembangan, dengan Blomkamp yang akan menyutradarainya pada bulan Juni. Pemeran utama diumumkan pada September 2022, sementara pemeran tambahan lainnya ditandatangani pada bulan November. Syuting dimulai di Hungaria pada bulan yang sama dan selesai pada bulan Desember. Pada masa pascaproduksi, skornya, yang awalnya dibuat oleh Stephen Barton, digubah oleh Lorne Balfe dan Andrew Kawczynski.

Gran Turismo tayang perdana di Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia pada tanggal 30 Juli 2023, dan secara teatrikal dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Agustus 2023, oleh Sony Pictures Releasing. Film ini meraup $94 juta di seluruh dunia dengan anggaran $60 juta dan menerima ulasan beragam dari para kritikus, yang memuji penampilan, arahan Blomkamp, dan urutan balapan, tetapi mengkritik penulisannya. Film ini menuai kontroversi karena menggunakan kecelakaan Mardenborough pada tahun 2015 di Nürburgring Nordschleife sebagai elemen naratif.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Menyusul usulan dari eksekutif pemasaran Danny Moore, divisi motorsport Nissan mendirikan GT Academy untuk merekrut pemain terampil dari simulator balap Gran Turismo dan mengubahnya menjadi pembalap sungguhan. Danny merekrut mantan pembalap yang menjadi mekanik, Jack Salter, untuk melatih para pemain. Jack awalnya ragu-ragu namun akhirnya menerima setelah bosan dengan kesombongan pembalap timnya, Nicholas Capa. Sementara itu, Jann Mardenborough, seorang karyawan toko pakaian remaja dan pemain game dari Cardiff, Wales, adalah pemain simulator yang rajin dan ingin menjadi pembalap, meskipun tidak disetujui oleh ayahnya yang mantan pemain sepak bola, Steve Mardenborough.

Suatu hari, Jann mengetahui bahwa ia memenuhi syarat untuk mengikuti balapan kualifikasi untuk bergabung dengan GT Academy setelah mencetak rekor waktu untuk trek tertentu. Malam sebelum balapan, Jann diundang oleh saudaranya, Coby, ke sebuah pesta, dan kakak beradik ini mengambil mobil ayah mereka. Jann menggoda seorang wanita muda bernama Audrey yang ditaksirnya. Pertemuan tersebut dibubarkan setelah polisi tiba, dan Jann memulai pengejaran setelah mengemudi pergi ketika teman-teman mereka menepi. Kakak beradik ini melarikan diri namun tertangkap kembali oleh ayah mereka. Jann dibawa ke tempat kerja ayahnya keesokan paginya untuk mendapatkan pelajaran hidup, namun ia pergi lebih awal untuk mengikuti balapan kualifikasi yang dimenangkannya dan mendapatkan tempat di GT Academy.

Di kamp akademi, Jack menguji kemampuan para pesaingnya dalam berbagai tes, di mana sepuluh pesaing dikerucutkan menjadi lima. Dalam salah satu tes, Jann menabrak Jack di dalam mobil dan mengklaim bahwa remnya blong, yang kemudian terbukti benar oleh para analis, yang mengejutkan Jack. Lima orang yang tersisa bersaing dalam perlombaan terakhir untuk menentukan siapa yang akan mewakili Nissan. Jann menang tipis dalam perlombaan melawan pesaingnya dari Amerika, Matty Davis, namun Danny bersikeras bahwa Matty harus dipilih sebagai perwakilan karena kelayakan komersialnya yang lebih baik. Namun, Jann dipilih atas desakan Jack.

Jann diberitahu bahwa jika dia finis setidaknya di urutan keempat dalam salah satu seri balapan kualifikasi, dia akan mendapatkan lisensi profesional dan kontrak dengan Nissan. Dia finis terakhir di balapan profesional pertamanya di Red Bull Ring, Austria setelah Nicholas membuatnya melintir, dan meskipun secara bertahap membaik dalam beberapa balapan berikutnya, dia tidak menyelesaikan balapan kedua dari belakang di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Dia pergi ke Dubai Autodrome, Dubai, Uni Emirat Arab untuk balapan kualifikasi terakhirnya, di mana Nicholas mengambil tikungan terlalu cepat dan kecelakaan. Meskipun puing-puing dari kecelakaan ini membuat kaca depan mobilnya pecah, Jann berhasil finis di posisi keempat dan mendapatkan lisensinya. Dia kemudian pergi ke Tokyo bersama Danny dan Jack untuk menandatangani kontraknya, dan menggunakan bonus penandatanganan untuk menerbangkan Audrey ke Tokyo, Jepang. Selama waktu ini, mereka memulai sebuah hubungan.

Balapan pertama Jann setelah penandatanganan kontrak adalah di Nürburgring Nordschleife (dijuluki "Neraka Hijau"/"The Green Hell"). Ia memulai balapan dengan baik dan mempertahankan posisi tinggi hingga bagian depan mobilnya terangkat ke udara di tikungan Flugplatz, menabrak pembatas dan meluncur ke area penonton yang penuh sesak. Jann diterbangkan ke Pusat Medis Nürburgring dan diberitahu saat berada di rumah sakit bahwa seorang penonton tewas dalam kecelakaan tersebut, yang membuatnya sangat terkejut. Enggan kembali membalap dan menyalahkan dirinya sendiri atas kematian penonton tersebut, Jack membawanya kembali ke Nürburgring, di mana dia mengungkapkan bahwa dia terlibat dalam kecelakaan fatal di Le Mans 24 Jam, yang menyebabkan seorang pembalap lain meninggal dunia dan dia pun pensiun membalap. Penyelidikan membebaskan Jann dari segala kesalahan, tetapi sentimen profesional mulai berbalik melawan pembalap sim. Sebagai tanggapan, Danny memutuskan tim pembalap sim harus berkompetisi di Le Mans dan finis di podium untuk membuktikan kemampuan mereka.

