Geparang, Purwodadi, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Geparang
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPurworejo
KecamatanPurwodadi
Kodepos54173
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Geparang adalah sebuah desa di kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Geparang terletak di sebelah selatan pusat kecamatan Purwodadi. Desa ini membentang sepanjang 2 km di lintasan Jalan Lintas Selatan ( Jalan Deadels ).

GEOGRAFI[sunting | sunting sumber]

Batas wilayah desa:

DEMOGRAFI[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian penduduk desa mayoritas sebagai Petani Penggarap, Pembuat Gula Merah, Pembuat Batu Bata (batu bata Geparang terkenal hingga luar kabupaten), Tukang Batu dan Kayu, Peteranak, dan Pengusaha Home Industri. Usaha Home Industri yang menjadi unggulan dan menyerap banyak karyawan adalah Home Industri Tahu dan Tempe yang lokasinya berada di Rt 002 Rw 002. ini adalah satu-satunya industri Tahu Tempe satu-satunya yang ada di desa Geparang. Selain itu ada juga yang berprofesi sebagai pengusaha Travel (carteran) dan warung kelontong, dan juga Pegawai Negeri Sipil maupun TNI Polri.

SENI dan BUDAYA[sunting | sunting sumber]

Dalam bidang seni dan budaya, Geparang adalah gudangnya kesenian jawa yang sering kali di pentaskan dalam acara adat warga Desa ini. Banyak sekali terdapat kelompok kesenian antara lain: Group Kethoprak, Kuda Lumping, Orkes Melayu, Group Band, dan Organ Tunggal.