Gedung Stoomvaart Maatschappij Nederland Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gedung Stoomvaart Maatschappij Nederland Surabaya adalah kantor operasional Stoomvaart Maatschappij Nederland yang merupakan cabang dari kantor pusat yang berkedudukan di Batavia. Stoomvaart Maatschappij Nederland (SMN) didirikan di Amsterdam pada tanggal 13 Mei 1870.[1] Perusahaan ini membuka cabang di Hindia Belanda dengan tujuan pelayaran berfokus pada rute negeri Belanda dan Jawa melewati Terusan Suez yang kemudian lebih populer dengan istilah pelayaran pos. Perusahaan ini juga melayani pelayaran regular terjadwal bagi penumpang dan muatan kargo antarpulau di Hindia Belanda. Selain itu perusahaan ini juga melayani pengiriman barang tujuan Eropa dan New York yang diikuti pembukaan jalur pelayaran lintas Pasifik-Jawa-Benggala. Stoomvaart Maatschappij Nederland juga mendirikan perusahaan pelayaran Koninklijke Paketvaart Maatschapij (KPM) yang merupakan hasil kerjasama dengan Rotterdamsche Lloyd pada tanggal 4 September 1888 di Amsterdam. Stoomvaart Maatschappij Nederland di Hindia Belanda memiliki kantor pusat di Batavia dengan kantor cabang di Semarang dan Surabaya.

Pembangunan Gedung Stoomvaart Maatschappij Nederland[sunting | sunting sumber]

Kantor Stoomvaart Maatschappij Nederland Surabaya terletak di Griesseschen yang didirikan pada tahun 1922. Namun, padatnya aktivitas adminstrasi dan membutuhkan gedung yang lebih modern. Stoomvaart Maatschappij Nederland membangun kantor baru yang terletak di antara gedung Soerabajasch Handelsblad dan Koninklijke Paketvaart Maatschapij tepatnya di Pasar Besar 5. Bangunan kantor Stoomvaart Maatschappij Nederland ini dirancang oleh Frans Johan Louwrens Ghijsels dari biro AIA. Pelaksana pengerjaan konstruksi bangunan dieksekusi oleh Hollandsche Beton Maatschappij. Pengerjaan konstruksi gedung ini dimulai pada bulan Agustus 1929 yang diawali dengan pembelian tanah oleh SMN dari perusahaan Vermenien & Co melalui broker properti Fikkert.[2] Pembangunan gedung Stoomvaart Maatschappij Nederland ini pernah mengalami penghentian pengerjaan pada tanggal 14 Maret 1931. Hal ini disebabkan jatuhnya mesin pemancang tiang beton yang terbalik pada pukul 14.30. Kejadian ini menyebabkan tewasnya seorang orang pekerja konstruksi akibat tertimpa mesin pemancang tiang beton.[3]

Peresmian Gedung[sunting | sunting sumber]

Masa pembangunan kantor baru Stoomvaart Maatschappij Nederland selesai pada tanggal 18 Januari 1932. Berbeda dengan rencana awal yang ditargetkan selesai pada tanggal 15 Januari 1932. Upacara peresmian kantor baru Stoomvaart Maatschappij Nederland dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 1932 pukul 09.30 dengan pengambilalihan secara resmi dari AIA selaku penanggung jawab utama proyek kepada Stoomvaart Maatschappij Nederland. Upacara peresmian ini dihadiri oleh perwakilan AIA, Mr. M. C. Koning direktur Stoomvaart Maatschappij Nederland, dan seluruh staff Stoomvaart Maatschappij Nederland. Karena bersifat internal, upacara peresmian ini dilakukan dengan cara yang sederhana.[4] Setelah upacara peresmian selesai, beberapa pihak yang berkepentingan mengikuti tur keliling gedung. Perpindahan Stoomvaart Maatschappij Nederland ke gedung kantor baru ini juga mengubah nomor telepon SMN menjadi Nord 333 hingga 336.

Armada baru kapal penumpang milik Stoomvaart Maatschappij Nederland Surabaya

Gedung kantor baru Stoomvaart Maatschappij Nederland ini berlantai 2 dengan rincian lebar 15m2 dan memiliki kedalaman 45 m. Fondasi gedung ini berjumlah kurang lebih 100 tiang pancang beton.[5] Lantai pertama terdapat ruangan kantor operasional yang memiliki ketinggian berbeda-beda, yaitu 5 m dan 6 m. Bagian depan digunakan sebagai loket penjualan tiket kapal penumpang ataupun pengiriman barang dengan ruang tunggu, sementara dibelakangnya terdapat ruangan kasir yang dilengkapi brankas Lipskluis dan meja panjang yang terbuat dari marmer. Selain itu terdapat juga aula yang memajang replika armada kapal baru Stoomvaart Maatschappij Nederland yaitu Marnix van St. Aldegonde.[6] Bagian belakang gedung terdapat ruang kantor untuk agen, staf adminstrasi, dan perwakilan resmi Stoomvaart Maatschappij Nederland pusat. Pada bagian kanan terdapat garasi untuk sepeda dan toilet. Lantai 2 digunakan sebagai ruang makan, ruang arsip dan kantor yang disewakan. Gedung kantor baru Stoomvaart Maatschappij Nederland ini berorientasi pada arsitektur modern, dimana bisa dibuktikan dengan penggunaan kerangka beton bertulang, penggunaan awning atau kanopi, memiliki galeri keliling dan fasad depan yang menggunakan bahan material batu Andesit Padalarang.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saugstad, Jesse E (1932). Shipping And Shipbuilding Subsidies: A Study of State Aid to the Shipping and Shipbuilding Industries in Various Countries of the World. Washington: United States Government Printing Office. hlm. 361. 
  2. ^ "Nieuw Kantoorpaleis". Soerabaijasch Handelsblad. 30 Agustus 1929. 
  3. ^ "Heimachine Omgevallen". Soerabaijasch Handelsblad. 16 Maret 1931. 
  4. ^ "Stoomvaart Maatschappij Nederland". De Indische Courant. 28 Januari 1932. 
  5. ^ "Stoomvaart Mij Nederland". Algemeen handelsblad voor Nederlandsch-Indië. 3 Desember 1931. 
  6. ^ "Nieuw Gebouw der Nederland". Soerabaijasch Handelsblad. 14 Januari 1932. 
  7. ^ Akihary, Huib (1996). Ir. FJ.L. GHIJSELS Architect in Indonesia (1910-1929). Utrecht: Seram Press. hlm. 114.