George Kitching

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jenderal George Kitching.

Mayjen George Kitching (1910–1999) CBE, DSO, CD adalah seorang opsir angkatan darat Kanada senior yang pernah terlibat dalam Perang Dunia II. Ia lahir di Guangzhou, Tiongkok.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Seperti sebagian besar perwira senior Kanada, ia melanjutkan pelatihan militernya di Britania Raya, termasuk Royal Military College Sandhurst, dan kemudian bertugas di Angkatan Darat Britania Raya.[butuh rujukan]

George Kitching kembali ke Angkatan Darat Kanada pada tahun 1939 ketika Perang Dunia II pecah. Petugas Staf Umum Kelas 1 di Divisi Infanteri Kanada ke-1 sampai 1943, ia bertugas di Divisi Lapis Baja ke-5. Di Italia, ia berpartisipasi dalam Pertempuran Ortona di kepala Brigade Infanteri ke-11.[butuh rujukan]

Setelah dipanggil kembali ke Britania Raya pada bulan Februari 1944, ia mengambil alih komando Divisi Lapis Baja Kanada ke-4 dan memulai persiapan untuk Operasi Overlord di Normandia. Ia dikerahkan ke sisi lain Channel pada akhir Juli, Kitching menjadi salah satu jenderal termuda dari generasinya yang terlibat pertempuran di pedesaan Normandia. Setelah periode ketika fron telah berubah sangat sedikit, Pasukan Britania Raya-Kanada menerobos pertahanan Jerman setelah pembebasan Caen dan AD ke-4 dilangsungkan pada Agustus 1944 dalam Operasi Totalize dan Operasi Tractable di Kantong Falaise yang menjadikan lonceng kematian angkatan bersenjata Jerman di Normandia.

Namun demikian, pendudukan Kantong Falaise dilakukan lebih lambat dari yang diharapkan, dan banyak tentara dan kendaraan Jerman mampu melarikan diri dari perangkap yang menghalangi mereka. Setelah itu, Kitching dibebaskan dari komandonya.

Kembali ke staf umum, ia ditunjuk menjadi Brigadir Jenderal Korps 1 Kanada pada 12 November 1944, dimana ia memainkan peran kunci dalam penyerahan pasukan Jerman di Belanda[2] dan kemudian di posisi kedua sebagai komandan Staf Umum 1 tubuh sampai akhir perang.

George Kitching tinggal di militer dan memegang berbagai posisi, termasuk memerintahkan Brigade Kanada ke-2, memerintahkan Camp Wainwright, atau staf staf di London sebelum pensiun pada tahun 1965.

Dia meninggal pada 1999 di Victoria, British Columbia.[3] Memoarnya diterbitkan pada 1993 dengan judul Mud and Green Fields: The Memoirs of Major-General George Kitching.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]