Gereja Fransiskan, Bratislava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Fransiskan
Gereja Paroki Fransiskan
bahasa Slowakia: Františkánsky kostol
Gereja Fransiskan, Bratislava
LokasiKostol Najsvätejšieho Spasiteľa, Františkánske nám. 4, 814 99, Bratislava
Negara Slovakia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiFransiskan
Arsitektur
Statusgereja paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bratislava

Gereja Fransiskan (bahasa Slowakia: Františkánsky kostol atau Kostol Zvestovania Pána) adalah sebuah gereja paroki Katolik tertua yang ada di Kota Tua Bratislava, ibu kota Slowakia.[1] Gereja ini ditahbiskan pada tahun 1297 di hadapan Raja Andrew III dari Hongaria. Di masa lalu, gedung gereja ini digunakan untuk pertemuan besar warga kota atau bangsawan Hongaria. Pada tahun 1526 Ferdinand I, Kaisar Romawi Suci terpilih di sini untuk menjadi Raja Hongaria. Selama penobatan, raja biasa memberikan gelar ksatria kepada bangsawan sebagai Ksatria Ordo Pacu Emas di gereja ini.

Bangunan ini beberapa kali rusak akibat kebakaran dan gempa bumi dan hanya sebagian kecil dari bentuk aslinya yang bertahan, terutama presbiteri. Kapel Santo Yohanes Penginjil yang bersebelahan dengan ruang bawah tanah, dibangun pada paruh kedua abad ke-14 dianggap sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Gotik di kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Legenda mengatakan bahwa gereja ini dibangun oleh Raja Ladislaus IV dari Hongaria untuk memperingati kemenangannya atas Raja Ceko (Přemysl) Ottokar II dari Bohemia dari tahun 1278.[2]

Dibangun di Bratislava (dikenal sebagai Pressburg / Poszony untuk sebagian besar sejarahnya) antara tahun 1280 dan 1297 dalam gaya Gotik dan ditahbiskan oleh Raja Andrew III pada tanggal 24 Maret 1297. Bangunan ini diubah menjadi sebuah Renaissance gereja pada abad ke-17 dan menjadi gereja Barok pada abad ke-18.

Orang-orang terpilih kesatriadiangkat ke sini pada abad ke-16 hingga ke-19 sebagai Ksatria Pacu Emas, setiap kali raja Kerajaan Hongaria/Kerajaan Hongaria dimahkotai di Katedral St Martin, juga terletak di dalam kota bertembok.

Dua kapel dan biara Fransiskan dari abad ke-14 berdiri berdekatan dengan gereja. Salah satunya, Kapel St. Yohanes Penginjil, berisi ruang bawah tanah keluarga Jakub, seorang Walikota (bahasa Slowakia: richtár) yang penting di Pressburg (Bratislava), yang dimodelkan setelah Perancis Sainte-Chapelle. Ruangan vihara yang luas telah digunakan untuk pertemuan, pemilihan walikota dan sidang DPRD.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Altar utama diapit oleh patung Saint Stephan dan Saint Emeric. Ini adalah konstruksi berpilar batu bata, bertanggal 1720–1730, di atasnya berdiri lukisan kaca dari akhir abad ke-19, melambangkan Pemberitaan.

Dua altar samping didedikasikan untuk para santo Fransiskus dari Assisi dan Antonius dari Padua; keduanya berasal dari tahun 1720–1730. Altar sisi lainnya didedikasikan untuk Kelahiran dan Bunda Dukacita. Bersandar pada paduan suara, orang dapat melihat altar Santa Anna dan Santa Barbara (keduanya berasal dari sekitar tahun 1750).

Mimbar rococo berasal dari tahun 1756. dihiasi dengan relief yang melambangkan Santo Fransiskus menerima stigmata, Santo Fransiskus berbicara kepada burung dan Musa menegakkan disiplin kepada orang Ibrani.

Loteng rood, dibangun pada tahun 1670, dengan organ yang ditopang oleh Pilar Tuscan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [https ://archive.today/20120723222013/http://www.bkis.sk/turista-v-bratislave/aktuality/vlastivedne-vychadzky-a-prednasky/historia-kostolov-a-cintorinov-bratislavy-ii-cast/ "Bratislavské kultúrne a informačné strdisko: Vod"] Periksa nilai |archiveurl= (bantuan). Diarsipkan dari vlastivedne-vychadzky-a-prednasky/historia-kostolov-a-cintorinov-bratislavy-ii-cast/ versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2012-07-23. Diakses tanggal 2011-02-16. 
  2. ^ =1&idp=3938 "Františkánsky kostol Zvestovania Pána v Bratislave - náboženské pamiatky" Periksa nilai |archiveurl= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 2012-02-18.