Danny mengajak Matty dan sesama peserta GT Academy, Antonio Cruz, untuk membentuk tim tiga pembalap bersama Jann. Pada hari perlombaan, ayah Jann meminta maaf karena pada awalnya tidak mendukung hasratnya. Di awal balapan, Jann merasa terguncang setelah mobil pesaingnya mengalami kecelakaan dan terbakar, namun ia mendapatkan semangat dari Jack yang memainkan lagu "Songbird" dan "Orinoco Flow" melalui sistem komunikasi mobil, yang sebelumnya telah digunakan Jann sebagai musik motivasi selama latihan. Matty dan Antonio menyelesaikan shift pertama mereka tanpa masalah, tetapi yang terakhir dibawa masuk dari sesi terakhirnya lebih awal karena mengalami kram. Sebuah mur roda terlepas di area pit, menyebabkan Jann kehilangan beberapa posisi. Ia menyimpang dari garis balap yang disarankan yang ia pelajari dari bermain Gran Turismo untuk mendapatkan kembali posisinya, dan memecahkan rekor lap kompetisi dalam prosesnya. Di lap terakhir, Jann diadu dengan Nicholas, dengan Jann sekali lagi berada di depan di lintasan lurus terakhir untuk meraih posisi ketiga dan naik podium untuk Nissan.

Dalam epilog, Jann Mardenborough yang asli diperlihatkan telah berkompetisi dalam lebih dari 200 balapan dan berperan sebagai pemeran pengganti dalam film ini.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Pemeran
Inggris Jepang
Jann Mardenborough Archie Madekwe Yoshitsugu Matsuoka[5]
Seorang pekerja ritel muda dan penggemar video game Gran Turismo yang bercita-cita menjadi pembalap profesional.
Jack Salter David Harbour Kenta Miyake[6]
Seorang mantan pembalap profesional yang beralih profesi menjadi mekanik yang menjadi pelatih Jann untuk GT Academy.
Danny Moore Orlando Bloom Shinichiro Miki[7]
Seorang eksekutif pemasaran di Nissan.
Matty Davis Darren Barnet Daisuke Namikawa[8]
Seorang pembalap top GT Academy dan rival Jann, yang kemudian menjadi co-driver Jann di Le Mans.
Lesley Mardenborough Geri Halliwell Mie Sonozaki
Ibu Jann.
Steve Mardenborough Djimon Hounsou Akio Ōtsuka
Ayah Jann.
Kazunori Yamauchi Takehiro Hira
Pencipta Gran Turismo. Yamauchi yang asli tampil sebagai koki Sushi.
Nicholas Capa Josha Stradowski Kaito Ishikawa[9]
Pembalap berkepala dingin dan licik yang menjadi saingan Jann.
Coby Mardenborough Daniel Puig Tatsuhisa Suzuki
Kakak Jann
Audrey Maeve Courtier-Lilley Akari Kitō[10]
Kekasih Jann.
Patrice Capa Thomas Kretschmann Seirō Ogino
Ayah Nicholas.
Felix Richard Cambridge
Seorang mekanik.
Leah Vega Emelia Hartford Ayane Sakura[11]
Seorang pembalap wanita siswi GT Academy dan kandidat juara.
Antonio Cruz Pepe Barroso Ryōta Ōsaka[12]
Seorang pembalap pelajar GT Academy asal Spanyol, salah satu teman Jann dan kemudian menjadi co-driver Jann di Le Mans. Secara longgar didasarkan pada Lucas Ordonez.
Joo-Hwan Lee Sang Heon Lee
Pembalap pelajar dan kandidat juara GT Academy Korea.
Persol Nikhil Parmar Tasuku Hatanaka[13]
Salah satu teman Jann dari video game arcade tempat Jann berlomba.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanggal 15 September 2023 terjadi dengan tanggal yang sama perilisan film Pretty Cure All Stars F.
  2. ^ Kemudian dipasarkan sebagai Gran Turismo: Based on a True Story

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gran Turismo (12A)". BBFC. 21 Juli 2023. Diakses tanggal 28 Juli 2023. 
  2. ^ D'Alessandro, Anthony (22 Agustus 2023). "How 'Gran Turismo' Could Take The Checkered Flag At Weekend Box Office – Preview". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Agustus 2023. Diakses tanggal 23 Agustus 2023. 
  3. ^ "Gran Turismo". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal 14 September 2023. 
  4. ^ "Gran Turismo". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal 14 September 2023. 
  5. ^ @GTmovieJP (12 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモの声優は誰だ 《ヤン・マーデンボロー》役日本語吹替版 声優は… 🎙 #松岡禎丞 🏁" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  6. ^ "「グランツーリスモ」吹替版に松岡禎丞や三宅健太が参加、teamOVERの声優陣も". Natalie (dalam bahasa Jepang). 24 Agustus 2023. Diakses tanggal 24 Agustus 2023. 
  7. ^ @GTmovieJP (24 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモ 吹替版声優コメント" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  8. ^ @GTmovieJP (24 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモ  吹替版声優コメント" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  9. ^ @GTmovieJP (24 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモ  吹替版声優コメント" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  10. ^ @GTmovieJP (24 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモ  吹替版声優コメント" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  11. ^ @GTmovieJP (18 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモの声優は誰だ 《リア》役 日本語吹替版 声優は…" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  12. ^ @GTmovieJP (16 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモの声優は誰だ 《リア》役 日本語吹替版 声優は…" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  13. ^ @GTmovieJP (24 Agustus 2023). "#映画グランツーリスモ  吹替版声優コメント" (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]