Godoy Cruz Antonio Tomba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Godoy Cruz
GCAT.png
Nama lengkapClub Deportivo Godoy Cruz Antonio Tomba
JulukanTomba
Expreso (Cepat)
Bodeguero (Wine-Producer)
Berdiri1 Juni 1921 (1921-06-01) (101 tahun lalu)
StadionFeliciano Gambarte,
Godoy Cruz, Mendoza, Argentina
(Kapasitas: 15,000)
KetuaAlejandro Chapini
ManajerRodolfo Diego Flores
LigaArgentine Primera División (Primera División)
2021ke-17
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang
Kostum Ketiga
Soccerball current event.svg Musim ini

Club Deportivo Godoy Cruz Antonio Tomba, hanya dikenal sebagai Godoy Cruz, adalah klub profesional yang berasal dari Godoy Cruz, Mendoza, Argentina. Klub ini terkenal sebagai klub sepak bola yang bermain di Argentine Primera División (Primera División), level teratas dari sistem liga sepak bola Argentina.

Kegiatan lain yang dilakukan di Godoy Cruz adalah basket, bola tangan, hoki lapangan, tenis dan bola voli.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Godoy Cruz lahir sebagai sebuah institusi pada tahun 1921. Semuanya dimulai ketika sekelompok orang berkumpul di "Victoria Bar" (terletak di seberang alun-alun departemen pada waktu itu) dan memutuskan untuk mendirikan sebuah klub. Maka lahirlah pada 1 Juni 1921, Klub Sportivo Godoy Cruz dengan presidensi pemula Don Romero Garay. Klub ini secara resmi didirikan pada tanggal 21 Juni 1921 dengan nama "Sportivo Godoy Cruz", dan berubah menjadi nama saat ini pada tanggal 25 April 1930 setelah peleburan dengan "Deportivo Bodega Antonio Tomba".

Pada tahun 1959, stadion Godoy Cruz, Stadion Feliciano Gambarte, dibangun. Stadion ini dijuluki La Bodega (Spanyol untuk "gudang anggur") dan menampung 21.000 orang.

Tim tahun 1954

Godoy Cruz bermain di liga regional selama beberapa tahun sebelum mencapai tingkat nasional. Klub memenangkan kejuaraan divisi pertama Mendoza pada tahun 1944, 1947, 1950, 1951, 1954, 1968, dan juga pada tahun 1989 dan 1990 yang memenuhi syarat untuk bermain di turnamen tingkat nasional "Torneo del Interior" yang sudah tidak ada lagi.

Memenangkan Torneo del Interior pada tahun 1994, Godoy Cruz mencapai Primera B Nacional (divisi kedua Argentina) tahun itu. Setelah lebih dari sepuluh tahun di divisi kedua, klub akhirnya dipromosikan ke Primera División pada tahun 2006, setelah memenangkan musim 2005–06 dari Primera B Nacional, mengalahkan Nueva Chicago di final.

Enzo Pérez yang berusia dua puluh tahun mencetak gol pertama oleh Godoy Cruz di Primera Argentina, dalam hasil imbang 1-1 dengan Belgrano pada 9 September 2006.

Di akhir musim 2006–07, Godoy Cruz terdegradasi dari Primera setelah kalah dalam play-off promosi/degradasi dengan Huracán. Masa tinggal mereka di divisi kedua tidak lama, karena mereka mendapatkan promosi otomatis ke divisi pertama setelah menjadi runner-up San Martín de Tucumán selama musim 2007–08.

Godoy Cruz di bawah manajemen Omar Asad selama 2010 Clausura dapat dianggap sebagai titik balik keberhasilan klub di kompetisi tingkat atas, mendapatkan penghargaan baik dari penggemar maupun jurnalis olahraga. Dalam turnamen itu, mereka mencapai total poin terbaik (37) pada saat itu, untuk tim yang secara tidak langsung berafiliasi dengan Asosiasi Sepak Bola Argentina (artinya klub di bawah administrasi Consejo Federal (Dewan Federal ) cabang AFA, yang merupakan tim di luar Buenos Aires, Buenos Aires, Rosario dan Santa Fe). Hasil ini membuat mereka lolos ke Copa Libertadores 2011, penampilan pertama mereka di turnamen ini.

Superliga Argentina musim 2017/18 dapat dianggap sebagai performa terbaik klub di Divisi Primera, menempati posisi kedua. Setelah awal musim yang tidak menentu yang berujung pada pemecatan Lucas Bernardi dan penggantinya dari Uruguay, Mauricio Larriera, Godoy Cruz —ditempatkan di papan tengah (kedua belas setelah Matchday 12) di klasemen liga saat itu—berimprovisasi untuk memulai paruh musim 2018 dengan mempromosikan manajer Diego Dabove yang telah melatih tim cadangan sejak 2017. Dabove merestrukturisasi 11 pemain inti menjadi unit serangan balik yang efisien. Meskipun klub jarang mendominasi statistik penguasaan bola pertandingan demi pertandingan, "El Tomba" mengumpulkan 56 poin dalam 27 pertandingan yang dimainkan, dengan striker yang sedang dalam performa bagus Santiago García —yang mengonversi 17 gol; memberinya penghargaan Top Goals Scored dan Best Forward— membantu tim membuat rekor klub mereka sendiri dengan 6 kemenangan berturut-turut selama dorongan akhir musim (Matchday 18 hingga 23) untuk mempertahankan pemenang gelar akhirnya Boca Juniors tidak dapat merebut gelar divisi hingga matchday kedua terakhir. Mungkin di belakang, inkonsistensi awal musim Godoy Cruz dan matchday 24 imbang di Banfield dengan penyelamatan garis gawang 90'+3 terakhir oleh bek Banfield Adrián Sporle, adalah faktor kunci dalam menyelesaikan hanya dua poin di belakang 58 poin Boca.

Persaingan[sunting | sunting sumber]

Saingan klasik Godoy Cruz adalah Andes Talleres Sport Club, klasik lingkungan yang belum dimainkan sejak 1993, berkat promosi "Tomba" dan bencana sepak bola "Azulgrana". Selain itu, Godoy Cruz memiliki provinsi klasik seperti San Martín de Mendoza, Independiente Rivadavia dan Gimnasia y Esgrima de Mendoza. Mereka juga memiliki persaingan dengan San Martin de San Juan, dengan siapa mereka memainkan Cuyo Classic.

Nama panggilan[sunting | sunting sumber]

Godoy Cruz dijuluki "Tomba" dan "Bodeguero", mengacu pada aktivitas penjualan anggur Deportivo Bodega Antonio Tomba, salah satu klub yang bergabung pada tahun 1921. Karena stadion ini terletak di dekat jalur kereta api, klub ini juga disebut El Expresso ("The Express").

Fasilitas Latihan Coquimbito[sunting | sunting sumber]

Klub ini memiliki "Taman Olahraga Berkinerja Tinggi" seluas 12 hektar di distrik pedesaan Coquimbito, Maipu. Menggabungkan barak pemain bergaya hotel, perpustakaan multimedia untuk penelitian tim, ruang pers/media, dan 11 bidang terpisah —dari berbagai dimensi, bidang, dan jenis rumput — ini adalah salah satu fasilitas latihan terbesar dari jenis ini di Argentina di luar Buenos Aires.

Referensi[sunting | sunting sumber]